Ini dia 10 benda yang wajib dibawa saat liburan . Travelling dengan menggunakan ransel maupun koper, itu semua adalah sebuah pilihan. Namun benda-benda apa saja sih yang wajib ada di dalam tas kamu saat kamu melakukan perjalanan jauh?

Wah..asyiknya yang sebentar lagi akan travelling.
Apakah kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya secara rinci dan lengkap? Yakin sudah tidak ada barang yang belum masuk ke dalam tas kamu? Hihi

Jangan sampai liburan malah jadi badmood gara-gara lupa tidak membawa salah satu dari benda-benda di bawah ini ya..

1. Baju ganti secukupnya

benda yang wajib dibawa saat liburan
isi koper via bonappetour.com

Semua orang pasti tahu ya, jika satu hal ini tidak boleh terlupa untuk masuk ke dalam tas kamu saat jalan-jalan. Bayangin ajah jika sedang travelling tetapi tidak membawa baju ganti?

Meskipun begitu jangan sampai membawa baju selemari diangkut untuk menemanimu melakukan perjalanan ya, yang ada kamu malah kerepotan. 😀
Bawalah pakaian ganti secukupnya, kamu pun bisa mencucinya saat di penginapan dengan menggunakan fasilitas seperti laundry gratis atau kamu meluangkan waktu sebentar untuk pergi ke laundry. Atau jika tidak mau repot, kamu bisa tuh membeli pakaian tambahan seperti kaos, hal ini dilakukan saat keadaan mendesak, yakni kamu sudah kehabisan baju bersih.

2. Perlengkapan mandi

benda yang wajib dibawa saat liburan
toiletries via pegipegi.com

Ini juga tidak kalah penting, kalau perlengkapan mandi ketinggalan lalu bagaimana saat kamu mandi? Ya, sebenarnya bisa sih kamu tinggal beli si minimarket terdekat, tetapi kan budget yang kamu keluarkan akan lebih besar. Apalagi jika kamu memiliki budget travelling yang tidak begitu banyak.

Persiapkan perlengkapan mandi ini di tempat-tempat kecil, biasanya terdapat travel kit yang bisa kamu gunakan sebagai wadah pelengkapan mandi. Perlengkapan mandi tertata lebih rapi dan tidak makan banyak tempat. Perlengkapan mandi ini sudah termasuk handuk ya. Jangan sampai handuk juga ketinggalan, meskipun biasanya penginapan menyediakan handuk gratis, tetapi alangkah baiknya jika kamu membawa handuk sendiri, ini sangat berguna jika kamu harus mandi di tempat umum seperti di SPBU atau Bandara.

3. Alat untuk perlindungan diri

benda yang wajib dibawa saat liburan
paper spray via getthedefender.com

Just in case, namanya juga sedang travelling, hal apapun bisa terjadi di tengah perjalanan kamu. Tidak mendoakan, sih. Tetapi lebih tepatnya adalah waspada terhadap kemungkinan bahaya yang terjadi. Seperti apa sih alat yang bisa kamu gunakan sebagai perlindungan diri?

Kamu bisa membawa pisau lipat, pisau lipat ini selain untuk melindungi dirimu dari berbagai ancaman kejahatanjuga bisa kamu gunakan untuk memotong, membuka kaleng atau sebagai tool kit yang sangat praktis. Simpan di tempat yang aman dan mudah kamu jangkau ya, perhatikan penyimpanannya jika kamu travelling dengan menggunakan pesawat. Kalau tidak memperhatikan peraturan maskapai yang kamu tumpangi, bisa-bisa alat penolongmu ini disita petugas bandara.

Selain pisau lipat, utamanya traveller cewek nih, bisa membawa paper spray, apalagi jika kamu bepergian sendirian. Paper spray ini membantu mengulur waktu lebih lama, jadi jika kamu bertemu penjahat, semprot saja matanya dan kamu punya kesempatan untuk kabur.

4. Beberapa kantong cadangan

benda yang wajib dibawa saat liburan
laundry bag via pegipegi.com

Yaps! Kamu membutuhkan kantong, entah itu kantong plastik, atau kantong yang terbuat dari kain tipis. Kantong-kantong ini bisa kamu gunakan sebagai tempat baju kotor, sepatu atau sendal. Bahkan saat ini juga mulai banyak dijual kantong khusus, seperti kantong vakum. Selain untuk menyimpan baju, kantong ini dapat membantu untuk memudahkan kamu menata barang-barang bawaan. Baju pun jadi lebih tipis dan mudah untuk digulung, serta anti air. Praktis!

5. Obat-obatan pribadi

benda yang wajib dibawa saat liburan
obat pertolongan pertama via jalansanasini.com

Tidak ada salahnya kamu meluangkan ruang di dalam tasmu untuk menyimpan beberapa obat-obatan yang bisa kamu pakai saat keadaan darurat. Apa saja sih obat-obatan yang perlu kamu bawa saat travelling?

Kamu bisa membawa obat masuk angin, minyak angin, obat maag, obat untuk luka ringan, dan lain-lain. Obat-obatan ini tidak hanya untuk kamu saja, bisa jadi di perjalanan teman jalanmu tiba-tiba tidak enak badan. Kamu bisa memberi pertolongan pertama. 🙂

6. Kamera dan perlengkapanya

benda ynag wajib dibawa saat liburan
kamera kit via wanderlusters.com

Belum sah dong jika jalan-jalan tetapi kamu tidak mengabadikan moment satu pun, kan sayang. Persiapkan kamera untuk menangkap moment-moment indah yang kamu temui selama di perjalanan. Kamu bisa menggunakan kamera digital seperti SLR atau pocket. Kamu juga bisa menggunakan fitur kamera yang ada di smartphone kamu. 😀

7. Charger dan teman-temannya

benda yang wajib dibawa saat liburan
power bank via refinedguy.com

Ini tidak boleh ketinggalan, tidak boleh! Siapkan charger kamera dan smartphone kamu. Kamu pun bisa membawa power bank yang bisa kamu gunakan untuk mengisi baterai smartphone kamu di mana saja tanpa bergantung ada tidaknya sebuah colokan.

8. Dompet  yang berisi uang tunai dan dokumen penting

benda yang wajib dibawa saat liburan
flip wallet via instagram.com

Jangan sampai saat semuanya sudah siap, eh…kamu kelupaan membawa dompet. 🙁
Amit-amit ya! Siapkan dompet yang berisi beberapa dokumen penting seperti identitas pribadi, kartu asuransi dan lain-lain. Tidak lupa beberapa lembar uang tunai, jaga-jaga apabila di perjalanan kamu susah sekali menemukan ATM.

9. Snack dan permen

benda yang wajib dibawa saat liburan
berbagi snack via hipwee.com

Alangkah baiknya jika kamu menyediakan beberapa snack yang bisa kamu gunakan untuk mengganjal perut. Permen juga bisa membantumu untuk meredakan rasa penatmu saat di perjalanan. Siapa tahu kamu bisa berbagi snack dan permenmu dengan orang yang duduk di sebelah kamu, selain dapat menambah teman, kali aja jodoh! *eh

10. Membawa buku bacaan atau buku catatan

benda yang wajib di bawa saat liburan
menulis jurnal perjalanan via natgeotraveller.co.uk

Entah buku catatan atau buku bacaan ini bisa kamu gunakan saat kamu memiliki waktu jeda yang tidak sebentar, lumayan kan untuk mengusir suntuk?

Buku catatan pun bisa kamu gunakan untuk jurnal perjalananmu, merekam semua hal yang kamu anggap menarik, siapa tahu bisa kamu masukkan ke dalam blog atau kamu malah bisa menuangnya dalam sebuah buku.

 

Dari 10 benda-benda yang wajib kamu bawa saat travelling di atas, apakah ada yang belum dparagon.com sebutkan? tentunya juga nggak kalah penting dengan benda – benda yang wajib dibawa saat liburan dan telah disebutkan di atas ya. Jangan lupa untuk menambahkan di kolom comment ya! 🙂

Tinggalkan Sebuah Balasan