Malang memang pabriknya bakso, buktinya di mana-mana banyak yang jual bakso, dan di daerah lain bakso malang lah salah satu kuliner yang banyak penggemar dari berbagai penjuru.

Saya sendiri adalah penggemar bakso, bakso Malang punya cita rasa yang beda dari bakso lain, misalnya bakso Solo, atau bakso yang ada di Surabaya. Beda kota saja rasa baksonya sudah beda ya, apalagi beda propinsi.

Saat berkunjung ke Malang, berarti kamu punya kesempatan bagus untuk mencicipi langsung kelezatan dari bakso Malang. Tetapi dari sekian banyak penjual bakso yang ada, mana sih yang jadi favorit penikmat bakso?

1. Bakso Bakar Pahlawan Trip

wisata kuliner di malang
bakso bakar pahlawan trip via indohoy.com

Bakso yang lokasinya berada di dekat jalan Simpang Ijen, tepatnya di Jalan Pahlawan Trip ini menawarkan hidangan bakso yang sedikit berbeda dari biasanya, yakni bakso bakar. 🙂

Bakso bakarnya juara dan mungkin kamu tidak akan menemuinya di daerah lain. Seporsi bakso bakar dihargai mulai dari Rp 12ribuan. Ternyata menu andalannya tidak hanya bakso bakar, tetapi juga ada mie pangsit yang tidak kalah lezat. Bakso Bakar Pahlawan Trip buka setiap hari mulai pukul 10 siang.

2. Bakso President

wisat akuliner di malang
bakso president via tripadvisor.com

Selain bakso bakar pahlawan trip, bakso president pun menawarkan menu bakso bakar. Harga untuk seporsi bakso biasa di Bakso President mulai dari Rp 12ribuan, kamu pun bisa menyantap seporsi bakso lengkap dengan aneka bakso daging, bakso urat, bakso telur, siomay, dan bakso goreng.

Bakso President terletak di Jalan Batanghari 5, jika kamu memilih untuk menikmati bakso bakar di sini, kamu akan merasakan sensasi makan bakso di tepi rel kereta api yang tidak akan kamu dapatkan ketika makan di tempat lain.

3. Bakso Bakar Pak Man

wisata kuliner di malang
bakso bakar pak man via kompas.com

Bakso ini juga menjadi saingan kedua bakso sebelumnya. Konon bakso bakar milik Pak Man lah yang menjadi pionir bakso bakar yang ada di Malang dan sekarang telah membuka franchise di mana-mana.

Tempat makan bakso bakar Pak Man yang berlokasi di Jalan Diponegoro No.19 ini selalu antri pembeli. Jadi siapkan mental dan kesabaran yang lebih saat membeli bakso bakar di tempat Pak Man ini.

4. Bakso Cak Kar Singosari

wisata kuliner di malang
bakso mercon cak kar via uzone.id

Lokasi Bakso Cak Kar memang lumayan jauh dari pusat kota Malang, tapi yakinlah perjuanganmu menuju kesana tidak akan sia-sia. Bakso Cak Kar berlokasi di Jalan Kartanegara, Kelurahan Candirenggo, Singosari, Kabupaten Malang.

Supaya lebih mudah jika kamu ingin ke bakso Cak Kar, kamu bisa mencari lokasinya di sebelah barat Candi Singosari. Kurang lebih 100 meter dari sana, akan terlihat sebuah papan yang bertuliskan Bakso Cak Kar. Ingat ya, posisinya persis di selatan Arca Dwarapala yang besar.

Bakso Cak Kar punya ciri khas yang berbeda, bakso merconnya lah yang menjadi pembeda dari bakso-bakso yang ada di Malang. Varian baksonya bermacam-macam, tidak hanya bakso mercon yang berupa bakso dengan isi cincangan cabai dan bumbu rahasia, tetapi juga ada bakso keju, bakso jamur, bakso otak sapi, bakso hari sapi, bakso jumbo, bakso urat, dan lain-lain.

5. Bakso Damas

wisata kuliner di malang
bakso damas via nginepmana.com

Dari Singosari lalu berpindah lagi ke daerah sekitar pusat kota, yakni Jalan Soekarno Hatta, di sana terdapat Bakso Damas yang juga menjadi favorit penggemar bakso.

Bakso Damas pun punya sesuatu yang beda dari bakso-bakso sebelumnya. Kamu dapat menikmati berbagai macam isian, mulai dari bakso goreng, jeroan usus, jeroan paru, sate kikil, sate telur puyuh, sampai bakso daging yang ukurannya jumbo yang tentunya hanya dapat kamu nikmati di bakso Damas.

Selain di Jalan Soekarno Hatta, kamu juga dapat mendatangi Bakso Damas cabang lain di jalan MT Haryono 11 Dinoyo. Kamu dapat menikmati seporsi bakso Damas mulai dari Rp 10ribu an dan kamu bebas untuk memilih isian bakso.

 

Hmmm… membahas bakso favorit kera ngalam membuat perut saya reflek keroncongan. Serius! Saya tiba-tiba ingin untuk menyantap seporsi bakso hangat lengkap dengan isinya yang bervariasi seperti yang ada di uraian bakso Malang di atas.

Bagaimana dengan pengalamanmu wisata kuliner di Malang? Apakah ada bakso lain yang tidak kalah nikmat dan belum masuk dalam daftar bakso favorit di atas? Tolong beritahu kami dengan menuliskan di kolom comment ya 🙂

Tinggalkan Sebuah Balasan