Desa Wisata Gamplong

Desa Wisata Gamplong merupakan desa wisata kerajinan tenun yang berada di Dusun Gamplobg, Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Desa Wisata Gamplong memiliki ciri khasnya sendiri yaitu kerajinan tenun yang masih menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Yang menjadi potensi desa setempat kepada wisatawan. Dengan kekhasannya ini, sampai sekarang Desa Wisata Gamplong mampu bertahan sebagai desa wisata yang diminati oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

 

Desa Wisata Gabungan

Desa Wisata Gabugan atau yang lebih dikenal dengan sebutan DEWIGA. Merupakan desa wisata yang mengusung konsep pedesaan alami yang menawarkan kehidupan masyarakat daerah yang masih kental dengan tradisi jawa. Desa wisata Gabugan tepatnya berada di Dusun Gabugan, Desa Donokerto, kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta atau sekitar 17 km dari pusat Kota Yogyakarta menuju arah utara.

Selain nuansa pedesaan yang masih kental, daya tarik wisata desa ini adalah agrowisata berupa perkebunan salak. Berbeda dengan desa wisata lainnya, disini jenis salak yang dibudidayakan adalah salak gading yang memiliki daging buah berwarna kekuning-kuningan. Disini wisatawan tidak hanya berkeliling, memanen, dan makan buah salak sepuasnya saja. Wisatawan juga diajak mengenal lebih mengenai berbagai jenis salak dan cara budidayanya.

 

Desa Wisata Kebonagung

Persawahan yang menghampar luas, udara yang masih bersih dan segar lagi sejuk, suasana pedesaan yang kental, siulan-siulan merdu burung saat pagi hari, itulah sekelumit hal-hal yang akan ditemui para wisatawan saat berkunjung ke desa wisata Kebonagung.

Desa wisata yang berada di Imogiri, Bantul ini memang mendedikasikan dirinya menjadi Desa Wisata Pertanian dan Budaya. Dengan melihat potensi dari mata pencaharian utama masyarakat sekitar dengan bertani dan beternak, Kelompok Sadar Wisata desa Kebonagung pun siap menyulap desa Kebonagung menjadi salah satu tujuan wisata andalan di Bantul.

 

Desa Wisata Tunggul Arum

Pesona Merapi memang tidak pernah habis untuk dijelajah. Berbagai cara bisa dilakukan untuk menikmati keindahan Merapi. Mulai dari mendaki gunung, lava tour, dan mengunjungi desa wisata di lereng Merapi.

Desa wisata yang terletak di ketinggian sekitar 800 mdpl ini ternyata tidak sekedar menawarkan keindahan alam Merapi saja. Banyak hal yang bisa dieksplor selama mengunjungi Desa Wisata Tunggul Arum.

 

Desa Wisata Bejiharjo

Nama besar Goa Pindul tidak bisa dipisahkan begitu saja dengan keberhasilan usaha warga desa setempat yang mengelola serta mempromosikan wisata Cave Tubing Goa Pindul. Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta inilah yang menjadi asal mula salah satu wisata unggulan Gunungkidul.

Topografi yang dimiliki Desa Bejiharjo seperti persawahan, sungai, goa, dan memang sangat mendukung untuk melakukan berbagai aktivitas alam. Tidak heran jika hampir semua wisata yang ditawarkan disini adalah wisata alam.

Tinggalkan Sebuah Balasan