dparagon.com – Sebelum membahas mengenai hal-hal apa saja yang akan berubah setelah adanya IoT atau Internet of Things, Sebenarnya apa sih IoT itu? Nah, IoT secara konsep, adalah segala peralatan yang terhubung dengan internet, sehingga semua peralatan tersebut dapat di kontrol ataupun memberikan informasi melalui internet. Sehingga, hubungan yang diharapkan dengan adanya IoT tidak hanya orang-dengan-orang, namun juga orang-dengan-alat, dan alat-dengan-alat.

IoT

1. Mengerjakan sesuatu secara Remote dengan IoT

Dengan adanya IoT, semua pekerjaan tidak harus dilakukan secara langsung dengan sesuatu atau harus bertemu dengan rekan kerja di suatu tempat. Karena dengan adanya IoT yang memungkinkan setiap pekerja untuk saling berhubungan dan device yang juga saling terhubung, memungkinkan untuk mengerjakan sesuatu secara remote dan meskipun dari jarak jauh tetap bisa produktif.

2. Efisien & Produktif

    Dengan banyaknya alat IoT yang membantu tentunya manusia bisa lebih santai dan fleksibel dalam mengerjakan tugas. Mengapa? Karena mereka dapat menyelesaikan pekerjaan yang berjumlah besar dengan kemampuan multitasking yang dimiliki oleh alat-alat IoT. Itu sebabnya akan memudahkan kita untuk menyelesaikan pekerjaan secara cepat, efisien, dan lebih produktif.

3. Smart World

    Kita akan hidup di dunia pintar atau smart world dengan IoT. Kenapa? Karena selain semua alat yang terhubung, mereka juga dapat memberikan informasi yang kemudian diolah lagi oleh alat lainnya yang tersambung, sehingga memudahkan manusia. Misalkan dengan adanya kulkas pintar yang terhubung dengan smartphone. Kita dapat mengatur makanan apa saja yang biasa kita miliki di dalam kulkas, kemudian kulkas itu dengan algoritma nya dapat menghitung berapa sisa makanan yang dimiliki, dan ketika makanan tersebut habis, kulkas kemudian akan memberikan informasi reminder melalui smartphone kita yang sudah terhubung untuk membeli bahan makanan yang sudah habis tersebut. Sangat pintar bukan? Itu hanya salah satu contoh, dan bisa jadi akan ada banyak alat canggih lainnya yang akan kita gunakan dan memudahkan.

4. Data

    Dengan adanya peralatan yang canggih, mereka memungkinkan untuk melacak, bahkan menyimpan pola hidup dari konsumer. Mereka juga bisa mempelajari dari data-data tersebut, dan memberikan rekomendasi produk. Data ini juga kemudian dapat diolah lagi oleh perusahaan pemilik untuk melakukan advertising yang efisien dan pintar, sehingga bisa meningkatkan penjualan produk ataupun jasa yang mereka miliki.

5. Tidak ada lagi Privasi

    Lalu adakah efek samping dari adanya IoT? Tentu saja, salah satunya yakni privasi yang tidak bisa lagi didapatkan. Karena begitu banyak alat canggih disekeliling kita yang dapat menyimpan pola kita, dengan identitas yang sudah tersebar di seluruh media sosial dan semuanya terhubung dengan internet, tentunya lebih mudah bagi orang lain untuk mendapatkan informasi mengenai kita, dan pola hidup yang tersimpan di alat-alat canggih tersebut. Menyeramkan.

Source : forbes.comdatafloq.com, forbes.com

Tinggalkan Sebuah Balasan