Beberapa kuliner khas Banjarmasin ini mungkin bisa kamu pilih sebagai menu sarapan sampai makan malam saat berkunjung kesana.

Adakah kamu di sini yang doyan sekali makan, menjajaki setiap lapak makanan yang ada di pinggir jalan atau lebih tepatnya wisata kuliner?

Pas banget, tulisan ini akan membahas tentang makanan apa saja yang menjadi khas Banjarmasin. Bagi kamu yang tidak begitu suka wisata kuliner, yaudah, nggak apa-apa, wawasanmu pun bisa bertambah luas setelah selesai membaca artikel ini. :p

Tanpa ba-bi-bu lagi, berikut ini adalah menu makanan olahan yang Banjarmasin banget, maksudnya makanan ini identik dengan Banjarmasin bahkan mungkin hanya dapat kamu temui di sana.

1. Soto Banjar

kuliner khas banjarmasin
soto banjar via resepmasakanindonesia.me

Mungkin seporsi soto Banjar bisa kamu temui di rumah makan mana saja, tetapi rasanya belum afdol bila kamu belum mencicipinya langsung dari tempat soto tersebut berasal. Ya nggak?

Soto Banjar memang sudah akrab di telinga kita, sampai-sampai ada salah satu produsen mie instan yang membuatnya menjadi salah satu pilihan rasa produknya. Sekilas memang seperti tidak ada bedanya antara soto Banjar dengan soto-soto lain yang ada di beberapa daerah yang ada di Nusantara.

Ciri khas dari soto Banjar sendiri adalah kuah yang bening, lalu suwiran ayam, bihun, potongan jeruk limau, perkedel kentang, irisan telur ayam dan lain-lain. Membayangkannya saja rasanya perut langsung berdesir secara spontan, ya.

Soto Banjar bisa kamu santap menggunakan lontong atau nasi putih hangat. Hmm, kebayang kan nikmat dan segarnya menyantap soto Banjar ini? Kamu bisa memilih makanan ini untuk menemani sarapan, makan siang bahkan makan malam kamu.

2. Ketupat  Kandangan

kuliner khas banjarmasin
ketupat kandangan via jayanjayan.com

Mungkin ada di antara kamu yang masih asing dengan nama kuliner yang satu ini, ya? Khususnya bagi kamu yang memang berasal dari luar Banjarmasin.

Ya, makanan ini menjadi salah satu menu kuliner khas Banjarmasin yang berasal dari salah satu wilayah Kalimantan Selatan, yakni Kabupaten Kandangan. Ketupat Kandangan ini terdiri dari ketupat yang dibelah, lalu disiram dengan menggunakan kuah santan dan dapat ditambah dengan lauk yang bervariasi, seperti ikan dan telur.

Penampakannya jelas sangat berbeda dan kontras dengan kuliner sebelumnya, yakni soto Banjar. Satu lagi hal yang sangat unik dari ketupat Kandangan, jika kamu menyantap makanan ini, kamu tidak memerlukan sebuah sendok, kamu tinggal menyantapnya dengan menggunakan tangan kamu.

Bagi kamu yang tidak terbiasa makan menggunakan tangan, jangan dipaksakan, daripada nanti malah belepotan. 😀

3. Manday

kuliner khas banjarmasin
manday via indoturis.com

Menurut saya, makanan ini sangat unik, kenapa? Karena makanan ini merupakan olahan dari kulit buah cempedak yang sudah lama diawetkan dan cara pengawetannya pun sangat sederhana, hanya menggunakan taburan garam yang tidak beryodium lalu disimpan berminggu-minggu bahkan sampai bertahun-tahun.

Konon, semakin lama diawetkan, rasanya pun semakin asam dan itu berarti cita rasa yang dihasilkan ketika diolah menjadi manday pun semakin lezat. Mungkin tidak semua lidah cocok untuk menikmati manday, tetapi manday bisa menjadi salah satu alternatif bagi penikmat kuliner yang ingin menyantap makanan unik khas Nusantara.

Manday ini diolah dengan cara ditumis atau oseng dan diberi tambahan seperti sedikit santan dan ikan-ikan kecil untuk membuatnya lebih sedap.

4. Gangan Humbut

kuliner khas banjarmasin
gangnan humbut via perusahanku.co

Salah satu makanan Banjarmasin yang kondang adalah gangan humbut. Makanan ini terbuat dari jantung pohon kelapa dan diolah bersama santan dan bumbu rempah lain. Rasa manis dan gurih dari santan mampu membangunkan selera makanmu, apalagi jika menyantapnya ditemani dengan sepiring nasi hangat, iwak saluang yang telah digoreng dan tidak lupa sambal terasi. Sedaaap!

Tahu nggak sih, ternyata gangan humbut ini menjadi salah satu menu wajib saat warga Banjarmasin mengadakan hajatan seperti pesta perkawinan.

5. Makanan olahan yang berbahan dasar ikan patin

kuliner khas banjarmasin
pepes ikan patin via id.wahyu.com

Kalimantan Selatan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan ikan, khususnya ikan patin. Rasanya belum lengkap jika kamu tidak meluangkan waktu khusus untuk mencicipi lezatnya hidangan ikan patin yang diolah dengan cara dibakar maupun dipepes.

Pepes ikan patin maupun ikan bakar patin cocok untuk teman makan siang atau makan malammu, disantap dengan nasi putih hangat, tidak lupa dengan sambal jika kamu menyantap ikan patin bakar. Dan yang paling mencolok dari pepes ikan patin adalah bumbu tomat dan kemanginya yang bau dan tampilannya menggoda untuk segera dilahap.

Hmmm…hanya membayangkannya saja, air liur di rongga mulut menjadi makin banyak saja. Hihi

 

Indonesia sangat kaya sekali, ya, tidak hanya sumber daya alam dan budaya tetapi juga kulinernya. 5 kuliner khas Banjarmasin tersebut hanya sebagian kecil dari kekayaan kuliner Nusantara. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya langsung di Banjarmasin? 😀

  1. […] dari : dparagon.com hipwee.com […]

Tinggalkan Sebuah Balasan