Zat besi adalah salah satu jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Peran za besi sama pentingnya seperti jenis mineral maupun vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan proses pertumbuhan. Zat besi memiliki sifat yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga kita harus mencukupi kebutuhan zat besi dari makanan. Kekurangan zat  besi dapat meningkatkan resiko anemia atau rendahnya kadar hemoglobin dalam darah. Nah berikut makanan yang banyak mengandung zat besi :

Gurita

Gurita adalah salah satu jenis hewan laut yang memiliki rasa gurih dan renyah. Di beberapa negara Asia Timur seperti Korea, Jepang  dan China mereka sudah terbiasa mengkonsumsi gurita. Sedangkan di Indonesia konsumsi gurita memang masih sangat rendah. Gurita terkenal dengan kandungan zat omega 3 yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan resiko stroke. Berikut ini manfaat mengkonsumsi gurita untuk kesehatan.

  • Kandungan EPA dalam gurita bisa mencapai sekitar 150 gram per 100 gram gurita. Ini adalah angka yang sangat direkomendasikan untuk mendapatkan stok omega 3 dalam tubuh. Gurita bisa menjadi pengganti beberapa sumber makanan hewan bagi orang yang sedang diet.
  • Dalam setiap 100 gram daging gurita mengandung sekitar 3 gram lemak, 160 kalori dan tidak memiliki serat. Kandungan vitamin yang ditemukan pada gurita antara lain adalah vitamin B6, B12, dan vitamin C. selain itu gurita juga memiliki kandungan kalsium sehingga baik untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Zat besi yang ditemukan pada daging gurita bisa mendukung proses produksi sel darah merah dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Tiram

Tiram menjadi salah satu hasil laut yang sangat melimpah di Indonesia. Namun belum banyak masyarakat yang mengkonsumsi tiram karena hanya ditemukan di beberapa daerah saja. Tiram memiliki nutrisi dan zat gizi yang bisa memenuhi hampir semua kebutuhan tubuh. Berikut ini manfaat tiram untuk kesehatan.

  • Tiram mengandung protein yang sangat tinggi, vitamin D, vitamin B12, zat besi, selenium, mangan dan tembaga. Semua nutrisi ini sangat penting untuk membantu sistem metabolisme, mendukung fungsi daya imunitas tubuh, memproduksi sel darah merah dan mencegah berbagai macam resiko penyakit.
  • Tiram bisa mencukupi sekitar lebih dari 80% kebutuhan zat besi harian. Tiram bisa mendukung proses sirkulasi darah, meningkatkan produksi sel darah merah, mencegah kerusakan organ tubuh dan mendukung fungsi otot tubuh.
  • Bahkan tiram juga bisa membantu proses diet dengan menurunkan berat badan. Kandungan kalori yang rendah dalam tiram bisa menjadi menu andalan untuk diet.

Tiram adalah makanan yang mengandung protein super tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan harian protein anda.

Kepiting

Banyak orang yang tidak menyukai kepiting karena dagingnya yang sedikit. Namun ternyata dalam kandungan daging yang sedikit tersebut bisa memiliki nilai gizi yang sangat besar. Kepiting memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Daging kepiting juga diperkaya dengan asam amino, zat besi, tembaga, fosfor ,seng dan berbagai sumber mineral lainnya. Kepiting bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Berikut ini manfaat kepiting untuk kesehatan.

  • Kandungan kromium dalam kepiting sangat baik untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah.
  • Selenium yang ditemukan dalam kepiting bisa mencegah perkembangan dan pembentukan sel kanker yang disebabkan karena bahan karsinogen.
  • Kepiting juga mengandung asam lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah penyakit jantung dan stroke.
  • Kepiting mengandung zat besi alami yang sangat baik untuk tubuh. Zat besi dari kepiting mudah diserap oleh tubuh sehingga bisa meningkatkan produksi sel darah merah dalam waktu yang cepat.

Bebek

Bebek menjadi salah satu olahan yang sangat khas di Indonesia. kita bisa mudah menemukan daging bebek dalam berbagai macam hidangan. Daging bebek memiliki rasa yang lebih gurih, nikmat dan struktur yang sangat lembut. Berikut ini manfaat nutrisi yang didapatkan dari daging bebek.

  • Bebek mencukupi semua kebutuhan protein tubuh karena mengandung asam amino yang cukup tinggi. protein dibutuhkan oleh tubuh untuk menciptakan sistem kekebalan tubuh dan membantu kekuatan jaringan tubuh.
  • Kandungan selenium, seng dan zat besi dalam bebek bisa meningkatkan produksi enzim, mengaktifkan semua sistem kerja enzim dan mendukung proses metabolisme tubuh.
  • Bebek juga mengandung vitamin B5 dan vitamin B12 yang bermanfaat untuk menjaga hubungan saraf motorik dan sensor syaraf dan mendukung kekuatan syaraf.

Sarden

Sarden adalah salah satu jenis ikan laut yang banyak ditemukan dalam olahan ikan kaleng. Sarden yang sudah dimasak dalam kaleng biasanya sudah diperkaya dengan tambahan nutrisi sehingga sangat baik untuk tubuh. Berikut ini manfaat ikan sarden untuk kesehatan tubuh.

  • Zat besi dalam ikan sarden sangat baik untuk anak-anak dan orang tua, pria dan wanita. Zat besi bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan produksi sel darah merah dan sistem kerja protein untuk tubuh.
  • Kandungan fosfor dalam ikan sarden sangat baik untuk menjaga sistem kepadatan tulang dan gigi.
  • Vitamin D dalam ikan sarden bisa membuat tubuh menyerap kalsium dan mengurangi berbagai macam resiko penyakit tulang.

 

 

Tinggalkan Sebuah Balasan