Makanan sehat untuk ibu hamil harus mengandung berbagai macam nutrisi untuk mendukung kehamilan. Selain itu makanan bisa mengatasi berbagai macam gangguan penyakit yang disebabkan karena kekurangan nutrisi tertentu seperti asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin B6, omega 3 dan protein. Semua makanan yang mengandung zat ini sangat penting untuk kesehatan ibu hamil dan calon bayi yang akan dilahirkan.

Bayam

Bayam menjadi sayuran yang sangat baik untuk ibu hamil. Bayam mengandung berbagai macam nutrisi seperti zat besi, folat, kalsium dan serat. Serat pada bayam bisa membantu ibu hamil mengatasi masalah sembelit dan gangguan pencernaan. Bayam mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk membentuk sistem kekebalan tubuh bagi ibu hamil. Kandungan manfaat kalsium bagi ibu hamil sangat baik untuk mendukung proses pembentukan tulang pada janin. Dan zat besi pada bayam bisa membantu ibu hamil dalam produksi sel-sel darah merah. Bayam yang masih segar sangat disarankan dibandingkan dengan bayam yang sudah disimpan di kulkas. Anda bisa memasak sayur bayam dengan campuran wortel dan sedikit bawang merah.

Brokoli

Brokoli menjadi sayur yang sangat baik untuk kehamilan Anda. Cara penyajian terbaik untuk brokoli adalah mencampurnya dalam olahan sup dengan sedikit garam. Jangan mengkonsumsi brokoli yang sudah disimpan dalam kulkas selama lebih dari 24 jam, karena kandungan nutrisinya sudah tidak baik untuk kesehatan Anda.

Manfaat brokoli untuk kesehatan ibu hamil dan bayi adalah sebagai berikut.

  1. Brokoli mengandung manfaat asam folat yang cukup tinggi sehingga bisa melindungi bayi dari kelainan tulang belakang dan cacat tabung syaraf.
  2. Kandungan zat besi dalam brokoli mencegah anemia sehingga ibu hamil akan terasa segar dan sehat sepanjang hari. Brokoli juga mengandung zat khusus yang bisa memberi perlindungan pada bayi dari berbagai jenis kanker.
  3. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Monell Chemical, terungkap bahwa bayi yang mengkonsumsi brokoli saat masih janin bisa memiliki kecenderungan untuk makan sayur saat sudah besar.
  4. Kalsium dalam brokoli menjadi kunci utama untuk mendukung pertumbuhan tulang, gigi dan otot. Selain itu brokoli juga sangat baik untuk ibu hamil karena bisa menyimpan energi selama kehamilan dan saat menyusui.

Kubis

Kubis harus masuk dalam menu harian ketika Anda sedang hamil. Kubis untuk ibu hamil harus dimasak hingga matang. Hindari konsumsi kubis mentah saat masih hamil karena bisa membayakan janin. Namun kubis yang dimasak dalam air seperti sup atau tumis sangat baik untuk ibu hamil.

Berikut ini manfaat kubis untuk ibu hamil dan janin.

  1. Kubis mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga bisa membantu proses pembentukan tulang pada janin.
  2. Kandungan zat besi dalam kubis sangat baik untuk mendorong pembentukan sel-sel darah merah dan melindungi ibu hamil dari anemia.
  3. Kubis juga mengandung asam folat yang sangat baik untuk menjaga janin agar tidak mengalami cacat tabung syaraf.
  4. Bahkan kubis juga mengandung serat yang bisa mengatasi masalah sembelit pada ibu hamil, selain itu kubis menjadi sumber terbaik untuk kebutuhan vitamin K dan vitamin C.
  5. Kubis memiliki peran yang sangat penting untuk ibu hamil yang ingin menerapkan pola makan diet, karena kubis hanya mengandung sekitar 300 kalori dan ini sesuai dengan kebutuhan gizi ibu hamil pada trimester kedua dan trimester ketiga.

Kembang Kol

Kembang kol adalah jenis sayuran kubis yang memiliki bentuk seperti sayur brokoli namun dengan warna putih. Kembang kol untuk ibu hamil bisa dimasak menjadi sajian sup atau sayuran tumis dengan campuran sayur lain. Selain memiliki rasa yang lezat dan renyah, kembang kol juga sangat baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin.

Berikut ini manfaat kembang kol untuk ibu hamil dan janin.

  1. Kandungan vitamin C dalam 100 gram kembang kol mencapai 52,3 mg dan ini mendukung kebutuhan ibu hamil dengan jumlah sekitar 80-85 mg. vitamin C sangat baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu ibu hamil dalam penyerapan zat besi sehingga melindungi ibu hamil dari anemia. Bahkan vitamin C juga bisa menjadi antioksidan pada bayi sehingga mencegah cacat dan kelahiran prematur.
  2. Kembang kol menjadi asupan folat yangs angat baik untuk ibu hamil. Folat dalam kembang kol bisa membantu pembentukan fungsi plasenta dan memelihara kesehatan janin selama kehamilan. Kembang kol sangat baik dikonsumsi pada trimester pertama.
  3. Kandungan kalsium dalam kembang kol mampu mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi, dan menghindari cacat syaraf dan otot. Bahkan kembang kol juga mengandung serat sehingga bisa mencegah sembelit.

Kacang Hijau

Manfaat kacang hijau kita tidak perlu diragukan lagi. Salah satu jenis kacang-kacangan yang cukup populer di Indonesia dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi. Bahkan di Indonesia, tanaman ini termasuk dalah tiga tanaman utama yang cukup populer kedelai dan kacang tanah.Kita dapat dengan mudah menemukan berbagai olahan kacang hujau seperti bubur, kue, kue dan berbagai makanan lainnya. Selain protein nabati, kadungan mineral lain yang dimiliki oleh kacang hijau adalah kalsium, fosfor, dan asam lemak tak jenuh.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dan janin antara lain adalah:

  1. Konsumsi kacang hijau setiap hari pada trimester pertama bisa mengurangi resiko penyakit pernafasan pada bayi.
  2. Kacang hijau menjadi sumber protein nabati yang sangat baik untuk ibu hamil. Kacang hijau bisa mengurangi rasa mual pada trimester pertama. (Baca juga : cara mengatasi mual saat hamil)
  3. Kacang hijau mengandung kalium yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk mendukung kesehatan jantung pada ibu hamil dan janin.

 

Tinggalkan Sebuah Balasan