Kota Surabaya atau yang juga dikenal dengan Kota Pahlawan, di mana di kota ini sempat terjadi berbagai peristiwa seperti pertempuran luar biasa antara Arek-arek Suroboyo melawan pasukan kolonial Belanda.

Saking banyaknya aktifitas membela negara itu lah wajar saja jika Surabaya dijuluki sebagai Kota Pahlawan. Di Surabaya lah terdapat banyak tokoh pergerakan nasional yang terkenal dengan berbagai aktifitasnya untuk membela NKRI, sebut saja Bung Tomo dan masih banyak lagi tokoh pahlawan lain yang berasal dari Surabaya.

Jika kita berbicara tentang sejarah, biasanya identik dengan museum nih. Karena museum merupakan sebuah tempat yang memiliki salah satu fungsi yakni untuk melihat koleksi benda peninggalan sejarah dan benda-benda yang menjadi saksi berbagai peristiwa di masa lalu.

Di Surabaya banyak sekali terdapat museum yang menarik untuk ditelusuri. Museum apa saja sih yang patut kamu kunjungi saat wisata ke Surabaya?

1. Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh November

wisata di surabaya
monumen tugu pahlawan dan museum sepuluh november via panduanwisata.id

Museum yang berlokasi di Jalan Pahlawan, Surabaya ini buka setiap hari dan telah diresmikan sejak tahun 2000.

Di sana kamu bisa melihat salah satu bangunan ikonik Surabaya dengan lebih dekat, yakni Tugu Pahlawan. Selain itu terdapat museum Sepuluh November yang didirikan sebagai bentuk kebanggan atas kemenangan arek-arek Suroboyo pada pertempuran heroik tanggal 10 November 1945.

Area Tugu Pahlawan dan museum buka setiap hari kecuali Hari Senin dan hari libur nasional mulai pukul 08.00 pagi. Budget yang harus kamu keluarkan untuk berkunjung kesini tidak lebih dari Rp 10ribu per orang.

2. Monumen Kapal Selam

wisata di surabaya
monkasel via tripadvisor.com

Monumen Kapal Selam atau yang biasa disingkat dengan Monkasel ini berlokasi di Jalan Pemuda, Surabaya dan menjadi objek wisata resmi di Surabaya sejak tahun 1998.

Jika kamu berkunjung kesana, kamu akan melihat sebuah kapal selam utuh, apakah itu sebuah kapal replika? Bukan, kapal tersebut adalah asli dan merupakan bangkai kapal selam ‘KRI Pasopati’.

Setelah membayar tiket masuk seharga kurang lebih Rp 10ribu, kamu pun diperbolehkan menaiki tangga menuju pintu masuk kapal selam, dan melihat bagian dalam dari kapal selam mulai dari bagian depan sampai belakang.

Selesai berkeliling di dalam bangkai kapal selam, kamu pun bisa menuju Monkasel Theater, di mana kamu bisa menonton film pendek tentang perkembangan pertahanan maritim di Indonesia.

3. Museum WR Soepratman

wisata di surabaya
museum wr soepratman via ilovesurabaya.net

Siapa to yang tidak kenal dengan Wage Rudolf Soepratman? Seorang tokoh yang menciptakan salah satu lagu kebangsaan Indonesia dan selalu berkumandang saat Sang Saka Merah Putih dikibarkan.

Di Surabaya, lebih tepatnya di daerah Tambaksari, tepatnya Jalan Mangga No.21 terdapat Museum WR Soepratman, di mana museumnya terdapat koleksi barang-barang peninggalan WR Soepratman, termasuk biola dan sebuah catatan yang ditulis tangan dan merupakan sebuah rangkaian lagu Indonesia Raya.

Tidak jauh dari Museum WR Soepratman juga terdapat makamnya, beliau meninggal di Surabaya pada tahun 17 Agustus 1938.

4. Museum Bank Indonesia

wisata di surabaya
museum bank indonesia surabaya via junantoherdiawan.com

Tidak jauh dari bekas bangunan penjara Kalisosok Surabaya, terdapat sebuah bangunan yang dulunya berfungsi sebagai De Javasche Bank di Surabaya atau yang biasa dikenal sebagai Bank Indonesia.

Museum ini berlokasi di Jalan Garuda, untuk memasuki area museum ini kamu tidak dikenakan tiket masuk, kamu hanya di persilahkan untuk mengisi sebuah buku tamu.

Museum ini memiliki 3 lantai dan menampilkan sejarah sistem perbankan yang ada di Indonesia, foto-foto lama yang menggambarkan Surabaya tempo dulu dan juga koleksi mata uang kuno.

5. Museum Surabaya

wisata di surabaya
museum surabaya via www.suarasurabaya.net

Museum Surabaya baru saja diresmikan oleh Walikota Surabaya, siapa lagi kalau bukan Ibu Tri Rismaharini pada akhir bulan Mei tahun ini. Museum ini menempati bekas bangunan Siola yang dulunya merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya.

Siola sendiri berlokasi di Jalan Tunjungan, kamu pasti akan dengan mudah menemukan Museum Surabaya yang notabene berada di gedung Siola. Di sana kamu dapat mempelajari perkembangan kota Surabaya dari jaman sebelum kemerdekaan hingga kini.

Meskipun koleksinya bekum terlalu lengkap namun museum ini mampu menarik ratusan pengunjung setiap harinya dan berapa harga tiket masuknya? It’s free, alias gratis. 🙂

 

Nah, itu dia 5 Museum yang patut kamu kunjungi selama wisata di Surabaya , apakah ada museum lain di Surabaya yang menjadi favorit kamu?

  1. Seneng bnget bisa berkunjung ke museum museum sejarah ?

Tinggalkan Sebuah Balasan