Memilih kost ibaratnya seperti memilih pasangan dalam hidup, terlihat mudah nyatanya susah.

Bagi kamu yang merantau untuk menuntut ilmu atau bekerja jauh dari rumah, mencari sebuah hunian sementara yang nyaman adalah suatu keharusan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan saat kamu mencari kost, karena kamu akan menghabiskan sebagian waktumu di kost, selain itu lingkungan kost juga akan memberi pengaruh pada hidupmu.

Lalu hal-hal apa sih yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih kost?

1. Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan

memilih kost
pilih kost yang sesuai budget dan kebutuhan via www.studios.com

Banyak sekali hunian kos yang ditawarkan dengan tarif yang sangat bervariasi, mulai dari yang termurah hingga termahal juga ada. Sebelum memutuskan untuk memilih sebuah kamar kos, alangkah baiknya sesuaikan dengan budget yang kamu punya dan kebutuhan.

Kebutuhan seorang mahasiswa tentu berbeda dengan kebutuhan seorang pekerja atau eksekutif muda. Misalnya nih, eksekutif muda mencari tempat tinggal yang nyaman dan tentunya aman.

2. Perhatikan keadaan kamar kos

memilih kost
sewa kamar paling murah via myblueday.tistory.com

Penting nih, kamu harus benar-benar memperhatikan apakah calon kamar yang kamu huni memiliki ventilasi yang cukup, sirkulasi udaranya, kelancaran airnya, cukupnya cahaya yang masuk, pengelolaan sampahnya, ada cleaning service atau tidak.

Untuk apa sih? Ini penting demi menjaga kesehatan kamu jangka pendek maupun jangka panjang. Kamu bisa memilih kos dengan tarif murah per bulan atau per tahun tetapi mengabaikan kebersihan kamar kos kamu, lingkungan kos kamu. Kamu jauh dengan keluarga, jauh dari orang tua, tidak mau kan sakit-sakit an saat tinggal sendirian?

3. Memiliki akses yang mudah

memilih kost
gang sempit via asmarantaka.wordpress.com

Setidaknya pilih kos yang punya akses mudah, tidak harus dekat dengan warung, mini market, atau tukang fotokopi, semua itu bisa teratasi selama kamu punya alat transportasi mulai dari sepeda, sampai mobil. Akses mudah di sini adalah jauh tidaknya dengan jalan utama, tidak terlalu masuk-masuk ke dalam, sempit atau tidaknya jalan menuju kos kamu.

Ini untuk jaga-jaga jika orang tua datang menjengukmu atau ada saudara yang ingin mampir menemuimu atau teman ingin menjemputmu dan merek amembawa kendaraan seperti roda empat, mereka tidak perlu khawatir ketika menuju kos kamu.

Bayangkan jika kos kamu berada di dalam sebuah gang sempit yang hanya dapat dilalui sepeda motor saja? Kasihan pada orang yang ingin mengunjungimu, lewat saja tidak bisa apalagi parkir.

4. Perhatikan lingkungan di sekitar kos

memilih kost
keadaan di lingkungan kos via jogjadaily.com

Manfaatkan kesempatan untuk melihat kos lebih dekat, karena hanya di kesempatan ini kamu bisa melihat bagaimana kehidupan yang ada di calon kos kamu, mulai dari penghuni kos lain, mencari tahu tata tertib yang ada, sampai melihat bagaimana lingkungan sekitar calon kos kamu.

Kadang seseorang betah tinggal dalam suatu lingkungan karena selain nyaman dengan fasilitas yang ada juga hubungan baik dengan penghuni lain terjaga.

Pertimbangkan bagaimana keamanan yang ada di lingkungan calon kos kamu, kos yang lokasinya berada di dalam kompleks perumahan cenderung lebih aman dari kejahatan sih, karena ada security atau hansip yang selalu siaga, ditambah dengan portal yang rutin dikunci di setiap ujung gang.

5. Tersedianya lahan parkir untuk kendaraan penghuni kos

memilih kost
parkir yang luas via gambar-rumah.com

Ini penting untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi, khususnya kendaraan roda empat. Selalu cek ketersediaan lahan parkir jika kamu memutuskan untuk kos di suatu tempat. Tidak mau kan mobil atau motormu kenapa-kenapa hanya karena parkir sembarangan?

 

Jadi untuk kamu yang masih belum menemukan kos yang cocok atau klik di hati, 5 tips di atas bisa kamu jadikan bahan pertimbangan untuk memilih kost yang akan huni beberapa bulan ke depan bahkan beberapa tahun ke depan. Selamat berburu kos!

 

Tinggalkan Sebuah Balasan