Jangan sampai liburan kamu jadi berantakan hanya karena salah memilih penginapan.

Saat kamu traveling, kemana pun, ke dalam negeri maupun luar negeri, memilih tempat untuk menginap adalah hal yang paling krusial yang harus kamu persiapkan selain akomodasi menuju tempat tujuan. Kenapa?
Karena selain menjadi tempat singgah saat kamu melakukan sebuah perjalanan, penginapan juga sebagai tempat untuk memulihkan energimu setelah seharian jalan-jalan atau melakukan aktivitas lain.

Banyak sekali model penginapan yang ditawarkan, kamu tidak hanya bisa menginap di hotel, tetapi kamu juga bisa menginap di hostel, guest house, bahkan ada pula kos harian. Tetapi memilih tempat penginapan tidaklah mudah, tidak boleh sembarangan, selain faktor kenyamanan kamu pun harus memperhatikan hal-hal lain seperti berikut…

1. Pilih tempat penginapan yang sesuai dengan budgetmu

memilih penginapan
menginap di Kos Eksklusif D’Paragon

Kamu bisa menginap di hotel yang mewah, namun tetap sesuaikan dengan budget liburanmu ya, jangan memaksakan untuk menginap di hotel dengan tarif mahal jika kamu ingin berhemat. Saat ini sudah ada banyak sekali tempat penginapan semacam guest house dan kost harian yang tersebar di kota-kota besar Indonesia, mulai dari Jakarta hingga Surabaya.

Selain tarif menginap yang lebih rendah dari pada tarif menginap di hotel, fasilitas yang kamu dapat juga lebih banyak, misalnya AC, dapur, lemari es, tempat tidur yang nyaman, kamar mandi dalam, dll. Tarif yang ditawarkan mulai dari Rp 150rb per malam dan menyuguhkan suasana seperti sedang berada di rumah milik sendiri.

2. Pilihlah lokasi penginapan yang strategis

memilih penginapan
mencari lokasi penginapan via www.huffingtonpost.com

Jika kamu disuruh memilih, kamu memilih untuk menginap di tempat yang mana?

A : penginapan dengan tarif murah, fasilitas yang ala kadarnya namun lokasinya jauh dari mana-mana (jalan raya, tempat makan, minimarket, tempat wisata)

atau

B : penginapan dengan tarif sedikit lebih mahal, fasilitas penginapan yang lumayan, namun berada di lokasi yang sangat strategis jadi kamu lebih mudah untuk pergi kemana saja

Pilih yang mana? Saya menyarankan untuk memilih opsi B sih, kenapa?
Karena jika dihitung-hitung, biaya yang akan dikeluarkan sama saja, namun dengan fasilitas yang tentunya berbeda. Jika memilih penginapan A, kamu harus mengeluarkan budget tambahan untuk transportasi kesana kesini, namun dengan fasilitas yang apa adanya. Sedangkan jika memilih penginapan B, memang lebih mahal sih tarif menginapnya, tetapi juga sebanding dengan fasulitas yang didapatkan.

3. Tidak sekedar melihat harganya yang murah tetapi juga kenyamanan saat menginap di sana

memilih penginapan
nyaman tidur di penginapan via www.gazettenet.com

Jangan tergiur dengan harganya yang murah namun tetap utamakan kenyamananmu saat menginap, selain cek harga jangan lupa untuk membaca review atau testimoni orang-orang yang pernah menginap tempat yang ingin kamu inapi.

Buat apa menginap di tempat yang menawarkan tarif sangat murah, tetapi fasilitas yang diberikan pada kita sangat buruk?

4. Perhatikan keamanan penginapan

memilih penginapan
CCTV.. via www.berita77.com

Keamanan juga salah satu hal yang tidak boleh kamu lupakan, bagaimana mencari tahu keamanan tempat yang ingin kamu inapi?

Kamu bisa menanyakan pada pengelola penginapan sebelum melakukan reservasi, apakah ada fasilitas seperti CCTV dan security. Kamu pun bisa mencoba untuk browsing di internet, mencari tahu di mana saja lokasi rawan di sebuah kota, jangan sampai kamu menginap di tempat yang rawan kejahatan.

5. Memesan penginapan jauh-jauh hari jika kamu bepergian saat peak season

memilih penginapan
peak season via www.hurriyetdailynews.com

Jika kamu melakukan perjalanan saat peak season atau musim liburan, alangkah baiknya kamu mencari penginapan yang bisa melayani reservasi dari jauh hari. Karena saat musim liburan, hampir semua tempat penginapan penuh oleh wisatawan. Jadi jika kamu bisa melakukan reservasi jauh-jauh hari, ini sangat memudahkan kamu.

Tinggalkan Sebuah Balasan