Terkadang sebagai mahasiswa pasti merasakan ingin memiliki uang lebih yang dapat digunakan untuk sebuah perjalanan sederhana bersama teman-teman, menikmati akhir pekan dengan berkumpul di sebuah kafe, atau sekedar membeli sesuatu yang diinginkan. Namun untuk kalian yang memiliki uang saku pas – pasan, sudah pasti tidak bisa melakukan kegiatan tersebut terlalu sering. Tidak ada salahnya Anda mencoba untuk bekerja part time. Selain untuk menambah uang saku, kegiatan ini juga dapat digunakan untuk mengisi waktu luang dan menambah pengalaman di portfolio. Nah berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mahasiswa dalam mencari Part time:

  • Perluas Network

Mendapatkan pekerjaan part time bisa datang dari siapa saja, termasuk orang yang tidak terduga. Jika Anda memiliki jaringan pertemanan yang cukup baik, Anda bisa memandaatkannya untuk mendapatkan informasi tentang pekerjaan part time. Anda bisa menceritakan pada bidang apa yang membuat Anda tertarik untuk bekerja, dengan begitu mungkin salah satu teman Anda memiliki informasi pekerjaan yang Anda inginkan. Jangan terlalu gengsi untuk menanyakan kesempatan, dengan begini Anda bisa mendapatkan informasi tentang perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja part-time.

  • Rajin Membuka situs freelance

Di internet tersedia cukup banyak situs khusus lowongan pekerjaan yang menyediakan ribuan informasi pekerjaan professional baik full time maupun part time. Beberapa contoh situs online yang menampung jenis pekerjaan part time adalah freelancer Indonesia, Sribulancer, Gobann, dan masih banyak lainnya. Untuk kalian yang ingin mendapatkan uang lebih tapi tidak ingin pergi jauh – jauh dari rumah, ada beberapa situs pekerjaan yang memberikan informasi lowongan kerja dirumah. Sesuaikan saja jenis part time yang ingin kalian dapatkan dengan apa yang kalian butuhkan.

  • Mulai dari Startup atau perusahaan kecil

Selain digunakan sebagai platform entertainment, sosial media juga dapat menjadi sumber untuk kalian mendapatkan informasi part time. Biasanya solopreneur atau pemilik startup membagikan informasi tentang kebutuhan staf lewat sosial media. Melalui unggahan di Instastory atau foto regular di Instagram, biasanya mereka mempublikasikan info kebutuhan staf magang dan kerja paruh waktu. Posisi yang ditawarkan juga beragam, mulai dari content writer, graphic designer, bahkan editor.

  • Eksplore di bidang pendidikan dan sales

Untuk kalian yang menyukai anak – anak atau berhubungan dengan banyak orang mungkin ini contok pekerjaan yang cocok dengan kalian. Anda dapat mencoba mencari tambahan uang jajan dari mengajar anak TK membaca dan menulis atau anak SD untuk meningkatkan prestasinya. Selain menjadi guru les, menjadi sales di perusahaan lain juga dapat menjadi salah satu pilihan. Baik sales jasa maupun sales produk, Anda dapat mempelajari banyak ilmu baru seperti networking, public speaking, dan masih banyak lagi.

  • Jangan Lupa Memfollow-up Lamaran

Ketika Anda sudah menemukan pekerjaan yang cocok, jangan ragu – ragu untuk segera mendaftarkannya. Setelah itu jangan lupa untuk mefollow-up perusahaan dalam waktu 7-10 hari sesudah mengirimkan lamaran. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik pada posisi tersebut dan akan membuatmu berbeda dari pelamar lainnya.

Tinggalkan Sebuah Balasan