Ini dia 5 wisata menarik yang hanya ada di Kota Banjarmasin.

Ada rencana berkunjung ke Banjarmasin dalam waktu dekat? Tetapi belum punya rencana akan jalan-jalan ke objek wisata mana saja.

Tenang…berikut ini adalah rangkuman 5 wisata Banjarmasin yang menarik dan harus kamu datangi.

Kota Banjarmasin terletak di pulau Kalimantan dan merupakan ibukota dari Kalimantan Selatan. Wilayahnya yang dilalui banyak sungai, salah satunya adalah sungai Barito dan Martapura, maka wajar saja bila kota ini dijuluki Kota Seribu Sungai, selain itu Kota Banjarmasin juga punya potensi wisata yang menarik, seperti…

1. Pasar Terapung Lok Baintan atau Pasar Terapung Sungai Martapura

wisata banjarmasin
Pasar terapung lok Baintan via diar-pp.blogspot.com

Pasar terapung ini merupakan pasar tradisional yang berlokasi di desa Sungai Pinang atau Lok Baintan, kecamatan Sungai Tabuk, Banjar. Jika kamu mengunjungi pasar ini, kamu akan menjumpai warga lokal memasarkan hasil produksi pertanian atau perkebunan dan berlangsung hanya sekitar tiga sampai empat jam, mulai pukul 6 pagi sampai pukul 9.30 WITA.

Pedagangnya didominasi oleh kaum perempuan yang menggunakan aksesoris pakaian yang sesuai dengan ciri khas adat setempat, seperti memakai penutup kepala yang disebut dengan tanggui. Persis seperti iklan di salah satu televisi swasta yang muncul selama bertahun-tahun.

Ada yang unik dengan pasar terapung Lok Baintan, transaksi dalam pasar terapung tidak mengutamakan uang namun sebagian transaksi masih menggunakan sistem barter.

Barang apa yang bisa dibarter? Biasanya barang dagangan yang bisa dibarter adalah hasil bumi berupa sayur mayur dan buah-buahan. Seberapa banyak atau jumlah barang dagangan yang dibarter tergantung kesepakatan antar kedua belah pihak antara penjual dan pembeli.

Jika kamu ingin menuju kesana, kamu dapat melakukan perjalanan dari pusat kota menuju pasar terapung sekitar 30 menit menyusuri sungai Martapura dengan menggunakan perahu motor atau sampan yang bermesin yang disebut dengan klotok.

Kamu pun bisa mengendarai roda empat untuk menuju kesana, namun membutuhkan waktu yang lebih lama karena medan yang berliku-liku dan berat.

2. Pegunungan Meratus

wisata banjarmasin
pegunungan meratus via flickr.com

Selain pasar terapung, kamu pun bisa mengunjungi pegunungan Meratus yang membelah Provinsi Kalimantan Selatan menjadi dua dan di sepanjang pegunungan ini terdapat banyak perkebunan karet.

Tidak hanya perkebunan karet, kamu juga bisa menjumpai keanekaragaman hayati yang dimiliki pegunungan Meratus seperti Meranti Putih, Meranti Merah, Gerunggang, dll.

3. Museum Waja Sampai Ka Puting

wisata banjarmasin
Museum Wasaka via kalimantantravel.blogspot.com

Museum Waja Sampai Ka Puting, atau yang biasa disingkat dengan Wasaka merupakan sebuah museum perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Waja Sampai Ka Puting sendiri merupakan sebuah motto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan.

Museum ini berlokasi di Gang H. Andir, Kampung Kenanga Ulu, Kota Banjarmasin. Museum ini bertempat pada rumah Banjar Bubungan TInggi yang telah dialih fungsikan dari hunian menjadi museum sebagai upaya konservasi bangunan tradisional.

4. Masjid Raya Sabilal Muhtadin

wisata banjarmasin
Masjid Raya Sabilal Muhtadin via www.skyscrapercity.com

Masjid ini merupakan masjid terbesar di Kalimantan Selatan dan dibangun di tepi barat sungai Martapura pada tahun 1981.

Pemilihan nama Masjid Agung ini pun digunakan sebagai penghormatan terhadap Ulama Besar alm. Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari yang selama hidupnya memperdalam dan mengembangkan agama Islam di Kerajaan Banjar.

5. Arung Jeram di Sungai Kambang

wisata banjarmasin
sungai kambang via guideimg.alibaba.com

Sungai Kambang di Banjarmasin menawarkan sebuah wisata yang berbeda, belum banyak wisatawan yang mengetahui wisata alam Sungai Kambang ini. Sungai memberimu kesempatan untuk menikmati alam tersebut dalam suasana yang masih alami.

Kamu bisa sekedar bersantai di tepian sungai untuk merendam kedua kakimu, berenang bahkan kamu pun bisa bermain arung jeram meskipun arusnya tidak terlalu deras.

 

Kamu tidak perlu bingung mau kemana saat berada di Banjarmasin, di sana ada beberapa pilihan wisata Banjarmasin yang tidak kalah menarik. 😀

Tinggalkan Sebuah Balasan