7 Festival Tahunan Unik dan Seru yang Ada di Yogyakarta

dparagon.com – Selain alam yang indah dan kuliner khasnya yang lezat, budaya masyarakat lokal yang masih begitu kental juga menjadi daya tarik wisata dari Yogyakarta Karena budayanya yang unik. jadii , rasanya kurang lengkap berkunjung ke kota Jogja jika tak menikmati budayanya. Selain keberadaan Keraton Yogyakarta . Identitas budayaa Jogja semakin diperlihatkan dengan banyaknya festival atau event bernuansa budaya yang bisa anda nikmati. Ada banyak festival tahunan di Jogja yang dalam penyelenggaraanya selalu semarak tiap tahunnya.Berikut adalah festival tahunan Jogja yang paling di tunggu :

1. Festival Kesenian Yogyakarta

Festival yang lebih ngetrend dengan nama FKY merupakan serangkaian festival yang berlangsung pertengahan tahun, sekitar bulan Agustus-September. Tenang, Acara ini berlangsung selama 2 minggu kok.

Tempatnya biasanya berpusat di Pasar Ngasem dekat dengan Taman Sari, Keraton Yogyakarta. Meski acara yang diadakan ada yang di tempat lain seperti di Panggung Krapyak, Taman Kuliner Condong Catur, Balai Seni dan lainnya.

Acara yang diadakan adalah acara seni tradisional juga modern, biasanya merupakan partisipasi dari mahasiswa kampus yang ada di Yogyakarta, Pelajar SMA/SMP/SD, bahkan TK, dan juga komunitas seni dan budaya yang ada di Jogja.

Di FKY juga ada kuliner, jangan khawatir ada banyak makanan yang dijual disana, sambil menonton seni sambil jajan. Pulangnya kamu bisa bawa oleh-oleh, mulai dari baju, sepatu, tas, barang kerajinan mulai dari khas Jogja sampai luar Jogja ada dan harganya jangan ditanya, yang pasti pas dengan kantong anak-anak kost.

Ada juga stand-stand kerajinan, komunitas seni, radio, dan lainnya. Kamu juga bisa mengenal dekat dengan komunitas seni yang ada di Jogja. Selain itu, ada banyak acara seperti teater, musik, stand up comedy, tari, musikalisasi puisi, pantomim, bioskop film dan juga workshop kerajinan yang bisa kamu ikutin, seperti lukisan, kain perca, kerajinan tangan.

Ada juga loh pameran seni rupa, loka karya, diskusi seni dan budaya. Lengkap kan!

2. Festival Grebek Maulud/Sekaten

Para abdi dalem yang sedang memikul Gunungan

Festival sekaten diadakan sekitar bulan Desember-Januari setiap tahunnya. Festival ini diadakan untuk menyambut Hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Rangkaian acaranya merupakan tradisi dan ritual yang dilestarikan semenjak jaman Walisongo.

Selain arak-arakan dari para abdi dalem keraton yang membawa gunungan yang kemudian diperebutkan oleh warga Jogja yang datang, terdapat juga pasar rakyat yang berlangsung di alun-alun utara selama seminggu.

Di sana banyak dagangan unik sandang, pangan, dan barang kerajinan yang dijajakan. Ada juga loh permainan anak-anak seperti komedi putar, bianglala, rumah hantu, dan atraksi sepeda dan banyak lagi yang lainnya.

orang dewasa, tua muda, boleh banget menyewa permainan tersebut, cukup dengan harga murah. Seru deh!

FYI, Sekaten engga hanya ada di Jogja, karena di Solo juga diadakan. Pada umumnya sama sih, cuman yang membedakan adalah tempatnya.

3. Festival Gamelan Yogyakarta (YGF)

Festival gamelan ini diadakan pada pertengahan tahun sekitar bulan Agustus yang berlangsung selama 3 hari. Festival tahunan ini datang dari berbagai daerah di Indonesia sampai mancanegara seperti, USA, mexico, dan Australia.

Festival ini bertempat di Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Selama festival/konser, ada juga exhibition dan workshop yang bisa kamu ikutin. Bagi para pecinta dan atau penikmat gamelan, moment ini pas banget buat menikmati gamelan secara live.

Jangan lupa ya, kalau berkunjung ke Jogja, jangan Cuma singgah di Malioboro aja. Festival ini sayang kalau dilewatin. Dengan mengikuti festival ini berarti kamu ikut andil dalam pelestarian budaya Indonesia.

Ini gratis loh! Jogja kurang istimewa apalagi coba!

4. Festival Jajanan Kekoenoan

Selain festival seni, Jogja juga punya festival kuliner. Bagi penggila kuliner tempo dulu, ini pas banget buat kamu datangin. Festival ini tiap tahunnya diadakan di Jogja Expo Center (JEC). Biasanya berlangsung selama kurang lebih 5 hari pada bulan-bulan akhir (Oktober-November).

Ada berbagai macam jenis makanan kuno alias jaman dulu yang dijual dalam festival ini. Makanan yang sudah jarang kamu temui, di sana dijajakan loh!

Konsep dan temanya juga mengusung suasana tempo dulu. Jadi, kalau kamu ke festival ini kamu bakal merasa kembali ke jaman dulu. Keren deh pokoknya!

Jangan khawatir, tiket masuknya murah kok, CumaRp. 5.000,- saja.

5. Festival Jajanan Kekinian

Selain festival jajanan kekoenoan, ada juga festival jajanan kekinian. Kreatif-kreatif ya orang-orang Jogja?!

Festival ini juga diadakan sekitar bulan September/Oktober selama kurang lebih 5 hari. Tempatnya sama yaitu di JEC.

Festival kuliner ini menjajakan banyak macam jajanan, dan jajanan cicip-cicip kekinian atau yang lagi ngehitz. Ada banyak outlet jajanan gaul, kue, es krim, churros, masakan Jepang, ramen, kebab, mocha, candy, hotdog/burger, salad dan banyak yang lainnya.

Dijamin kenyang dah, kalau beli semua jajanan di sana. Selain itu, kamu juga bisa ikutan workshop, dan kelas masak oleh para chef.

Waaahh kebayang kan serunya!

6. Festival Melupakan Mantan

Punya mantan pacar? Mantan gebetan atau mantan selingkuhan? Atau susah move on atau bahkan gagal move on? Gak mau dong keinget mantan terus dan ngarep mantan yang sudah jelas tak bisa diharapkan (lagi). Hikks..

Jogja punya wadah untuk menampung orang-orang yang berniat melupakan mantan. Nyiahaha. Kamu yang ingin bisa move on datang saja ke acara ini. Sebenarnya mantan tidak untuk dilupakan sih, toh dia pernah membuatmu berarti dan bahagia, dia sudah pernah baik, sudah menemanimu dan membuatmu tersenyum sepanjang hari. Duhhh…

Catet tanggalnya, Festival ini diadakan tiap tanggal 13 Februari malam, mepet hari valentine yak muehehe…

Ada banyak acara sperti musik performance dari band lokal, stand up comedy juga sharing bersama. Dijamin kamu bisa melupakan mantan sejenak, harapannya sih bisa melupakan selamanya, yess.

Selain itu, hal unik dari festival ini adalah, pengunjung membawa barang-barang pemberian mantan untuk disumbangkan. Daripada dibuang atau disimpan dan membuatmu keingat terus sama mantan, dan menggores luka dihatimu nyesss mending disumbangkan. Selain bermanfaat buat orang lain, kamu juga dapat pahala. Tsaah~

7. Festival Jomblo #jombloGakGitujugakali

Pemuda-pemudi Jogja memang kreatif ya? Ada juga nih festival unik, festival jomblo. Di daerah lain seperti Gorontalo dan Jakarta juga ada ya? Tapi mumpung lagi di Jogja, tak ada salahnya toh ikutan festival yang diadakan tepat di malam valentine.

Festival ini sebagai bentuk penghargaan kepada mereka yang jomblo. Jomblo gak ngenes-ngenes banget yaa..Yang punya pacar punya acara spesial bukan berarti jomblo gak punya. Eaaaa.. Jomblo juga bahagia!

Festival ini diadakan tanggal 14 Februari. So, buruan catet di list biar enggak ketinggalan festival ini. Siapa tahu ketemu teman baru yang sama-sama jomblo pastinya, ada kemungkinan to bisa dapat gebetan terus berjodoh, dan tahun berikutnya sudah enggak ikutan acara ini lagi, kan sudah punya pacar. eaaa….

Itu dia festifal-festival yang unik dan seru yang ada diJogja. Sebenarnya ada banyak festival yang lainnya yang bisa kamu ikutin atau sekedar “menonton”. Jadi don’t worry, kalau berkunjung ke Jogja dan enggak pas waktunya. Ada banyak festival seru yang sering diadakan di bulan-bulan lain kok. Jadi, yakin ke Jogja melewatkan festival unik?

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Tinggalkan Sebuah Balasan