Hal – hal kecil seringkali dilupakan atau bahkan diabaikan oleh banyak orang. Padahal, hal kecil tersebut bisa jadi berakibat fatal jika tidak dilaksanakan. Pada dasarnya,  kebanyakan orang sangat sering melupakan hal – hal kecil yang sebenarnya amat sangat penting bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Berikut 6 hal kecil yang sering di sepelekan orang, walaupun sebenarnya amat sangat penting untuk dilakukan

1. Malas membaca buku panduan

Pentingnya buku panduan
             Pentingnya buku panduan

Setiap kali kita membeli barang, terutama barang elektronik, seperti televisi, mesin cuci, laptop, smart phone, dan sebagainya, kita hampir tidak pernah membaca buku panduan terlebih dahulu. Kebanyakan dari kita, lebih memilih untuk mencoba sendiri alat – alat elektronik tersebut.

padahal, barang yang kita gunakan jika tidak sesuai dengan yang tertera di buku panduan, akan menyebabkan barang yang kita beli akan cepat rusak. Selain itu, jika kita tidak membaca buku panduan terlebih dahulu bisa berakibat fatal bagi keselamatan diri kita, maupun orang lain. Sebagai contoh, misalnya Andi baru saja membeli sebuah motor. Namun, karena Andi merasa dia sudah bisa mengendarai motor, Andi langsung memakai motor tersebut tanpa membaca buku panduannya. Ternyata motor yang baru dibeli Andi dengan motor yang digunakan andi ketika belajar, memiliki beberapa aturan yang berbeda. Sehingga ketika Andi mengendarai motor barunya, tanpa mengetahui adanya perbedaan aturan antara motor satu dengan yang lain ini tentu saja membahayakan bagi, Andi dan pengguna jalan lainnya.

Nah, sudah tahukan bahayanya tidak membaca buku panduan sebelum menggunakan alat elektronik. Maka dari itu, mulai sekarang kita harus selalu membaca buku panduan setiap pertama kali membeli barang elektronik ya..

2. Sering mengabaikan sarapan

Sarapan pagi
Sarapan pagi

Apapun alasannya, sarapan pagi adalah sesuatu yang penting. Kita sering melupakan sarapan pagi dengan alasan tidak sempat, hemat uang, malas, diet dan banyak lagi padahal meninggalkan sarapan pagi adalah hal yang sangat fatal karena akan membuat perut kosong dan risiko terkena penyakit lambung. Selain itu, juga akan membuat otak cepat rusak sehingga dapat menurunkan daya ingat.

Sarapan juga dapat menambah energi, menghindari rasa kantuk dan menambah konsentrasi otak dalam bekerja serta mendukung aktivitas fisik sehingga kamu lebih bertenaga di pagi hari sampai siang hari.

3. Tidur terlalu malam

Kurang tidur
                            Kurang tidur

Tidur larut malam atau biasa kita sebut begadang, tidak baik bagi kesehatan karena dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga  mudah diserang penyakit. Selain itu, begadang dapat membuat berkurangnya jam istirahat sehingga menyebabkan sakit kepala begadang juga menjadi salah satu penyebab rusaknya sel otak. Maka dari itu, tidur larut malam sangat tidak dianjurkan.

Tidur lebih cepat sekitar jam 10 malam adalah lebih baik agar kamu bisa bangun pagi lebih cepat dengan kondisi tubuh yang jauh lebih segar dan badan yang tidak terasa lemas karena waktu istirahat sudah mencukupi. Singkirkan segala macam bentuk gadget dan matikan paket data internet kamu agar kamu bisa tidur lebih nyaman karena tidak ada lagi notifikasi dari akun media sosial kamu.

4. Menyerobot antrean

Menyerobot antrian
Menyerobot antrian

Jangan anggap sepele tindakan ini, karena hal ini dapat membuat orang lain menjadi tidak nyaman. Saling menghargai sesama di tempat umum. Jangan sampai kita termasuk orang yang suka menyerobot, ya. Mari kita lestarikan budaya antri di semua tempat seperti, SPBU, rumah sakit, tempat makan dan tempat – tempat lainnya.

5. Tidak mencabut colokan listrik

 

Colokan yang tidak dicabut
Colokan yang tidak dicabut

Seringkali kita terburu – buru pergi, sehingga melupakan hal kecil yang sepele ini. Padahal, mencabut colokan listrik bisa membantu kamu untuk menghemat tagihan listrik di rumah. Peralatan elektronik yang berada dalam posisi stand by, misalnya televisi, perangkat audio, dan sebagainya masih memakan listrik hingga 80% dari daya ketika hidup.  Jadi, jangan anggap sepele tindakan ini, karna hal ini sebenarnya apat membant kamu untuk mengehamt tagihan listrik di rumahmu.

6. Melupakan kata “tolong”, “maaf”, dan “terima kasih”

 

Sopan santun
Sopan santun

Hal sepele lain yang sering sekali kita lupakan adalah mengucapkan kata “tolong” ketika meminta bantuan orang lain, “maaf” ketika melakukan kesalahan, dan “terima kasih” saat kita telah mendapat bantuan dari orang lain, atau mendapat sesuatu dari orang lain. Padahal dengan mengucapkan tiga kata tadi, itu sudah menunjukkan bahwa kita menghargai dan menghormati orang lain. Maka dari itu, sekecil apa pun bantuan yang kita minta, awali dengan “tolong”, sekecil apa pun kesalahan kita, sampaikan permohonan “maaf”, dan sekecil apa pun bantuan ari orang lain yang kita terima, sampaikan “terima kasih”.

Nah, bagaimana ? dari 6 hal sepele di atas, manakah yang paling sering kita lakukan? Mulai dari sekarang yuk, mulai perbaiki dan mulai melakukan hal – hal kecil yang akan membawa perubahan baik bagi diri kita.

 

Tinggalkan Sebuah Balasan