Dewasa ini era digital membawa banyak pengaruh besar dalam kehidupan manusia, termasuk juga bisnis. Untuk mempromosikan bisnis dengan keberadaan internet terutama media sosial, promosi bisnis jadi jauh lebih efektif dan efisien. Berbagai keunggulan yang dibawa media sosial itu banyak menarik perhatian anak muda untuk mengelola bisnis kekiniannya. Salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah instagram, berikut kunci utama agar performa instagram bisnismu lebih meningkat :

  1. Perhatikan Konten yang ingin di Tonjolkan

Sebelum anda membuat akun instagram untuk bisnis anda, sebaiknya fikirkan dulu matang – matang jenis konten apa yang ingin anda terapkan. Hal ini karena banyak sekali jenis konten di instagram misalnya food photography, style, catalog, dan masih banyak lainnya. Selain itu, masih ada juga pecahan konten lagi seperti konten food photography ada foodgramming, food blogging, atau magazine.

  1. Buat foto dan video yang semenarik mungkin

Tidak mungkin menggunakan instagram jika tidak menggunakan visual, visual yang menarik pasti akan lebih meyakinkan target sasaran kalian untuk percaya akan bisnis yang kalian buat. Untuk membuat visual yang menarik itu sendiri kalian bisa menggunakan peralatan seadanya dulu mengingat sekarang sudah banyak smartphone yang memiliki kualitas foto dan video yang full HD. Tetapi kadang kita juga tidak bisa menyangkal kalau menggunakan kamera professional dan pemilihan lensa yang pas akan menghasilkan kualitas visual yang lebih bagus.

  1. Pencahayaan, Komposisi, Orientasi

Dalam pengambilan gambar pada teknik photography, terdapat beberapa teknik dasar yang peru kalian mengerti, diantaranya :

  • Pencahayaan, yang mana bisa berpengaruh sama warna foto atau videomu nanti. Untuk pencahayaan ini terbagi jadi 2; natural atau pakai lampu. Kalau natural berasal dari matahari. Yang paling direkomendasikan sih cahaya pagi atau sore.
  • Di sini kamu dituntut bisa menempatkan objek seproposional mungkin. Bisa di tengah atau di pinggir, tergantung benda-benda lain yang ada di sekitar objek.
  • Orientasi, dimana kamu bisa memilih landscape atau portrait. Ini tergantung dari informasi apa yang mau kamu sampaikan.
  1. Editing

Walau kalian sudah memahami teknik – teknik dasar dalam photography, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan tahapan editing. Editing dilakukan untuk membuat produk lebih menarik lagi. Coba mainkan tone warna atau mungkin untuk menutupi sedikit kekurangan pada produk kamu. Yang perlu diingat adalah jangan terlalu banyak melakukan editing, karena akan terlihat fake dan berujung complain konsumenmu karena produk tidak sesuai dengan gambar.

  1. Cari Referensi

Jangan dulu membenci competitor bisnismu, karena mungkin ada sesuatu yang bisa kamu ambil darinya. Tetapi yang perlu diingat jangan sampai anda melakukan plagiasi atau benar – benar meniru dari referensi – referensi yang kalian dapatkan, cukup adaptasi dari beberapa referensi yang kalian dapat.

Hal lain yang perlu diingat adalah kenali betul – betul target marketmu, karena walau kita sudah membuat konten visual yang keren tetapi tidak sesuai dengan target market justru tidak akan menarik bagi targetmu.

 

Refrensi : https://www.hipwee.com

Tinggalkan Sebuah Balasan