Saat jalan-jalan, rasanya tentu kurang lengkap ya, kalau kita belum menyempatkan untuk membeli oleh-oleh atau buah tangan untuk orang-orang terdekat sepeerti keluarga yang menanti dan menyambut kedatangan kita, setelah berkelana ke luar kota.

Lalu jika kamu jalan-jalan ke kota Malang, camilan apa saja ya yang bisa kamu jadikan buah tangan untuk orang tersayang?

1. Keripik Buah

wisata di malang
keripik apel via keripik.co.id

Buah diolah menjadi sebuah manisan, dodol mungkin sudah biasa ya. Bagaimana kalau buah-buah an diolah menjadi keripik? Mungkinkah terjadi?
Semuanya mungkin terjadi bila kamu berkunjung ke Malang.

Setiap toko oleh-oleh atau tempat khusus oleh-oleh Malang pasti menyediakan camilan khas berupa keripik dan keripik tersebut terbuat dari buah-buah an.

Sebuah kelebihan dari letak geografis Malang yang memungkinkan penduduknya untuk menanam berbagai sayur dan buah. Melimpahnya buah tentu menjadi sebuah permasalahan sendiri ya di sana, sehingga tercetuslah ide untuk membuat camilan berbentuk keripik namun menggunakan berbagai macam buah-buah segar.

Buah apa saja sih yang diolah dan dijadikan keripik? Buah-buah an seperti apel, nangka, salak, kelengkeng, rambutan dan bahkan semangka. Semangka?
Iya, semangka yang mengandung banyak mineral itu bisa diolah menjadi keripik. Wow!

2. Buah Apel

wisata di malang
apel malang via beritadaerah.co.id

Lokasi Malang yang tidak jauh dengan Kota Batu pun membuat di Malang banyak dijumpai buah apel sebagai salah satu buah tangan yang di jual di toko oleh-oleh pinggir jalan.

Ya, apel merupakan buah yang identik dengan Kota Malang. Apa sih bedanya apel batu dan apel di kota Malang? Apel di Kota Malang berjenis apel anna dan apel manalagi. Jika apel batu bertekstur keras dan cenderung berwarna hijau.

Sedangkan apel anna berbentuk sedikit lonjong dengan semburat warna merah dan rasanya lebih asam. Nah, jika apel manalagi berbentuk bulat dengan warna hijau dan rasanya pun lebih manis.

Apel Malang pun mudah kamu jumpai di pedagang oleh-oleh khas Malang, jangan ragu untuk selalu menawar harga apel yang ditawarkan pembeli kepadamu.

3. Sari Buah Apel

wisata di malang
sari apel via panduanhidupsehat.com

Selain diolah menjadi keripik, ternyata buah apel pun diolah menjadi minuman yang berasal dari sari buahnya. Wah…

Tentunya minuman sari buah ini berasal dari buah apel yang sudah dibersihkan dan dipisahkan dari bijinya, kemudian masuk di mesin peras yang akan memisahkan sari buah dari ampasnya.

Bagaimana soal rasanya? Rasanya tentu manis, tetapi tetap ada rasa asamnya. Apalagi jika kamu menyeduhnya setelah menyimpannya di refrigator. Segar sekali, apalagi diminum di tengah cuaca yang panas seperti saat ini.

4. Keripik Tempe

wisata di malang
keripik tempe vi a kartikagrahahotel.com

Selain buah-buahan yang diolah ke berbagai macam olahan, camilan khas Malang yang lain adalah keripik tempe. Ya, hal ini bisa kamu buktikan saat melewati beberapa jalan di Malang, termasuk jalan menuju terminal Gadang apabila kamu dari arah terminal Arjosari Malang.

Banyak sekali toko yang menyediakan oleh-oleh keripik tempe khas Malang dengan berbagai rasa, mulai dari original, rumput laut, balado, BBQ, dan lain-lain.

Ada sebuah perkampungan di Malang yang paling terkenal dan merupakan kawasan industri keripik tempe terbesar, yakni kampung Sanan. Saat kamu berkunjung kesana kamu akan menjumpai hampir dari seluruh warga Sanan merupakan memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan tempe.

Kamu pun bisa berbelanja keripik tempe untuk keluarga besar di sana. Kampung Sanan ini terletak di daerah Belimbing.

5. Pia Mangkok

wisata di malang
pia mangkok via www.piamangkok.com

Jangan salah, ternyata daerah yang terkenal dengan pia atau bakpia itu tidak hanya di Yogyakarta, Malang pun juga punya camilan khas berupa pia. Pia Malang ini disebut dengan pia mangkok.

Pia mangkok ini juga cocok untuk kamu jadikan sebagaii buah tangan dari Malang, karena pia mangkok mampu bertahan selama 2 minggu setelah diproduksi. Jika membeli camilan ini, jangan lupa untuk perhatikan waktu kadaluarsa.

Di mana kamu bisa mendapatkan camilan ini? Salah satu toko yang menjual pia mangkok ini terletak di Jalan Semeru nomor 25. Pia mangkok tersedia dalam beberapa varian rasa, seperti keju, durian, coklat dan kacang hijau.

6. Berbagai Macam Panganan yang Berbahan Dasar Telo Ungu

wisata di malang
repoeblik telo via halomalang.com

Terdapat sebuah tempat makan yang bersebelahan dengan rumah produksinya dan berada di pinggir Jalan Purwodadi No.1 Lawang yang bernama Repoeblik Telo.

Di sana kamu dapat menyantap berbagai menu makanan yang tentunya berbahan dasar dari telo ungu. Apa saja menu yang bisa kamu cicipi?
Kamu bisa mencicipi es krim, bakpao, keripik, pizza, nugget, mie, nasi yang semuanya berbahan dasar telo ungu. Hmm…penasaran kan ingin mencicipinya langsung?

 

Itu dia 6 pilihan camilan khas Malang yang bisa kamu gunakan sebagai referensi sebelum membeli oleh-oleh saat berwisata di Malang. Di antara keenam panganan tersebut apakah ada yang menjadi panganan favoritmu? Ataukah ada yang lain? 🙂

Tinggalkan Sebuah Balasan