Jakarta

Ini dia kota terbesar di Indonesia. Bukan hanya sekedar ibukota politik Indonesia, Jakarta juga merupakan ibukota ekonomi dan finansial bumi pertiwi ini. Jakarta merupakan kota terbesar di  Asia Tenggara, dan merupakan kota terbesar keenam di Dunia.

Jakarta berjumlah penduduk sekitar 9.580.000 jiwa, memiliki luas 740.28 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 14.464.08 jiwa/km2. Kota ini merupakan salah satu kota terpadat di dunia.

Jakarta memilki ikon yang paling terkenal, yiatu Monumen Nasional (MONAS), tidak ada satupun orang Indonesia yang tidak mengatehui ikon ibu kota negara tersebut. Selain itu di Jakarta juga terdapat masjid terbesar di Asia Tenggara bahkan terbesar ke -4 di Dunia, yaitu istiqlal (kemerdekaan).

 

Surabaya

Dan surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia. Ibu kota Jawa Timur ini merupakan gerbang dan kota terbesar di Indonesia timur. Selain besar, ramai, dan padat, surabaya termasuk kota terindah di Indonesia.

Di kota ini , taman-taman penghijauan sangat mudah ditemukan. Hampir seluruh jalanan di tumbuhi pepohonan di kanan kirinya. Kota ini berjumlah penduduk 2.611.506 jiwa, memilki luas wilayah 326.37 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 8,002 jiwa/km2. Surabaya juga merupakan salah satu kota ternyaman di Indonesia

Surabaya juga memiliki sebuah taman kota yang dinamakan taman Bungkul, yang mana Taman Bungkul disebut-sebut menjadi salah satu taman terindah di indonesia.

 

Medan

Horas…itulah sebuah ucapan yang sering di ucapkan oleh warga di kota ini. Kota terbesar di sumatera dan wilayah malaka ini merupakan rumah bagi 2.029.797 warganya. Medan memiliki luas 265.10 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 7,657 jiwa/km.

Kota ini merupakan tempat pertemuan dan tukar pikiran antaraorang-orang batak, melayu, cina dan india. Di dekat kota ini, terdapat danau toba, danau terbesar di Indonesia. Para ilmuwan percaya danau terbentuk dari letusan gunung yang sangat dahsyat sekitar 10.000 tahun lalu.

 

Bandung

Siapa yang tidak tahu dengan kota ini. Kota yang trademark nya sebagai kota fashion ini ternyata merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia, lhoo!! Bandung juga memilki banyak julukan, seperti “Kota Kembang”, “Paris Van Java”, “kota pelajar”, “kota wisata”, dan masih ada banyak lagi.

Kota ini sudah terkenal menjadi tempat wisata sejak tahun 1930-an. Bandung berjumlah penduduk sekitar 2.288.570 jiwa, memilik luas 167.30 km2, dan memiliki kepadatan penduduk skitar 13,679 jiwa/km2.

 

Makasar

Makasar merupakan ibukota dan kota terbesar di provinsi sulawesi selatan. Kota yang dahulunya memiliki nama ujung pandang ini merupakan kota terbesar di sulawesi, serta sebagai gerbang menuju Indonesia Timur.

Di kota ini, terdapat taman rekreasi indoor terbesar di Indonesia, yang bernama Trans studio. Taman rekreasi ini juga merupakan taman rekreasi indoor terbesar di Asia Tenggara, dan juga taman rekreasi terbesar ke tiga di Dunia.

Makassar berjumlah penduduk sebanyak 1,194,583 jiwa, memiliki luas sekitar 199.26 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 5,995 jiwa/km2

 

Semarang

Ibu kota Jawa tengah ini merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Kota yang penduduknya sebagian besar adalah suku jawa dan cina ini berjumlah penduduk sebanyak 1,438,733 jiwa, memiliki luas 373,67 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 3,850 jiwa/km2.

Semarang merupakan salah satu kota yang unik di Indonesia. Berbagai bentuk alam terdapat di kota ini, seperti perbukitan, pantai, pegunungan, dan lain-lain. Kota ini merupakan salah satu peninggalan belanda terpenting di Indonesia.

 

Balikpapan

Balikpapan adalah salah satu kota di kalimantan timur, Indonesia. Balikpapan memiliki penduduk sebanyak 701.066 jiwa, yang merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia. Logo dari kota yang sering disebut kota minyak (banua patra) dan bumi menuutung bagi beruang madu, Maskot balikpapan yang mulai di ambang kepunahan

Nama asli balikpapan adalah billipapan atau balikkappan (logat banjar).

Tinggalkan Sebuah Balasan