Palembang

Palembang adalah kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Kota Medan. Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 358,55 kilometer persegi. Lebih dari 1,7 juta orang tinggal di kota yang berjuluk Bumi Sriwijaya ini. Ikon utama dari kota ini adalah Jembatan Ampera yang khas.

Kota Palembang juga dijuluki Venice of the East atau ‘Venesia dari Timur’ oleh negara-negara barat. Kota ini juga menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kekuatan maritime terbesar se-Asia Tenggara.

Kota pempek ini didirikan pada 16 Juni 682 Masehi, seperti yang tertulis di sebuah prasasti Kedukan Bukit. Keberadaan prasasti tersebut juga mengukuhkan posisi Palembang sebagai kota tertua di Indonesia.

 

Salatiga

Kota Salatiga berdiri sejak 1.267 tahun atau sekitar tahun 750 Masehi. Kelahiran kota kecil ini dituliskan dalam sebuah tulisan yang tertera di sebuah batu andesit dan dikenal sebagai Prasasti Plumpungan. Saat ini prasasti tersebut berada di Desa Kauman Kidul, Sidorejo.

 

Kediri

Kota Kediri sendiri berdiri sejak tahun 879 Masehi, jadi kalau dihitung-hitung usianya tahun ini sekitar 1.138 tahun. Wah, udah tua banget ternyata ya gengs, tapi masih eksis sampai sekarang.

 

Magelang

Magelang menjadi salah satu kota tua yang berada di Jawa Tengah. Kota ini adalah tempat di mana Candi Borobudur, candi Buddha terbesar dunia berdiri. Menurut sejarah, Kota Magelang berdiri sejak 11 April 907 Masehi, dan kini usianya hampir 1.110 tahun.

Magelang kini tumbuh jadi kota yang nyaman untuk ditinggali dan juga punya potensi wisata yang menarik. Beberapa destinasi yang ada di sini misalnya Gereja Ayam Magelang, Hutan Pinus Kragilan, Ketep Pass, Candi Mendut, dan masih banyak lagi.

 

Surabaya

Kota Surabaya konon berasal dari kata Suroboyo yang erat kaitannya dengan cerita mitos yang beredar di masyarakat tentang pertempuran antara suro/sura (ikan) dan boyo/baya (buaya). Kota ini didirikan pada 31 Mei 1293, jadi sekarang usianya sudah mencapai sekitar 724 tahun.

 

Jakarta

Jakarta dikenal sebagai kota terbesar yang ada di Indonesia juga terpadat. Dulunya sebelum menjadi DKI Jakarta, ibukota Indonesia ini dikenal dengan nama Sunda Kelapa, Batavia, dan Jakarta Tokubetsu Shi.

Jakarta sendiri resmi berdiri pada 22 Juni 1527, jadi tahun 20-17 ini usianya sudah mencapai 490 tahun. Usia yang nggak terlalu sedikit, dan diusia ini Jakarta terus berkembang dan berbenah. Banyak tempat-tempat yang dibangun dan dibuat cantik agar orang yang tinggal di dalamnya nyaman. Jangan pikir di Jakarta nggak ada destinasi wisata ya, karena faktanya Jakarta sendiri punya Kepulauan Seribu yang sangat cantik dan indah.

 

Semarang

Laksamana Cheng Ho adalah kasim muslim yang menjadi orang kepercayaan Kaisar Yongle dari Tiongkok. Konon dulu Laksamana Cheng Ho ini pernah datang dan berlabuh di Kota Semarang, dan bahkan sampai saat ini peristiwa tersebut terus dikenang dengan berdirinya Patung Cheng Ho di Sam Po Kong.

Semarang sendiri menjadi salah satu kota bersejarah yang kini tumbuh jadi kota besar dengan berbagai pilihan destinasi wisata yang menarik. Mulai dari wisata fitigenik, sejarah, budaya, kuliner hingga alam. Semarang didirikan pada 2 Juni 1547 Masehi dan tahun ini akan genap berusia 470 tahun.

 

Tinggalkan Sebuah Balasan