Kita semua tentu tidak akan merasa asing lagi dengan buah yang bernama semangka. Bahkan kebanyakan dari kita tentu pernah merasakan buah ini. Semangka (Citrullus lanatus) adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh merambat yang berasal dari daerah Afrika bagian selatan. Rasanya yang manis, menjadikan buah semangka ini biasa disajikan sebagai hidangan pencuci mulut. Buah semangka juga biasa diolah menjadi jus atau aneka minuman menyegarkan lainnya. Dari sekian banyak kandungan atau gizi yang terdapat dalam buah semangka. Tentu saja membuah buah semangka tersebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia termasuk manfaatnya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut ini akan disebutkan dan dijelaskan mengenai manfaat semangka untuk ibu hamil dan janin yang sehat :

Mengurangi Pembengkakan pada Ibu Hamil

Selama masa kehamilan maka sengat sering terjadi gangguan kehamilan umum seperti pembengkakan ringan yang terjadi pada tangan dan kaki, kondisi biasa disebut edema. Kandungan air yang terdapat dalam semangka menjadikan buah ini mampu mengurangi penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah dan otot, sehingga mampu mencegah edema yang terjadi.

Mencegah Dehidrasi

Tahukah anda bahwa dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil dapat berakibat sangat fatal? Salah satu akibatnya adalah kontraksi prematur atau mampu menyebabkan kelahiran prematur. Semangka mengandung 90% air, sehingga manfaat semangka untuk ibu hamil dapat mencegah dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil.

Mengatasi Morning Sicknes

Morning sickness muncul sebagai tanda-tanda kehamilan awal. Mengkonsumsi buah semangka secara teratur di pagi hari akan memberikan efek semangat ketika memulai hari saat terjadi morning sickness. Hal ini ditimbulkan dari rasa segar dan menenangkan yang berasal dari buah semangka. Manfaat semangka untuk ibu hamil, mengandung energi dan gizi yang bermanfaat bagi tubuh, serta mencegah keluhan seperti ini pada ibu hamil.

Mencegah Pigmentasi

Pigmentasi adalah masalah yang sering terjadi pada kulit ibu hamil. Namun buah semangka dapat memperlancar pencernaan makanan dan menjaga gerakan dari usus halus, dimana kondisi tersebut cukup berpengaruh terhadap kondisi kulit. Dengan mengkonsumsi buah semangka maka pigmentasi dapat berkurang atau kulit ibu yang sedang hamil dapat tetap halus. Khasiat ini juga ditemui pada manfaat melon untuk ibu hamil yang menangani masalah pencernaan.

Mencegah Pencernaan

Sering kali ibu hamil mengalami permasalahan pada pencernaan yang tidak baik, yang biasa terjadi adalah munculnya rasa mual dan juga asam lambung. Namun buah semangka dapat mengatasi keluhan atau permasalahan tersebut yang terjadi pada ibu hamil.

Mendukung Pembentukan Tulang Janin

Buah semangka diperkaya juga dengan kalium, di mana kalium itu sendiri berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Hal ini akan menjadikannya sangat bermanfaat dalam proses pembentukan tulang janin dan menguatkan persendian pada tubuh ibu menjadi lebih sehat dan lebih kuat. Kandungan kalium yang kaya ini juga terdapat pada manfaat mangga untuk ibu hamil.

Menjaga Sistem Imunitas

Vitamin C yang terkandung dalam buah semangka menjadikan buah semangka ini mampu membantu meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil.  Hal ini tentu sangat baik untuk membuat tubuh tidak mudah sakit di saat kita berada pada cuaca yang ekstrim atau saat perubahan cuaca yang tidak menentu.

Tinggalkan Sebuah Balasan