Mumpung jalan-jalan ke Malang, bagaimana jika plesiran ke daerah utara dan mencicipi wisata Kota Batu?

Kota Malang sendiri sangat dekat dengan Kota Wisata Batu, berapa lama sih jarak antara kedua kota ini? Hanya sekitar 30 menit jika menggunakan roda dua maupun roda empat, dengan catatan nggak macet ya. hihi

Hayo, siapa yang selama ini masih mengira jika Kota Wisata Batu merupakan bagian dari Malang?
Oh, masih ada yang mengira demikian? Hihi, yaudah, nggak apa-apa.

Tahu nggak sih, memang benar Kota Wisata Batu merupakan bagian dari Malang, tetapi itu dulu, namun sejak 13 tahun yang lalu Kota Wisata Batu memisahkan diri dari Malang dan berdiri sendiri. Akhir-akhir ini makin banyak objek wisata yang dibangun di Kota Batu dan makin ramai oleh wisatawan setiap harinya. Apalagi kalau weekend atau long weekend, jalanan menuju kesana bisa macet.

Ada wisata apa saja sih di Kota Batu sehingga menarik banyak wisatawan untuk berkunjung kesana?

1. Alun-alun Kota Batu

wisata kota batu
alun-alun KWB via www.wisatajatim.info

Kota Batu juga punya alun-alun dong, letaknya persis di tengah-tengah persimpangan jalan dan menurut saya agak tersembunyi sih. Alun-alun Kota Batu punya ciri khas yang berbeda dari alun-alun di daerah lain, banyak patung besar seperti buah apel dan sapi menghiasi alun-alun.

Selain itu juga terdapat air mancur dan bianglala, lumayan lho, hanya dengan membayar tiket tidak sampai Rp 10ribu per orang kamu bisa menikmati indahnya Kota Batu dari atas ketinggian. Jika kamu berkunjung kesana pagi atau siang hari, kamu bisa menyempatkan waktumu untuk membeli susu murni atau yogurt di depot susu Nandhi Murni atau depot Ganesha yang di seberang alun-alun.

Jika berkunjung kesana pada sore atau malam hari, kamu pun bisa mengisi perut di warung kuliner Pos Ketan Legenda yang lokasinya tidak berjauhan dengan depot susu Nandhi Murni atau depot susu Ganesha.

2. Bukit Paralayang dan Rumah Pohon

wisata kota batu
omah kayu via liburanbatu.com

Agak jauh dari pusat kota terdapat sebuah bukit yang digunakan untuk bermain paralayang di saat pagi sampai sore hari, bukit ini dinamakan bukit paralayang. Meskipun kamu tidak bermain paralayang tetapi kamu tetap diperbolehkan untuk datang kesini. Pemandangan yang ditawarkan saat malam hari pun indah sekali, kamu bisa menikmati kerlip lampu daerah Songgoriti dari kejauhan dan tentunya bintang-bintang yang bertaburan.

Tidak jauh dari situ, terdapat sebuah cottage atau penginapan yang berkonsep rumah pohon, kamu bisa menyempatkan untuk mampir dan foto selfie sesuka hati dengan membayar tidak sampai Rp 20ribu saja, tetapi kamu hanya bisa melakukannya di pagi atau siang hari saja dan penginapan rumah pohon ada yang kosong alias tidak ada yang menginap.

3. Wisata Payung

wisata payung
wisata payung via surabaya.panduanwisata.id

Setelah turun dari bukit paralayang, kamu pun bisa mampir makan di wisata payung. Wisata payung ini terdapat di perbatasan antara Kota Batu dan Pujon, Kabupaten Malang. Wisata payung hanya berupa warung-warung kecil yang terletak di pinggir jalan.

Daerah ini memang terkenal dengan kulinernya, seperti jagung bakar dan sate kelinci. Saat kamu beruntung dalam memilih warung, kamu pun bisa menikmati hidangan yang kamu pesan sembari menikmati pemandangan Songgoriti malam hari.

4. BNS atau Batu Night Spectacular

wisata kota batu
BNS via kfk.kompas.com

BNS atau Batu Night Spectacular ini merupakan tempat hiburan yang hanya buka saat malam hari hingga dini hari. Di sana terdapat banyak wahana permainan, mulai dari jet coaster sampai rumah hantu. Bagi kamu yang tidak suka permainan ekstrim, kamu pun bisa menikmati taman lampion yang ada di dalam area BNS.

Untuk masuk ke BNS hanya dikenakan tarif tidak lebih dari Rp 20ribu, tetapi kamu harus membayar tiket lagi jika ingin naik wahana permainan yang tersedia.

5. Museum Angkut

wisata kota batu
museum angkut via ww.enjoymalang.com

Whoah… objek wisata ini cocok untuk kamu yang suka foto dan selfie. Museum angkut hampir mirip seperti Universal Studio yang di luar negeri, setiap bagian memiliki tema sendiri, misalnya tema London, Italia, atau Hollywood.

Museum Angkut ini mulai buka pada pukul 12.00 siang dan tutup sampai malam. Lebih disarankan untuk datang kesini sore hari, kenapa?
Karena sebagian museum angkut merupakan outdoor, jika datang kesini tengah hari, wah kebayang dong panasnya. Satu hal lagi yang tidak boleh kamu lewatkan, untuk hari tertentu terdapat parade festival di dalam area Museum Angkut dan yang pasti hanya ada saat sore sampai malam hari.

6. Jatim Park 1 dan 2

wisata kota batu
museum satwa dan batu secret zoo via kabardunia.com

Tidak jauh dari Museum Angkut terdapat taman hiburan lain, yakni Jatim Park 1, Museum Satwa, Secret Zoo, Eco Greenpark. Wih, banyak sekali ya…

Museum Satwa, Secret Zoo, Eco Greenpark berada di lokasi yang sangat berdekatan, terdapat tiket terusan jika kamu ingin bermain di sana, tetapi taman hiburan ini lebih cocok jika kamu mengajak anak-anak. Jika kamu ingin wisata dengan bermain permainan yang menantang seperti di Dufan, kamu bisa memilih Jatim Park 1. Taman hiburan ini cocok untuk remaja dan dewasa.

7. Selecta

wisata kota batu
selecta via batuvilla.com

Selecta adalah objek wisata yang konon katanya sudah ada sejak penjajahan Belanda. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 25ribu per orang, kamu bisa menikmati fasilitas seperti kolam renang dewasa dan anak-anak, jogging track, pemandian air panas, menunggang kuda, dan menikmati hamparan taman bunga.

Psstt… taman bunga mekar dengan indah hanya di bulan tertentu, mulai bulan Oktober hingga Desember. 😀

 

Gilak, ternyata banyak juga ya tempat wisata yang berada di Kota Batu. Sepertinya jika ingin jalan-jalan kesana tidak cukup hanya sehari, untung Kota Wisata Batu lokasinya tidak jauh dari Kota Malang, jadi kamu tetap bisa menginap di Kota Malang. 😀

Tinggalkan Sebuah Balasan