Saat puasa Ramadhan, asupan nutrisi dapat berkurang jika dibandingkan saat tidak sedang berpuasa. Tubuh yang tak mendapat asupan makan dan minum selama lebih dari 12 jam menjadikan tubuh akan terasa lesu. Di saat yang bersamaan bisa jadi kulit akan lebih kering, kusam, bahkan bukan tak mungkin lebih sensitif dari biasanya. Padahal kita tetap harus melakukan aktivitas di luar rumah ruangan. Paparan sinar matahari, debu, dan polusi akan memperburuk kulit kita, di samping karena kekurangan nutrisi. Jangan sampai di hari Lebaran nanti, kulit Anda justru terlihat lebih kusam atau bermasalah. Tetapi jangan terlalu khawatir, Anda masih bisa tetap cantik saat puasa dengan mengikuti tips berikut ini.

  • Menjaga Asupan Cairan

Ketika berpuasa, tubuh akan tidak akan mendapatkan asupan cairan lebih dari 12 jam. Hal ini tidak hanya membuat tubuh kekurangan cairan, tapi juga membuat kulit tidak terhidrasi dengan baik. Usahakan dari waktu berbuka puasa hingga sahur, cukupi kebutuhan cairan anda dengan minum 2,25 liter air. Atau dapat juga dengan menggunakan rumus 2-4-2, dua gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur.

  • Maksimalkan Nutrisi

Saat berbuka dan sahur, pilihlah makanan yang memiliki nutrisi yang tinggi dan kaya akan protein seperti kacang – kacangan, omega-3 dari alpukat, vitamin, dan juga serat. Selain itu pastikan anda juga banyak mengonsumsi buah – buahan segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan dapat ditambahkan yoghurt untuk perncernaan dan juga kulit. Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung air, karena selain dapat memberikan nutrisi untuk kulit, buah yang mengandung banyak air akan memberikan cairan yang dibutuhkan tubuh.

  • Gunakan Pelembab badan

Body lotion atau body butter sangat penting untuk mengembalikan kelembaban kulit setelah minyak alaminya tersapu sabun dan air ketika mandi terlebih ketika berpuasa. Maka dari itu untuk kalian yang kulit kering, gunakanlah pelembap kulit yang mengandung dimethicone, sodium PCA, shea butter, panthenol, dan cyclopentasiloxane. Bahan-bahan ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengatasi masalah kulit kering. Sementara untuk kulit normal, anda dapat menggunakan pelembap dengan kandungan cylomethicone. Dan bagi anda yang memiliki kulit berminyak, bisa menggunakan pelembap kulit dengan berbahan dasar air. Untuk tabir surya, gunakan krim pelindung yang bertuliskan broad-spectrum. Tabir surya seperti ini biasanya memberikan pelindungan kulit terhadap sinar UVA dan UVB.

  • Jangan Lupa Pelembab Bibir

Selain badan, jangan lupa dengan kelembapan bibir karena selama berpuasa bibir juga akan kering. Tapi yang perlu diingat, jangan pernag jilat atau mengelopek kulit bibir. Karena Saliva atau air ludah mengandung enzim yang bisa mendegradasi kulit bibir yang tipis. Lebih baik anda menggunakan lip balm yang tidak berasa dan berbau, agar tidak menggoda untuk dijilat dan berisiko membatalkan puasamu.

  • Menjaga Kebersihan Tubuh

Setelah seharian beraktivitas, jangan malas untuk membersihkan tubuh dan wajah. Untuk badan, gunakan air yang tidak terlalu panas agar kelembapan kulitmu tetap terjaga. Anda bisa juga menggunakan body scrub seminggu sekali untuk membuang kulit mati. Untuk wajah gunakan pembersih yang berbahan ringan.

  • Berolahraga Ringan

Sore menjelang berbuka adalah waktu yang tepat untuk berolahraga karena cairan tubuh yang keluar akan segera terganti ketika berbuka. Pilih olahraga ringan seperti jogging, jalan santai, atau bersepeda. Olahraga sore juga bisa menjadi ajang ngabuburit bersama teman.

  • Istirahat yang Cukup

Walaupun waktu beristirahat berkurang dibulan puasa karena harus bangun untuk sahur dan menjalankan ibadah dimalam hari, tetapi usahakan untuk tetap beristirahat yang cukup agar tubuh dan kulitmu cukup untuk recovery dan meregenerasi diri. Jangan biasakan begadang karena jika tidak cukup tidur membuat kulit Anda tampak lelah dan lebih tua terutama di sekitar mata.

Tinggalkan Sebuah Balasan