Saat masih duduk di sekolah menengah, belajar menggunakan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) bahkan belajar di pagi hari sebelum menjalani sebuah tes masih bisa kamu lakukan dengan baik. Tetapi ketika kamu sudah memasuki bangku kuliah?

Semuanya akan terasa berbeda, kamu tidak akan lagi bisa melakukan cara lama seperti SKS. Kamu harus segera mencari cara belajar lain yang sekiranya dapat membantumu untuk sukses dalam kuliahmu.

Berikut ini adalah tips belajar mahasiswa yang juga dapat kamu lakukan untuk meraih sukses.

1. Disiplin

mahasiswa
kehidupan saat kuliah via studenthousingmatters.com

Okay, mungkin ini terdengar klasik ya, tetapi tidak ada salahnya kamu membuat jadwal kuliahmu, hal ini akan membantumu untuk menghindari melewatkan kelas mata kuliah yang kamu ambil. Mencatat jadwal kuliah yang detail juga akan selalu mengingatkanmu untuk segera menyelesaikan tugas kuliah. Jangan cuma nongkrong atau bermain dengan gadget seharian. It’s wasting time…

2. Menyusun target

mahasiswa
menyusun target via www.pinterest.com

Kamu pun bisa menyusun sebuah target dengan menulisnya di buku agenda atau di mana pun. Buatlah sebuah target harian atau mingguan. Target-target kecil inilah yang akan membantumu untuk meraih target besar yang ada di masa depan.

Dan setiap minggu pun kamu dapat mengevaluasi setiap targetmu, apa saja yang sudah berhasil kamu lakukan atau capai, lalu apa saja yang belum.

Selain target dalam belajar, kamu juga dapat membuat target lain untuk kegiatan non-akademis, seperti olahraga, blogging, pekerjaan, dll.

3. Meluangkan waktu untuk bimbingan belajar

mahasiswa
bimbingan belajar via www.daytonastate.edu

Jika kamu mengalami kesulitan dalam belajar, kamu boleh lho bergabung pada kelas bimbingan yang biasanya ditawarkan di setiap program studi, biasanya sih gratis.

Bagaimana jika tidak ada bimbingan belajar tambahan? Kamu bisa menghubungi dosen yang mengisi mata kuliah tersebut. Pastikan dosen memiliki waktu luang untuk memberimu bimbingan. Dan jika kamu tidak punya waktu untuk menemui dosen untuk bimbingan? Kamu dapat menghubunginya dengan sopan untuk meminta bimbingan tambahan.

Biasanya jika mahasiswa peduli dan terlihat antusias dengan belajar, dosen mana toh yang tidak luluh dengan usaha mahasiswanya? Kemungkinan peluang kamu diberi bimbingan tambahan adalah besar.

4. Belajarlah setiap hari

mahasiswa
belajar via maisha.gradstate.com

Belajar nggak hanya saat kamu pergi ke kampus atau sedang ada kuliah aja. belajar itu seharusnya setiap hari. Katanya ingin sukses dalam pendidikan? Jangan malas ya..

5. Menulis ulang catatan

mahasiswa
mencatat via theatlantic.com

Biasa saat kelas berlangsung ada dosen yang menawarkan kepada mahasiswa untuk meng-copy file yang ia buat, isinya berupa materi pada hari itu. Lalu bagaimana jika dosen yang mengajar adalah tipe orang yang tidak suka menyusun file yang berisi materi?

Mau tidak mau kamu harus mencatat dan kadang dosen berbicara sangat cepat otomatis membuat tulisanmu berantakan dan mungkin sulit dibaca. Luangkan waktu setelah kelas selesai untuk menulis ulang, hitung-hitung untuk mengulang hal-hal apa saja yang kamu pelajari di kelas tadi.

6. Luangkan waktu untuk belajar materi yang akan dibahas di kelas nanti

mahasiswa
belajar via www.intohigher.com

Tidak ada salahnya kamu mempelajari topik yang akan dibahas dalam kelas yang kamu ambil esok hari. Istilahnya kamu ‘nyuri start’, hal ini akan membantu kamu semakin memahami topik yang dibahas.

Dan tentunya membuatmu selangkah lebih maju dari teman-teman sekelasmu yang lain.

7. Matikan semua program yang dapat menganggu konsentrasi belajarmu

mahasiswa
matikan smartphone via felixidea.com

Alangkah baiknya kamu tidak menyalakan televisi, internet, radio, apalagi smartphone. Biasanya konsentrasi belajar akan langsung buyar ketika kamu mendapat sebuah notif pemberitahuan dari gadget kamu, ya kan?

8. Jangan lupa untuk istirahat

mahasiswa
olahraga via www.campbell.edu

Saat kamu masih duduk di bangku sekolah menengah, mungkin kamu menyelesaikan semua tugas-tugasmu sepanjang waktu. Setelah masuk dalam bangku kuliah, alangkah baiknya kamu tidak lupa meluangkan waktu untuk istirahat.

Misalnya nih, mengerjakan tugas selama 1-2 jam lalu istirahat dan melakukan hal-hal produktif lain seperti olahraga dan blogging lalu kamu melanjutkan mengerjakan tugas lagi. Jangan terlalu memforsir tenaga dan pikiranmu untuk ngerjain tugas melulu ya. Otak juga butuh untuk istirahat.

 

Banyak oran yang ingin sukses dalam pendidikannya di bangku kuliah, tetapi tidak ada cara instan untuk meraihnya. Sebenarnya ada banyak cara positif untuk meraih kesuksesan akademik, salah satunya adalah cara-cara di atas. Apakah kamu memiliki cara lain untuk meraih kesuksesan di bidang akademik?

Tinggalkan Sebuah Balasan