Membaca merupakan hal yang bisa kita lakukan selain bermain gadget. Di post sebelumnya juga sudah dibahas mengenai bagaimana membaca dan menonton dapat mempengaruhi otak kita, baca artikelnya disini. Nah, di artikel kali ini akan dibahas alasan mengapa harus membaca.

alasan mengapa harus membaca

1. Membaca bagus untuk otak

Pada sebuah penelitian, membaca memang terbukti dapat membuat kita lebih cerdas. Membaca juga dapat meningkat kan kemampuan pada bagian otak yang berhubungan dengan bahasa, ada juga peningkatan aktivitas di daerah motorik sensorik otak, dikarenakan pembaca yang merasa mengalami sensasi seperti tokoh utama. 300 tahun yang lalu, Joseph Addison mengatakan bahwa “Reading is to the mind what exercise is to the body.” Bahkan sebelum dilakukan penelitian tersebut, Joseph Addison sudah tau ya manfaat membaca, jadi alasan mengapa harus membaca tidak diragukan lagi ya. Wow.

2. Membaca meningkatkan kemampuan berkomunikasi

    Ini juga bisa jadi alasan mengapa harus membaca yang kuat, yaitu meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Kalian suka kehilangan topik untuk membicarakan sesuatu dan merasa canggung? Nah, membaca bisa jadi solusinya nih. Karena dengan membaca kamu bisa mendapat ide topik baru, kosa kata baru dan bagaimana menggunakan kalimat yang baik dan benar. Membaca juga bisa mengajarkan bagaimana mengeja kata dengan benar.

3. Membaca membuatmu memecahkan masalah dan menciptakan ide-ide baru

    Kamu membaca buku-buku misteri seperti buku Agatha Christie, atau Arthur Conan Doyle? Kalau kamu penggemar mereka, kamu pasti sering menerka-nerka siapa dibalik pembunuhan atau kasus yang sedang diselidiki bukan? Nah, dengan menerka-nerka itu kamu akan terbiasa mendapatkan pola, ide baru dari informasi yang didapatkan, hingga kamu dapat memecahkan sebuah masalah dan merasa sebagai detektif tersebut.

4. Mendapatkan informasi dan pengetahuan baru

    Alasan mengapa harus membaca selanjutnya adalah, mendapatkan informasi dan pengetahuan baru. Yup! Sangat menyenangkan ya! Selain membaca adalah hiburan, dan membantu kita bersantai, ternyata membaca juga memberi kita informasi dan pengetahuan baru. Mungkin kamu bisa kehilangan apapun yang kamu miliki, pekerjaan, bahkan uangmu, tapi tidak ada yang bisa menghilang kan ilmu milikmu.

5. Membaca membuatmu bersikap lebih baik

    Mengapa membaca juga membuatmu bersikap lebih baik? Karena dari banyak buku yang kamu baca dan telah melalui seluruh jalan pikir dari karakter buku itu, dan semua alasan-alasan mengapa mereka melakukan hal-hal yang menurutmu buruk untuk dilakukan, kamu mulai menyadari suatu hal. Bahwa semua yang dilakukan oleh seseorang pastilah memiliki suatu alasan dibaliknya, dan kamu mulai memahami sikap-sikap teman mu, meskipun terkadang sikap mereka kurang baik.

Jadi, yuk membaca!

Source : getunbound.org, lifehack.org

Tinggalkan Sebuah Balasan