Petir sering kali menimbulkan korban nyawa karena sambarannya. Tak hanya korban nyawa, tak jarang sambaran petir menimbulkan kebakaran. Petir seringkali diawalai dengan kilat terlebih dahulu. Bahkan orang -orang dulu ketika terjadi kilat sering mengatakan pada anak-anaknya bahwa mereka sedang di foto dari langit. Lucu bukan? Lalu apa yang sebenarnya terjadi ketika petir menyambar?

petir

Proses Terjadinya Petir

Petir sering terjadi karena adanya perbedaan potensial antara awan dan bumi ataupun awan satu dangan awan lainnya. Untuk lebih detailnya proses terjadinya petir adalah sebagai beirkut :

  1. Proses terjadinya muatan awan ini karena awan tersebut selalu bergerak secara terus menerus. Selama pergerakan ini, muatan awan negatif ini akan ebrkumpul di salah satu sisi, dan muatan positif berada di sisi lain.
  2. Terjadi pembuangan muatan negatif karena adanya perbedaan potensial antara awan dan bumi yang cukup besar. Pembuangan muatan negatif ini, melalui media udara.
  3. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara yang kita dengar sebagai suara yang menggelegar.

Petir ini akan terjadi pada saat hujan, karena ketika hujan daya isolasi udara akan menurun sehingga arus listrik lebih mudah mengalir.

Dampak Petir

Seperti yang diketahui, suara petir yang menggelegar seringkali mengejutkan kita. Tak jarang anak-anak yang mendengarkan suara petir yang menggelegar tersebut membuat anak-anak menjadi ketakutan. Bahkan, sering kali kita mendengar berita kematian yang disebabkan karena tersambar petir. Beberapa dampak yang disebabkan petir ini memberikan beberapa efek, diantaranya sebagai berikut :

1. Efek LIstrik

Petir dapat menimbulkan efek listrik untuk manusia. Ketika arus petir melalui kabel penyalur (konduktor) menuju resistansi elektroda bumi instalasi penangkal petir, akan menimbulkan tegangan jatuh resistif. Arus petir juga akan menimbulkan tegangan yang tinggi disekitar elektroda bumi yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup.

2. Efek Tegangan Tembus – Samping

Titik sambaran petir pada sistem proteksi petir bisa memiliki tegangan yang lebih tinggi terhadap unsur logam didekatnya, sehingga hal ini dapat menimbulkan resiko tegangan tembus dari sistem proteksi petir yang telah terpasang menuju struktur logam lainnya. Efek tegangan tembus ini dapat menyebabkan resiko yang sangat berbahaya bagi isi dan juga kerangka struktur perangkat bangunan.

3. Efek Thermal

Sambaran petir juga menyebabkan efek thermal. Efek thermal pelepasan muatan petir terbatas pada kenaikan temperatur konduktor yang dilalui arus petir yang besar, waktunya sangat singkat dan pengaruhnya pada sistem proteksi petir juga diabaikan.

Itulah tadi penyebab dan dampak petir, nah usahakan kita memasang penangkal petir di rumah, ya..

Sumber : https://ilmugeografi.com

Tinggalkan Sebuah Balasan