Rahasia Buah Anggur

Buah anggur

sangat baik dikonsumsi dalam keadaan segar maupun kering. Buah ini dapat menyuplai gizi yang melimpah, mudah dicerna dan dapat menggemukan badan. Selain itu, anggur juga banyak mengandung senyawa polifenol dan resveratol yang berperan dalam sistem metabolisme tubuh. Buah ini juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Namun, sama halnya dengan buah apel, buah anggur ini rentan sekali terkena pestisida karena petani – petani anggur menggunakan pestisida untuk membunuh hama yang dapat merusak buah anggur. Oleh karena itu, sebelum makan anggur pastikan untuk mencucinya sampai benar – benar bersih dari pestisida dan bakteri yang menempel.
Tapi, ada kandungan lain yang terdapat pada buah anggur yang sangat membahayakan kesehatan. Terdapatnya kandungan logam berbahaya pada anggur merah dan putih. Bahkan menurut penelitiannya kandungan logam tersebut melebihi ambang batas. Penelitian tersebut dilakukan di 16 negara berbeda, penelitian tersebut dipimpin oleh Profesor Declan Naughton dan Dr. Andrew Petroczi menemukan tujuh jenis logam yaitu chromium, mangan, timbal, vanadium, nikel, tembaga dan zink. Ambang batas logam tersebut yaitu 1,0 THQ untuk setiap 250 ml anggur, sedangkan kandungan logam yang terdapat pada buah anggur melebihi batas tersebut. Jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus maka akan menyebabkan penyakit pada otak mulai dari parkinson hingga kanker.

Selain hal yang sudah dijelaskan diatas, bahaya buah anggur lainnya adalah :

  1. Mempengaruhi berat badan
    Pada dasarnya buah anggur ini merupakan buah yang rendah kalori. Masalah yang muncul adalah ketika mengkonsumsi buah anggur dalam jumlah yang sangat banyak maka jumlah kalori yang kita konsumsi pun akan semakin meningkat. Terlalu banyak jumlah kalori yang kita konsumsi maka akan berpengaruh terhadap pertambahan berat badan pada tubuh kita.
  2. Kelebihan karbohidrat
    Dalam ukuran batas normal jumlah karbohidrat yang harus kita cukupi maksimal 65 persen dari jumlah kalori yang kita konsumsi. Anggur merupakan salah satu buah yang juga mengandung karbohidrat cukup tinggi. Itulah mengapa mengkonsumsi anggur dalam jumlah yang berlebihan sama saja dengan mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak. Semakin banyak buah anggur yang kita konsumsi maka semakin banyak pula jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh kita.
  3. Menyebabkan masalah pada usus
    Mengkonsumsi buah anggur dalam jumlah yang pas tentunya akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun salah satu efek samping buah anggur bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak adalah akan membuat masalah pada usus. Hal ini karena dengan jumlah buah anggur yang kita konsumsi sangat banyak maka sama saja dengan menambah beban kerja dari usus kita.
  4. Menyebabkan alergi
    Dalam beberapa kasus, terlalu banyak mengkonsumsi buah anggur juga akan menyebabkan munculnya alergi. Buah anggur merupakan salah satu jenis makanan penyebab alergi gatal. Alergi ini muncul ditandai dengan timbulnya bercak merah pada kulit, kulit menjadi gatal – gatal, bersin – bersin, dan gejala lainnya. Dalam kasus lebih berat alergi ini akan menyebabkan sulitnya bernafas. Alergi ini selain disebabkan oleh jumlah buah anggur yang terlalu banyak kita konsumsi juga bisa disebabkan oleh pestisida pada buah anggur dan juga ragi atau jamur pada buah anggut tersebut.

Tinggalkan Sebuah Balasan