Buah Apel

Buah apel ini sudah terkenal semenjak jaman dahulu hingga sekarang. Dengan warna buah yang cantik dan rasanya yang manis, buah ini disukai oleh semua usia baik anak – anak hingga orang tua. Selain rasanya yang manis dan cantik, ternyata buah apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak heran jika banyak yang merekomendasi untuk mengkonsumsi buah apel satu buah perhari setiap hari untuk menghindarkan Anda dari berbagai penyakit. Pernyataan ini bersumber dari sebuah berita European Journal of Cancer Prevention menyebutkan bahwa hasil penelitian di Polandia terhadap 592 pasien kanker koloreaktal dan 765 pasien sehat. Dengan mengkonsumsi satu buah apel setiap hari secara rutin mampu mengurangi berkembangnya kanker kolorektal.
Namun dibalik manfaatnya yang tidak terhingga, jika dikonsumsi secara berlebihan akan merusak kesehatan gigi. Bahkan resiko yang ditimbulkan lebih besar dari pada Anda minum minuman bersoda.  Hal itu dikarenakan buah apel mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi. Bahkan dalam satu buah apel jika dibandingkan setara dengan 4 sendok gula pasir. Selain kandungan gulanya yang terbilang tinggi, buah apel juga mengandung zat asam cukup tinggi yang dapat menaikan tingkat keasaman mulut. Apabila Anda terlalu sering mengkonsumsi buah apel maka lambat laun gigi Anda akan keropos dan rapuh.

Jadi

Untuk mengurangi resiko kerusakan gigi, biasakan menggosok gigi sebelum memakan buah untuk membentengi gigi dari zat yang merusak gigi dan biasakan untuk minum air putih setelah mengkonsumsi buah untuk menghilangkan zat – zat sisa buah yang menempel pada gigi. Selain itu, jika buah tersebut di jus, Anda dapat minum melalui sedotan, sehingga jus tersebut tidak mengenai gigi Anda.
Selain dari bahaya diatas, ada hal lain yang harus Anda waspadai. Anda harus pastikan buah apel tersebut baru dipetik. Bagaimana mungkin, jika didaerah tempat tinggal kita tidak ada tanaman apel, apalagi kita mendapatkan apel dari swalayan yang menjual berbagai macam jenis buah. Karena buah apal sangat rentan sekali terhadap penggunaan pestisida untuk mempertahankan kesegarannya. Pestisida merupakan zat berbahaya bagi kesehatan, jika tanpa sadar kita mengkonsumsi maka akan berdampak terhadap gangguan hormon dan kemunduran IQ pada anak –anak, kerusakan saraf dan menyebabkan kanker. Untuk mengurangi dan menghindari bahayanya Anda dapat mencuci buah apel agar benar – benar bersih atau dengan mengupas kulitnya.
Bagian yang paling berbahaya lagi adalah bijinya. Menurut para ilmuwan, biji apel mengandung senyawa sianida yang dapat menyebabkan kematian. Namun belum dipastikan berapa jumlah biji yang termakan sehingga dapat menyebabkan kematian.

Tinggalkan Sebuah Balasan