Tomat Hijau

Tomat memiliki rasa manis keasaman. Biasanya kita memanfaatkan tomat ini sebagai tambahan bumbu pada masakan, sedangkan tomat merah dibuat minuman seperti jus. Manfaat mengkonsumsi buah ini juga telah sering diberitakan didunia maya seperti memperlancar sistem pencernaan, membantu memulihkan fungsi liver, menyembuhkan penyakit kolera, membantu mengurangi resiko kanker prostat dan sebagainya.
Namun, berbeda dengan tomat muda, siapa yang menduga jika tomat muda mengandung zat citropin dan solanin yang beracun. Gejala yang ditimbulkan adalah mulut seperti terbakar, sakit pada perut, mual dan muntah.
Pastikan Anda mengkonsumsi buah tomat hijau yang telah matang untuk menghindarkan bahaya racun yang terkandung didalamnya. Jika tomat tersebut telah matang maka kandungan solaninnya akan berubah menjadi solanidin yang tidak berbahaya bagi kesehatan.

Selain hal di atas tomat juga memiliki hal negatif lainnya :

1. Peningkatan asam lambung

Tomat mengandung asam dalam jumlah yang tak sedikit dan itu berarti banyak. Sehingga apabila anda mengkonsumsi terlalu banyak tomat akan terjadi kenaikan asam lambung pada tubuh anda, yang akhirnya akan menyebabkan sakit maag atau penyakit gastroesphageal. Dan selain itu, seperti yang ditulis di atas, dinding esofagus pada tubuh anda akan rusak akibat kandungan asam pada tomat yang terlalu banyak.

2. Menurunkan imunitas tubuh

Kandungan pigmen karotenoid atau yang disebut dengan lycopene yang terdapat pada tomat akan dapat memenuhi tubuh anda yang akhirnya akan menyebabkan sistem imunitas tubuh anda menurun. Hal itu akan terjadi bila tomat dikonsumsi secara berlebihan.

3. Terjadi masalah pencernaan

Selain menurunkan imunitas tubuh dan meningkatkan asam lambung, mengkonsumsi tomat secara berlebih juga bisa menggangu kelancaran pencernaan dalam tubuh anda yang akhirnya akan menyebabkan penyakit seperti sakit perut atau terdapat banyak gas didalam perut anda.

4. Dapat memicu IBS “Irritable Bowel Syndrome”

Tomat juga mengandung antioksidan likopen yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain menyebabkan masalah pada usus anda, juga dapat menimbulkan masalah penyakit yang lainnya seperti gas perut, kembung, mual, muntah, diare, gangguan pencernaan dan lain sebagainya.

5. Dapat membentuk batu ginjal

Sayuran yang mengandung zat nutrisi lutein, protein, serat, mineral, dan berbagai vitamin ternyata juga dapat menyebabkan batu ginjal. Namun, terjadinya batu ginjal itu jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti mengkonsumsi tomat. Mengkonsumsi tomat terlalu berlebihan akan menyebabkan pembentukan batu ginjal. Bagi orang yang sudah pernah mengalami batu gunjal bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi tomat, anda tetap boleh mengkonsumsi tomat karena nutrisinya yang baik juga untuk kesehatan. Tapi anda juga harus tahu, jangan mengkonsumsi tomat terlalu berlebihan.

KACANG MEDE

Kacang mede ini berasal dari buah jambu mede, keduanya dapat dikonsumsi. Jambu ini rasanya manis sepat sedangkan kacang mede yang telah dikeringkan dan digoreng akan terasa garing dan renyah. Sudah tidak diragukan lagi kacang mede ini memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa bagi tubuh.
Akan tetapi dibalik manfaatnya terkandung racun yang harus Anda waspadai. Racun pada  jambu mede ini terletak pada getahnya yang membahayakan bila terkena manusia. Gejala yang ditimbulkan biasanya diawali dengan iritasi pada kulit, pembengkakan serta peradangan.
Oleh sebab itu, jika Anda mengkonsumsi jambu mete pastikan getah yang menempel pada biji telah terbuang.
Demikianlah daftar buah dan umbi yang mengandung racun berbahaya yang dapat mengakibatkan kematian bagi yang mengkonsumsinya secara tidak benar. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda.

Tinggalkan Sebuah Balasan