KETELA POHON

Sebagian orang menganggap ketela pohon merupakan makanan kampung. Tapi jangan salah, sekarang telah banyak aneka olahan makanan dari ketela pohon ini. Dan yang paling terkenal dari dulu hingga sekarang adalah kerupuk sanjai dari bukit tinggi sumatera barat yang terbuat dari ketela pohon.
Akhir – akhir ini juga heboh diberitakan tentang manfaat dahsyat dari ketelah pohon yaitu mampu mengobati tumor dan kanker. Selain itu ketela pohon ini berkhasiat sebagai antioksidan, obat rematik, sakit kepala, diare, demam dan lain sebagainya.

Namun, ada hal lain yang perlu Anda waspadai, yaitu terdapat kandungan sianida pada ketela pohon setengah matang. Ketela pohon yang masih mentah dan setengah matang kandungan zat racunnya berubah menjadi Hidrogen Sianida, namun kadarnya berbeda tiap jenis pohon. Pada singkong manis terdapat kandungan sianida sekitar 50 mg per kg, sedangkan pada ketela pohon yang pahit melebihi dari kadar singkong manis.

Gejala yang ditimbulkan akibat dari keracunan sianida adalah muntah – muntah, penyempitan kerongkongan, dan sakit kepala. Pada kasus yang parah dapat menyebabkan sipenderita mengalami kesulitan bernafas, dan akhirnya berujung pada kematian.

BUAH RAMBUTAN

Buah eksotis yang memiliki kadar vitamin C cukup tinggi ini sangat digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak – anak hingga orang tua. Selain kandungan vitamin C, buah ini juga kaya protein, karbohidrat dan lemak.

Namun bagi penderita diabetes agar berhati – hati dalam mengkonsumsi buah ini. Karena buah rambutan ini tinggi sekali kandungan gulanya. Dan yang harus Anda tahu, ternyata jika buah ini sudah terlalu matang akan berubah menjadi alkohol. Jika telah begitu, rambutan tidak lagi bermanfaat bagi kesehatan, malah akan sangat berbahaya khususnya bagi penderita kencing manis.

Tinggalkan Sebuah Balasan