Bakso President Malang

dparagon.com–  Bakso President khas Kota Malang, Jawa Timur memang sudah menjadi tujuan utama wisata kuliner para wisatawan..

Memang, ada sejumlah tempat bakso yang cukup enak di sana, tapi yang satu iniramai pengunjung. Enaknya selain lezat, gurih, kenyal, nikmat juga banyak variannya. Warung bakso itu terletak di Jalan Batanghari No 5 Malang, tepat berada di samping rel kereta api. Bagi wisatawan hingga artis nasional yang menyempatkan diri untuk menikmati lezatnya bakso President.

Sederet selebriti Indonesia, sebut saja, Jessica Iskandar, Tora Sudiro, Aura Kasih, Duta ‘Sheila On 7,’ Momo ‘Geisha,’, Tommy Kurniawan, dan daftar panjang artis Tanah Air lainnya pernah mencicipi kesegaran bakso ini. Melihat animo yang tinggi, sang pemilik membuka cabang sejumlah cabang di Pulosari, Pandean, Sulfat, dan Pujasera Toko Buku Siswa. Semuanya masih di Malang.

 

Berbagai macam bakso yang dijual di kedai baksp president

Melihat perkembangannya, Bakso President ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Berdiri sejak 1977, Abah Sugito menjajakan baksonya dengan gerobak keliling dari satu kampung ke kampung lainnya. Bakso dia cukup diminati masyarakat. Hingga tahun 1982, ia tidak lagi berkeliling jauh, karena sudah mampu mendirikan warung sederhana.

Saat itu, Abah Sugoto belum memiliki nama untuk baksonya tersebut. Sehingga, ia memberi nama Bakso President untuk warung sederhana itu. Nama president sendiri diambil dari nama bioskop yang berdiri di belakang warungnya, yakni Bioskop President.

Dahulu, Bakso President hanya memiliki menu seperti pentol, tahu, siomay kering, dan siomay basah. Namun seiring bergulirnya waktu, Abah Sugito menambah varian hingga seperti saat ini. Salah satu yang wajib dan sudah terkenal kelezatannya adalah bakso bakar. Bumbunya akan membuat yang mencicipi rindu akan Malang.

 

Setelah itu, banyak masyarakat dan pedagang yang mengikuti dan ingin mengetahui bagaimana menghasilkan kelezatan seperti Bakso President. Tak mau di klaim, Abah Sugito mendaftarkan hak merek Bakso President di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) pada 1994.

Hingga saat ini, Bakso President masih memiliki rasa yang sama seperti pertama kali berdiri. Bahan daging pembuatan bakso dipilih dan dipesan langsung sendiri, bahkan penggilingan dan pengolahan pun dilakukan sendiri pihak Bakso President Malang.

Apa yang membuat bakso ini begitu digemari? Ternyata bakso ini menggunakan bahan 100 persen daging sapi asli yang menghasilkan cita rasa gurih asli dagingnya. Selain itu, kuahnya juga sangat segar yang terbuat dari kaldu sapi asli.

Biasanya, semangkuk Bakso President komplit berisi bakso sapi halus, bakso sapi goreng, siomay, tahu, pangsit goreng, jeroan, ati ampela dan mi kuning. Aroma kuahnya semakin menggugah selera dengan tambahan taburan seledri serta bawang goreng di atasnya. Keunikan bakso kuah di sini, pengunjung juga dapat menikmati baksonya dengan tambahan potongan jeroan sapi seperti paru.

 

penyajian bakso president

Selain bakso komplit kuah, kedai bakso yang sudah buka sejak 1977 ini juga terkenal dengan sajian bakso bakarnya. Seporsi bakso bakar terdiri dari dua tusuk sate bakso yang masing-masing tusuknya terdiri dari tiga butir. Bakso bakar ini bercita rasa manis, gurih dan sedikit pedas pada bumbu cokelat yang dioleskan di baksonya. Karena prosesnya dibakar, bakso ini terasa garing di luar dan lembut pada bagian dalamnya.

Kini, Bakso President sudah menjadi wisata kuliner yang menjadi tujuan utama para wisatawan saat berkunjung ke Malang. Bagi kalian yang sedang menghabiskan libur Lebaran atau mudik di Malang, tidak ada salahnya jika berkunjung ke pinggir rel kereta api jurusan Surabaya – Malang. Makan bakso sambil melihat kereta api, memang menimbulkan sesansi berbeda.

Tinggalkan Sebuah Balasan