Panduan Hidup Untuk Anak Kost Biar Bisa Bertahan Sampai Akhir Bulan

dparagon.com – Tanggal berapa sekaraaaaang? Yap, pertengahan bulan! Berapa nih saldo rekeningmu saat ini? Kalau cuma cukup untuk mencegahmu meregang nyawa, sini tos dulu! Panduan yang satu ini buat kamu!

Hidup sebagai anak kost yang jauh dari orang tua memang punya banyak tantangan. Apalagi menjelang waktu-waktu kritis seperti akhir bulan. Tapi sebenarnya, banyak lho hal-hal sepele yang tanpa kamu sadari bisa membantumu bertahan sampai dapat kiriman berikutnya

1. Jelang akhir bulan, senjatamu adalah recehan cara jitu untuk bertahan . Taruh di tempat khusus supaya siap pakai jika dibutuhkan.

Taruh senjatamu di tempat khusus

Taruh senjatamu di tempat khusus untuk bertahan hidup di kost 😀

Jangan pandang uang recehmu sebelah mata. Mereka itu sangat membantu terutama di musim paceklik seperti ini. Tempatkan recehan-recehanmu di dompet koin atau toples khusus. Bawa dompet atau toples itu kemana-mana, karena uang receh bisa kamu gunakan untuk:

  • Bayar parkir (kalau kamu terlalu malu buat kabur tanpa bayar)
  • Bayar pengamen
  • Mendapatkan kembalian berpecahan bulat di minimarket.

 

Lumayan, ‘kan?

2. Jangan pernah malas antri di POM bensin. Ingat, kamu gak punya banyak uang buat ngecer.

tuh yang jual aja cakep

Mungkin kamu malas mengantri di POM bensin, dan kadang memang lebih praktis membeli bensin eceran di pinggir jalan. Tapi ingat: kalo di POM bensin kamu akan dapat seliter premium dengan harga Rp. 6.500. Nah, kalo kamu ngecer, kamu harus bayar Rp. 7000 untuk kualitas bensin yang lebih jelek.

Ya, sebagian penjual bensin eceran di pinggir jalan sering mencampur bensin mereka dengan minyak tanah. Itu bisa bikin mesin motormu cepet rusak. Pada akhirnya, yang rugi siapaaaa? Kamu!

3. Pastikan kamu sarapan, biar bisa menghindar dari jajan

sarapan sehat bisa dibuat di kos kok

sarapan sehat bisa dibuat di kos lho via

Mau ngirit ples bertahan hidup di kost tapi tetep sarapan? Bisa banget!

Kamu bisa beli susu sereal yang cukup mengenyangkan untuk menu sarapan. Cukup dengan harga sekitar Rp. 15.000, bisa untuk 10 kali sarapan pagi. Jadi kamu cuma bakal ngabisin Rp. 1500 untuk tiap kali sarapan. Tuh, kurang ngirit apa coba?

Kalo kurang kenyang, kamu bisa kok nambahin roti tawar. Beli roti tawar pun ada triknya, kamu bisa pilih roti dengan tanggal tenggang kadaluarsa yang paling lama. Gak harus merk ternama juga lho, toh rasanya juga sama. TAWAR.

4. Haram pergi ke minimarket lebih dari sekali sehari

Menjelang akhir  bulan, ada 2 hal yang haram: babi dan pergi ke minimarket lebih dari sekali.

Kalo udah masuk ke minimarket, kamu pasti tergoda untuk beli barang yang kurang penting. Dari yang semula gak pingin jadi pingin, barang yang gak penting pun langsung upgrade status jadi penting gara-gara kamu laper mata. Nah, kalo kamu memang terpaksa banget pergi ke minimarket, wajib catat barang-barang yang memang harus kamu beli. Jangan lupa juga bawa uang pas, karena ini bisa jadi cara jitu untuk mencegah penyakit laper matamu kumat.

5. Kurangi merokok. Kalau mau sebat/dua bat, minta aja rokok teman.

rokok = borosini PEMBOROSAN!

Rokok = Boros

Sama-sama punya 5 huruf dan diikuti oleh 2 huruf vokal yang sama. Emang rokok itu sama dengan boros. Beli ngecer aja boros, apalagi beli 1 pak terus ujungnya dimintain temen-temen. Taktik apapun yang kamu gunakan, tetep aja pemborosan kalo kamu beli rokok.

Satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi jumlah rokok yang kamu hisap tiap harinya. Coba bayangkan, duit buat beli rokok tiap minggu bisa buat beli bakso berapa mangkok? bisa buat bertahan hidup di kost 😀

6. Kalo harus makan di luar, pesan minum air putih aja. Kalo makan di warung Padang, pesan teh tawar anget. Gratis.

gak usah gengsi

gak usah gengsi jajan air putih

Yang paling penting, air putih itu sangat dibutuhkan untuk tubuh dan bertahan dari panasnya sinar matahari :D.

Daripada kamu pesen es teh manis yang gak baik untuk kesehatan gigi dan bisa menyebabkan penyakit gula, lebih baik kamu pesen air putih aja. Selain karena lebih murah dan terkadang gratis, air putih itu juga sangat menyehatkan untuk kamu. Kalo mau agak segeran, kamu bisa pesen air putih ditambah es batu. Hehe.

Kalau kamu ke warung Padang, mungkin bermanfaat juga bagimu untuk tahu bahwa biasanya teh anget tawar di warung Padang itu gratis. Yah, siapa tahu kamu bosen minum air putih…

7. Bawa botol minum kemana-mana itu penting

botol

Minum teruss

Minum alkohol? Akhir bulan? Pakai duit siapa?! Udah, minum air putih aja! Bawa botol minum dan simpan di tasmu!

Biasakanlah membawa botol minum kemana-mana, karena hal ini bisa jadi cara efektif untuk irit dan cara jitu untuk bertahan ketika kamu tiba-tiba haus. Gak usah ngeluarin duit buat jajan minum kalo kamu bawa minummu sendiri, ya ‘kan?

7. Butuh beli baju? Nggak usah beli yang baru, pergi aja ke garage sale

Garage sale keren

Garage sale keren

Garage sale adalah alternatif sempurna buat anak kost yang kere tapi masih mau tampil gaya. Banyak baju yang dijual di garage sale yang mengikuti mode. Kamu juga bisa mendapat pakaian yang jarang dipakai oleh pemilik aslinya, hingga kualitasnya hampir sama persis seperti baru. Pakaian pun bisa dijual mulai harga Rp. 5000, sehingga sehat juga buat kantongmu!

Tapi ingat ya, jangan kalap. Kamu nggak akan hemat dan juga ngga akan bertahan hidup di kost juga ujung-ujungnya kalau sampai membeli 10 potong baju. Dikira-kira aja deh, kemampuanmu berapa.

8. Jangan beli pulsa di tukang pulsa. Beli pulsa di ATM aja!

beli pulsa disini lebih hemat bro!

beli pulsa disini lebih hemat bro!

Kebanyakan dari kamu pasti lebih milih beli pulsa di counter penjual pulsa atau minimarket. Memang hal itu lebih praktis karena kamu sekalian berbelanja, tapi kamu tau gak sih kalo mereka mematok harga pulsanya lebih mahal 500 sampai 2000 rupiah? Nah, kalo kamu beli di ATM, uang yang terpotong dari saldo tabunganmu ya cuma sebesar jumlah pulsa yang kamu terima aja. Irit banget ‘kan jadinya? jadi bisa bertahan lebih lama di kost 😀

10. Cari tabungan yang punya minimal saldo dan potongan bulanan kecil. Misalnya? Simpedes.

50.000 itu sangat berhargaa

Kalo kamu berencana untuk membuka rekening, gak usah gengsi milih bank. Pilihlah bank yang memberikan potongan terkecil dan jumlah minimal saldo sedikit. Gak usah malu juga dikatain kampungan gara-gara pakenya tabungan simpedes. Diiiih biarin, yang penting ‘kan ada duitnya!

11. Buat Modem, Jangan Isi Ulang. Beli Kartu Perdana Aja.

perdana terus aja, lebih murah!

perdana terus aja, lebih murah plles bisa bertahan lama uang bulanan dikos !

Modem itu emang penting banget buat anak kos. Bisa dikatakan kalo ini merupakan satu-satunya penghiburan buat anak kos. Mulai dari cari bahan-bahan tugas, eksis di media sosial, sampe download lagu dan film. Nah untuk menyiasatinya, kamu bisa beli kartu perdana terus menerus untuk mengisi ulang kuota modemmu. Harganya yang lebih murah dan kuota internet yang lebih besar tentu sangat efisien. Sebelum itu, jangan lupa juga untuk cari info terlebih dahulu tentang provider yang koneksi internetnya gak lelet di area kosmu.

12. Kalau punya rice cooker, masak nasi dan beli lauknya aja

masak nasi

Daripada kamu ngabisin uang saku buat beli makan tiga kali sehari, mulailah taktik baru ini dan cara irit dan bertahan mengelola uang bulanan . Caranya adalah kamu beli beras sendiri dan masak nasi di kamar kost-mu. Harga beras sekilo lebih murah dan cukup untuk makanmu hingga 3-4 hari kedepan. Kamu tinggal beli sayur dan lauk yang jauh lebih irit dan cukup buat makan pagi-siang-sore.

Kalo kamu emang lagi pingin makan di luar bareng temen-temenmu, kamu bisa mengatur strategi baru . Dari tanggal 1 hingga pertengahan bulan kamu bisa masak nasi di kos, sementara dari pertengahan sampai akhir bulan kamu bisa tetep makan di luar bareng temen-temenmu!

13. Ngapain pacaran ke bioskop, kalau ngopi film di warnet aja bisa?

Gak kalah dari bioskop lho ini

Gak kalah dari bioskop lho ini

Berapa tiket nonton? 35.000. Popcornnya? 35.000 – 50.000. Artinya? Pemborosan!

Sekali-kali gak papalah kalian nonton di bioskop atau jalan-jalan ke mall. Tapi akan lebih murah lagi kalo ke warnet aja. Warnet sejamnya cuma 6.000. Kalian bisa dapet 20 macam film dengan uang gak lebih dari 20.000.

Eh tapi terserah sih, soalnya ini sebenarnya nggak baik juga bagi hak cipta. Jangan sering-sering lah ya. Dan kalau kalian cinta banget sama filmnya, terutama kalau itu film Indonesia… ya nonton di bioskop aja. Kasian orang kita udah capek-capek bikin.

Ikutin hati nurani aja deh. Hehe.

13. Gak usah gengsi nebeng temen kalo kalian memang jalan searah

nebeng itu gak dosa kok

Kalo memang tempat tujuanmu searah dan dirasa gak ngerepotin banget, kamu boleh lho nebeng temenmu ke kampus atau ke tempat lain. Selain ngirit, hal ini juga akan memupuk rasa pertemananmu! #ngeles

15. Nyalon itu kalau kalian mau potong rambut aja!

maskeran sendiri itu murah

Kalo kalian bisa creambath atau maskeran sendiri di kost, ngapain harus nyalon? Banyak kok merk obat creambath atau masker instan yang bisa kalian beli sendiri di minimarket dengan harga gak lebih dari 15.000.

Pergilah ke salon kalo memang kalian mengagendakan potong rambut, memasang sanggul, atau memang ada acara khusus yang mengharuskanmu untuk mengenakan riasan tebal.

16. Beli Kosmetik yang Murah Aja, yang Penting Aman Buat Kulit

kosmetik mahal itu gak wajib

kosmetik lokal yang murah udah oke banget!

Beli kosmetik itu gak harus yang bermerek dan mahal. Gak harus juga yang import atau yang dipakai artis. Itu sih nanti aja belinya, kalau kamu udah mapan. Merk lokal yang murah dan aman untuk kulitmu itu udah lebih dari cukup untuk menemani hari-harimu dengan riasan natural. Dengan budget gak lebih dari 150.000 kamu bisa membawa pulang bedak, foundation, mascara, eye shadow, eye liner, blush on, dan lipstick. Oke gak tuh?

17. Jangan tergoda membeli barang online

tergoda

Melihat barang-barang yang dipajang di etalase online shop memang menggiurkan. Gak jarang kamu akan langsung jatuh cinta dan membeli barangnya detik itu juga. Padahal, sebenernya kamu gak butuh-butuh amat sama barang itu. Belum lagi, kalo barang yang kamu terima ternyata berbeda dengan fotonya dan akhirnya gak terpakai. Nah ‘kan dobel rugi jadinya. Jika memang kamu ingin berbelanja di online shop, pastikan bahwa online shop ini terpercaya. Perlu diingat juga bahwa barang yang kamu beli ini benar-benar harus bermanfaat untukmu.

18. Jangan sering-sering ke penatu… cuci baju aja sendiri

cuci baju sendiri

cuci baju sendiri

6 potong pakaian itu = 1 kg = 5.000

Semisal kamu menganggarkan dana 50.000 sebulan hanya untuk laundry, bukankah jauh lebih irit kalo kamu beli sabun cuci dan mulai mencuci sendiri? Kalau kamu beli sabun cuci 1 sachet, paling harganya cuma 1000 perak dan bisa untuk nyuci sampai 20 potong baju.

Kalo memang terpaksa menggunakan jasa laundry, pisahkanlah barang yang memang harus di-laundry dan barang yang bisa kamu cuci sendiri. Contoh barang yang memang harus dibawa ke laundry adalah bedcover, boneka, dan selimut tebal. Selain itu? Cuci sendiri, itung-itung sekalian olahraga.

19. Kalo bisa pakai email, kenapa harus nge-print?

gak usah ngeprint kalo gak kepepet

gak usah ngeprint kalo memang gak wajib

Kamu bisa menanyakan lagi ke dosenmu, apakah tugas-tugas yang dikumpulkan harus dalam bentuk hardcopy? Kalo bisa dalam bentuk softcopy kamu akan lebih untung, karena jelas ini akan sangat menghemat pengeluaranmu. Gak cuma irit, kamu juga bisa menjaga bumi dengan mengurangi pemakaian kertas yang berasal dari pohon. Uyee!

20. Ngapain sih beli majalah? Lihat aja edisi online-nya, fufufufu~

Karena membeli majalah adalah kemewahan

Karena membeli majalah adalah kemewahan

Sebenernya semua info yang kamu dapet di dalam majalah itu ada juga lho di internet. Daripada kamu beli majalah yang paling cuma dibaca sebentar aja, lebih bijak gunakan uangnya untuk memaksimalkan modem internetmu. Selain itu, harga satu eksemplar majalah ini bisa buat tiga kali makan di warung indomie. Sayang ‘kan uangnya?

21. Catat dan ingat tanggal-tanggal ultah temen, biar bisa makan gratis!

Hehehe traktiran ultah hehehe

Hehehe traktiran ultah hehehe

Walaupun sepele, hal ini sangat amat bermanfaat sekali untukmu dalam menghadapi tanggal tua. Kamu bisa membuat list ulang tahun teman-temanmu dan menandai kalendermu. Selain bisa mengingatkanmu untuk mengucapkan selamat, kamu pun juga bisa mendapat rejeki dadakan. Horee!

nebeng makan siang

Sering-seringlah bersilaturahmi ke rumah teman pada waktu jam makan siang!

Di dalam kesempitan, ada kesempatan. Ketika kamu sedang prihatin, teman-temanmu bisa menawarkan bantuan. Coba deh kamu silaturahmi ke rumah mereka di jam makan siang. Sewajarnya, mereka akan menawarimu untuk ikut makan siang bersama dengan mereka. Kamu jadi ngirit dan gak perlu beli makan siang. Uangmu pun bisa dialokasikan untuk membeli menu makan malam!

Simpan

Tinggalkan Sebuah Balasan