Bagi perantau, masalah tempat tinggal memang hal yang cukup krusial. Ada yang memilih untuk tinggal di rumah saudara, mengontrak rumah bersama teman – teman, atau ada juga yang memilih untuk tinggal di kos – kosan. Perantau ini umumnya anak selepas SMA atau Kuliah, entah untuk melanjutkan study atau bekerja. Nah bagi yang baru mau merantau untuk pertama kalinya dan lebih memilih untuk tinggal di kos – kosan. Berikut 5 tips mencari kosan yang tidak hanya murah tetapi juga aman dan nyaman

  • Tetapkan Budged untuk tempat tinggal

Sebelum mencari tempat kos, sebaiknya anggarkan dulu dana khusus untuk tempat tinggal. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat uang adalah permasalahan yang cukup sensitive sekaligus pelik bagi kehidupan anak rantau. Sesuaikan anggaranmu berdasarkan kemampuanmu, jangan hanya dengan gengsi belaka. Tetapi jangan juga memilih kosan karena harganya yang paling murah,  bagaimana pun kalian akan banyak menghabiskan waktu di dalam kosan tersebut sehingga kenyamana dan fasilitas perlu diperhatikan dalam mencari kosan.

  • Tentukan fasilitas kos yang diinginkan

Bereda kosan, maka berbeda pula fasilitasnya. Ada kosan yang menyediakan kamar mandi dalam tetapi ada juga yang kamar mandi luar, selain itu ada juga kosan yang menyediakan kamar full furniture (seperti kasur dan lemari) atau hanya menyediakan kamar kosongan. Selain itu ada juga beberapa kosan yang menyediakan Fasilitas tambahan seperti WiFi atau AC, tetapi yang perlu diingat harga kamar kosan sesuai dengan fasilitas yang ada biasanya semakin lengkap fasilitasnya maka akan semakin mahal harga sewanya. Walau begitu jika kita cermat, kita bisa mendapatkan fasilitas yang sama dengan harga yang lebih murah.

  • Jangan lupakan kenyamanan

Selain budget dan fasilitas, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan ketika memilih kosan adalah kenyamanan. Cari definisi kenyamananmu sendiri. Tetapi yang paling penting adalah tempat yang strategis sehingga mudah kemana – kemana termasuk kantor atau kampus dan dekat tempat makan, tempatnya aman dan jauh dari kasus pencurian, dan kebersihan agar terhindar dari virus dan penyakit.

  • Survei lingkungan kosan

Untuk mengetahui suasana kosan, jangan malu – malu untuk bertanya ke penjaga kosan atau ke penghuni kosan lainnya. Carilah informasi sebanyak – banyaknya agar kamu lebih yakin untuk memilih kosan tersebut dan tidak menyesal karena sudah terlanjur pindah dan membayar kosan tersebut beberapa bulan kedepan.

  • Gunakan Aplikasi pencari kosan

Jika kalian tidak memiliki banyak waktu luang untuk mencari kosan secara langsung, kalian bisa menggunakan aplikasi yang mengiklankan kos – kosan. Aplikasi ini akan memberikan gambaran informasi mengenai kamar kos di seluruh Indonesia lengkap dengan informasi harga, fasilitas, lokasi, dan nomor yang bisa dihubungi untuk bertanya – tanya tentang kosan tersebut. Selaint itu, informasi yang disediakan juga dilengkapi oleh aplikasi ini adalah foto kamar tidur, kamar mandi, dan suasana didalam kos – kosan. Salah satu aplikasi pencari kamar kos adalah D’paragon.

Tinggalkan Sebuah Balasan