Mengisi waktu libur lebaran bersama keluarga atau bersama teman – teman adalah salah satu cara ampuh untuk meredakan rasa penat dan stress atau hanya sekedar menghabiskan waktu berkumpul bersama orang yang kita sayangi. Jika ini termasuk moment yang sangat jarang anda lakukan, sebaiknya anda memilih tempat yang istimewa. Menikmati lokasi wisata yang anti mainstream dengan sensasi yang berbeda seperti wisata taman nasional bisa jadi tempat yang cocok. Berbeda dengan kebun binatang pada umumnya, di taman nasional anda dapat melihat keindahan alam dengan berbagai jenis flora dan fauna khas daerah hidup bebas tanpa dibatasi oleh jeruji besi. Ternyata untuk merasakan sensasi seperti itu tak harus ke luar negeri, ini dia 5 wisata taman nasional yang ada di Indonesia :

  • Taman Nasional Bali Barat

Bali memang sudah menjadi tempat liburan yang mainstream, tetapi pernahkan anda mencoba ke bagian barat dari pulau Bali? Ternyata di bagian barat pulau Bali terdapat satu taman nasional. Taman Nasional Bali Barat terletak di ujung barat Pulau Dewata ini memiliki berbagai macam vegetasi seperti hutan, pantai, hutan mangrove, savanna, dan masih banyak lagi. Selain itu disana anda juga dapat melihat burung Pesolek dan Jalak Bali. Taman Nasional seluas 19 ribu hektar ini memang salah satu reverensi paket lengkap berlibur karena anda dapat menikmati ekosistem darat dan laut bersamaan.

  • Taman Nasional Pulau Komodo

Sejak tahun 2013 Pulau Komodo telah ditetapkan sebagai salah satu dari New 7 Wonders of Nature. Maka tak perlu diragukan lagi untuk berlibur di Taman Nasional Pulau Komodo. Di taman nasional ini, komodo hidup di habitat alaminya, yaitu padang savana gersang yang cukup luas. Selain itu ada satwa lainnya, seperti rusa, kuda liar, babi hutan, kerbau liar, penyu, paus, lumba – lumba, dan duyung.

  • Taman Nasional Gunung Leuser

Berada di perbatasan Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, taman nasional Gunyng Leuser ini ditetapkan sebagai cagar biosifir oleh UNESCO. “Jika Amazon adalah paru-paru dunia, tempat ini adalah jantungnya,” kurang lebih begitulah komentar yang diberikan para ahli mengenai Taman Nasional Leuser, seperti dikutip dari USNews.com. Di tempat ini Anda akan menemui berbagai hewan langka dan dilindungi,. Misalnya saja orang utan, beruang madu, gajah Sumatera, maupun badak Sumatera. Selain itu ada juga jenis tanaman langka seperti Rafflesia arnoldii.

  • Taman Nasional Lorentz

Ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, taman dengan luas 2,4 hektar ini membentang dari pesisir Laut Arafura hingga puncak Jayawijaya yang dikenal dengan salju abadinya. Karena masih belum banyak dieksploitasi, disini kita dapat menemukan berbagai jenis vegetasi dan satwa asli dari Papua seperti burung Cendrawasih, Kasuari, Kakatua, Megapoda, dan masih banyak lainnya. Mengingat belum sepenuhnya terjamah, sebaiknya anda mempelajari berbagai teknik survival dan dalam kondisi tubuh yang prima.

  • Taman Nasional Baluran

Taman nasional yang mendapat julukan “Africa Van Java” ini berada di Situbondo, Jawa Timur. Anda akan melihat padang savana yang luas, lengkap dengan berbagai satwa liar yang tampak hidup bebas. Taman seluas 25.000 hektar ini juga memiliki berbagai jenis hutan. Seperti hutan Mangrove, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan musim dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Sumber        : https://journal.sociolla.com/lifestyle/5-taman-nasional-indonesia-yang-perlu-disambangi/

Tinggalkan Sebuah Balasan