Saat ini kamu sedang mencari pekerjaan? Atau mencari tempat magang? Tentunya kalian membutuhkan Curriculum Vitae (CV) untuk melamar ke perusahaan yang kalian inginkan. CV adalah salah satu hal wajib dibawa saat melamar sebuah pekerjaan karena didalam CV tersebut terdapat daftar riwayat hidupmu yang akan di seleksi oleh pihak perekrut untuk dapat masuk ke tahapan selanjutnya. Maka dari itu CV yang kamu buat harus baik dan menarik untuk dibaca sekaligus memikat hati bagian HRD yang akan melihat CV tersebut sebelum memasuki prosedur interview.

  1. Lakukan Job Research

mencari informasi tentang perusahaan. via pexel.com

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mecari informasi secara detail tentang perusahaan dan jenis pekerjaan yang anda lamar apakah sesuai dengan bidang yang anda minati. Perhatikan segala persyaratan pelamar seperti kualifikasi pekerjaan, keterampilan atau keahlian, usia, dan apakah mereka butuh fresh graduate atau yang sudah berpengalaman. Dengan begitu, kamu bisa mendesain seperti apa CVmu nanti.

  1. Cari tau apa saja yang harus ada didalam CV

mencari informasi menyusun riwayat hidup. via pexel.com

Informasi ini dapat sangat menolong terutama untuk fresh graduate, karena akan dapat membantu kalian untuk menyusun riwayat hidup yang akan dicantumkan didalamnya. Hati-hati dalam menyusun agar berurut supaya tidak membingungkan pembaca CV Anda terutama pihak HRD yang akan menilai kualitas Anda pertama kali melalui CV tersebut. Pada umumnya, CV berisikan tentang identitas diri, pendidikan, keterampilan, pengalaman kerja atau pengalaman training, dan kalau perlu informasi lain tentang dirimu kalau memang dibutuhkan. Seperti mengenai hobi, seseorang yang bisa memberi referensi, dan hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

  1. Mulai membuat CV

mulai membuat CV ketika informasi dirasa cukup. via pexel.com

Saat ini kamu bisa mencari banyak pilihan template CV menarik dan gratis di internet. Berbagai contoh desain atau format CV dapat dicari dengan kata kunci “CV Design”. Cari desain atau format CV sesuai keinginan dan mencerminkan kepribadianmu. Tapi, akan lebih baik kalau kamu memilih tampilan CV yang sederhana dengan kombinasi warna yang sesuai. Dalam pembuatan CV ini juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti:

  • Masukkan keterampilan sesuai job desk
  • Hindari terlalu banyak tulisan
  • Perhatikan penempatan foto dan foto apa yang cocok dimasukkan
  • Pilih font yang mudah dibaca dan hindari penggunaan simbol yang tidak penting
  • Pastikan tidak ada typo
  • Ketauhi batasan pentingnya seperti tidak perlu menyertakan pendidikan SD,SMP, atau bahkan TK
  • Minta saran orang lain tentang CV yang kalian buat

 

Sumber : xwork.co, medium.com, shopback.co.id

Tinggalkan Sebuah Balasan