Ketika kita berada di lingungan baru seperti kantor atau tempat tinggal, pasti akan banyak yang kita pikirkan seperti rasa penasaran, rasa takut, rasa minder, dan lain sebaginya. Wajar jika jantung Anda berdegup kencang atau berdebar – debar saat pertama kali datang ditempat baru. . Tidak menyalahkan kalau ada diantara kita yang merasa kurang nyaman dengan lingkungan baru karena belum terbiasa, belum beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Untuk terhindar dari hal – hal memalukan, coba ikuti beberapa tips agar mudah beradabtasi di tempat baru :

  1. Persiapkan Mental

Karena kita masih dianggap asing di lingkungan baru tersebut, wajar jika kita akan merasa berbeda dari yang lain. Mulailah dengan senyuman dilanjutkan dengan berbasa – basi seperlunya, jangan berlebihan agar tidak dianggap aneh oleh orang disekitarmu. Jika orang – orang masih kurang terbuka kepada Anda, mungkin karena mereka juga sedang melakukan adaptasi.

  1. Tanyaka yang Perlu di tanyakan

Jika Anda masih belum mengerti tentang suatu hal, coba tanyakan orang dilingkungan barumu. Tak perlu malu, mereka pasti akan memahami posisimu sebagai orang baru di lingkungan tersebut. Dengan begini, justru lama – kelamaan Anda akan lebih dikenal oleh bnayak orang dan Anda juga bisa sambil mengakrabkan diri dengan lingkungan sekitar.

  1. Jangan tinggalkan orang lama

Satu hal yang harus diingat saat Anda pindah ke tempat baru adalah jangan pernah lupakan keberadaan orang-orang di tempat lama. Pindah ke tempat baru bukan berarti hidupmu hanya berisi orang-orang baru. Justru dengan Anda tetap menjalin hubungan dengan yang orang lama akan makin banyak dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti misalnya bertanya tentang informasi tempat baru Anda. Bahkan, siapa tahu ada yang ternyata pernah tinggal di sana.

  1. Ikuti organisasi atau komunitas setempat

Gunakan waktu luang yang Anda miliki untuk mengikuti organisasi atau komunitas setempat. Dengan mengikuti organisasi atau komunitas tersebut, tidak hanya keterampilan yang makin terasah tetapi Anda juga mendapat banyak informasi yang sebelumnya Anda belum ketauhi dan juga kenalan baru. Siapa tahu dari mereka ada yang pergaulannya cocok sama Anda dan bisa jadi teman akrab.

  1. Luangkan eksplore tempat

Untuk Anda yang pindah ke kota baru ini adalah kesempatanmu eksplor berbagai tempat. Selain tempat favorit baru, Anda juga bisa menemukan tempat kuliner baru. Seperti warung kopi favorit untuk mengerjain tugas atau tempat favorit buat mengatasi rindu sama orang-orang di kota lama.

Tinggalkan Sebuah Balasan