Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan Arek-Arek Suroboyo (Pemuda-pemuda Surabaya) dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari serangan penjajah. Surabaya juga sempat menjadi kota terbesar di Hindia Belanda dan menjadi pusat niaga di Nusantara yang sejajar dengan Hong Kong dan Shanghai pada masanya. Perkembangan Islam nusantara juga salah satunya berpusat di Surabaya, yaitu di Ampel Denta. Dengan perkembangan islam yang pesat maka didirikannya Sekolah Tinggi Islam.

Pada awal berdirinya, STAI luqman al Hakim bernama PTI (Pendidikan Tinggi Islam) yang didirikan pada Tahun 1994. Ketika itu perkuliahan berjalan dengan menggunakan 100% kurikulum sendiri dan belum mendapatan status Terdaftar. Kurikulum tersebut dirancang untuk mencetak kader da’i yang siap diterjunkan ke cabang-cabang untuk membina umat di daerahnya.

Melihat perkembangan zaman, tuntutan sosial dan prospek out put mahasiswa, serta peluangnya untuk dapat mengikuti program pendidikan yang lebih tinggi (S2 & S3) mengharuskan PTI pada tahun 1997 berubah namanya menjadi STAIL (Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman al Hakim), dan berusaha untuk mendapatkan status terdaftar serta berafiliasi ke Depag. Dengan asumsi bahwa program pengkaderan tetap dominan, dan mahasiswa sekaligus mendapatkan materi perkuliahan yang berisi kurikulum nasional.

Fakultas :

Jurusan Dakwah, Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Jurusan Tarbiyah dengan Program Studi Kependidikan Islam (KI)

Alamat: Jl. Kejawan Putih Tambak VI No.1, Kejawaan Putih Tamba, Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur 60112
Provinsi: Jawa Timur
Telepon: (031) 5992062

STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya, Surabaya

Sekolah Tinggi Agama Islam Ali bin Abi Thalib Surabaya atau STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya adalah perguruan tinggi Islam Swasta di Indonesia yang berada Surabaya. STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya ini didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Dirjen Pendis Kemenag RI: Dj.I/495/2007.

Program Studi :

Perguruan tinggi ini menawarkan Program Sarjana Bahasa Arab, Strata 1. Program S1 memiliki beban studi 144-160 SKS. Program ini diberikan di dalam jangka waktu 8 semester hingga 14 semester (termasuk Karya Ilmiah/ Skripsi). Kegiatan pembelajaran sepenuhnya dilakukan dengan Bahasa Arab. Sebagian besar kurikulumnya diadopsi dari Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud dan Kurikulum Tarbiyah.

Didirikan 25 Juli 1996
(Surat Keputusan Dirjen Pendis Kemenag RI: Dj.I/495/2007)
Jenis Perguruan tinggi
Afiliasi keagamaan Islam
Ketua Abdurrahman at-Tamimi, BA.
Lokasi Jl. Sidotopo Kidul 51 Surabaya – IndonesiaBendera Indonesia Surabaya
Situs web stai-ali.ac.id

 

Tinggalkan Sebuah Balasan