Kalimantan Selatan (Kalsel) memang punya segudang potensi wisata, mulai dari pantai, sungai, pegunungan maupun hutan.

Ngomong-ngomong soal potensi wisata yang ada di Kalimantan Selatan, akhir tahun lalu ada sebuah objek wisata yang baru diresmikan oleh pemerintah Kalimantan Selatan. Salah satu kabupaten di Kalsel, yakni Kotabaru telah meresmikan ekowisata hutan Meranti.

Saat peresmian, Bupati Kotabaru, H Irhami Widjani mengatakan bahwa Ekowisata hutan Meranti ini terletak di Desa Sebelimbingan, Kecamatan Pulaulaut Utara ini memiliki banyak fungsi, di antaranya adalah sebagai objek wisata, penelitian dan rekreasi.

Jadi selain untuk melestarikan beberapa jenis kayu yang mulai langka, ekowisata hutan Meranti ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu objek wisata unggulan Kotabaru dan sebagai tempat penelitian jenis tanaman oleh lembaga penelitian maupun sarana belajar untuk pelajar sekolah menengah hingga perguruan tinggi.

Apa saja yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke eko wisata hutan meranti ini?

1. Menikmati udara segar khas pegunungan

ekowisata hutan meranti
rekreasi via pinsta.me

Jika kamu meluangkan waktu untuk berkunjung kesini, saat mulai memasuki kawasan hutan meranti ini sudah terasa hawa segar khas pegunungan. Hutan ini sangat rindang, bebas polusi dan akan membuatmu nyaman saat berkunjung kesana.

2. Piknik di tengah hutan Meranti

ekowisata hutan meranti
piknik via itsmellslikecoffee.blogspot.com

Kamu pun bisa mengajak keluarga, teman-teman atau pasangan untuk melakukan piknik di tengah hutan Meranti.

Selain dapat menikmati hidangan piknik bersama orang-orang terdekat, kamu pun bisa sekaligus menikmati pemandangan sekitar dan juga satwa yang ada di sana. Saat piknik di sana jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya ya, jangan kotori hutan meranti dengan bungkus plastik sisa makananmu atau sampai yang lain.

Karena selain mengganggu penglihatan saat menikmati pemandangan yang ada di sana juga akan merusak ekosistem yang ada di sana.

3. Melihat langsung rusa tutul dan rusa sambar

ekowisata hutan meranti
rusa tutul via banjarmasin.tribunnews.com

Bagi yang sudah berkeluarga maupun masih memiliki adik yang masih kecil, bisa mengajak mereka untuk menikmati satwa yang ada di sana. Buah hati atau adik kamu tentu sangat antusias untuk melihat langsung satwa tersebut. Ya kan?

Hal ini merupakan salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung kesana, karena di ekowisata hutan meranti terdapat penangkaran rusa. Rusa-rusa tersebut sengaja di datangkan dari Bogor.

4. Mengasah hobi fotografi

ekowisata hutan meranti
explore meranti via instagram.com

Nah, ini nih siapa sih yang nggak suka menyegarkan pikiran dengan rekreasi ke hutan Meranti sembari mengasah hobi yang dimiliki?

Kamu pun bisa mengasah kemampuan fotografimu di sana, kamu bisa melakukan hunting foto pemandangan atau segala aktivitas yang ada di sana. Tidak hanya itu, kamu bisa mengajak seorang teman untuk kamu jadikan model dadakan lalu memotretnya dengan berlatar hutan meranti.

5. Menjadikan ekowisata hutan Meranti sebagai lokasi prewedding

ekowisata hutan meranti
prewedding via overloops.com

Hal ini berlaku untuk beberapa saat lagi menjadi sepasang pengantin. Ya, hutan Meranti ini bisa kamu tambahkan ke dalam daftar referensi lokasi yang bisa kamu gunakan untuk prewedding di Kalimantan Selatan.

Banyaknya pohon yang menjulang tinggi dan berjajar membuat keunikan tersendiri jika kamu menjadikannya sebagai latar foto prewedding kamu. Tidak perlu jauh-jauh pergi keluar Kalimantan Selatan jika ingin foto yang unik dan juga tidak kalah bagus jika melakukan foto di tempat lain.

Bagaimana untuk menuju Kotabaru?

Ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk menuju Kotabaru, jika menempuh lewat jalur darat tentu saja akan memakan waktu yang tidak sebentar, kamu harus menempuh jalur darat lalu menyeberang lautan menggunakan fery dan jika ditotal berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menempuh Banjarmasin-Kotabaru yakni 9 jam.

Eitss… kamu tidak perlu khawatir, kamu pun bisa menempuh jarak antara Banjarmasin dan Kotabaru dengan waktu yang sangat singkat, yakni dengan menumpang maskapai Kalstar Aviation yang beroperasi setiap hari dari Banjarmasin menuju Kotabaru, jarak tempuhnya pun hanya memakan waktu sekitar 40 menit.

 

Apakah kamu tertarik berkunjung kesana? Jika ingin kesana alangkah baiknya kamu melakukan transit di Kota Banjarmasin, sih. Selamat berakhir pekan 🙂

Tinggalkan Sebuah Balasan