Anak pertama sering kali merasa hidupnya sedikit kurang beruntung dibandingkan dengan adik-adiknya. Bagaimana tidak ketika si adik ada masalah, diganggu teman atau merasa kesulitan dalam pelajaran ada sang kakak yang akan membantunya. Tetapi bayangkan jika anak pertama yang mengalami hal demikian, maka anak pertama tersebut tidak memiliki tempat untuk mengadu dan bertanya selain dari orang tuanya sendiri dan teman dekatnya. Namun, sebagai anak pertama kita juga harus merasa bangga, karna banyak sekali pelajaran hidup yang kita dapatkan sebagai anak pertama. Nah, berikut ini fakta-fakta tentang anak pertama yang jarang diketahui.

anakk pertama

1. Anak pertama akan terbiasa belajar sendiri

Anak-pertama-dilahirkan-untuk-belajar-sendiri

Anak pertama akan banyak belajar dari pengalaman hidupnya sendiri. Kemudian, dia akan membagikan pengalaman hidupnya tersebut kepada adik-adiknya agar adik-adiknya bisa mengambil pelajaran dari sang kakak, dan jika hal tersebut adalah pengalaman yang buruk, harapannya itu tidak akan terjadi pada adik-adiknya.

Anak pertama, akan lebih pintar dan lebih jago dibandingkan adik-adiknya hal ini karena ia terlahir sendiri di keluarga tanpa adanya teman sehingga ia akan terbiasa untuk belajar secara mandiri.

2. Anak pertama memiliki sifat yang baik

kakak-adik2

Anak pertama yang memiliki sifat yang sopan dan perhatian kepada adik-adiknya, biasanya mereka bukanlah anak yang nakal.

Sifat ini terdidik karena ia akan lebih sering berinteraksi dengan orang tuanya, sehingga ia akan lebih bertanggung jawab dalam membuat keputusan. Dan baginya, setiap apa yang dia lakukan akan dicontoh oleh adik-adiknya.

3. Anak pertama terlahir sebagai pemimpin alami

pemimpin

Anak pertama adalah anak yang secara tidak langsung terdidik menjadi seorang pemimpin. Tanpa kita sadari, anak pertama akan menjadi panutan bagi adik-adiknya.

Sikap anak kepemimpinan anak pertama tersebut lahir ketika orang tua menyuruh si anak pertama untuk menjaga adik-adiknya. Seorang anak pertama memiliki potensi yang besar untuk menjadi seorang pemimpin. Bahkan jika berada dalam sebuah kelompok anak pertama akan menjadi paling menonjol dibandingkan teman-temannya.

4. Anak pertama memiliki kreativitas yang tinggi

anak-kreatif-1024x512

Sebagian orang akan berpendapat bahwa tidak ada hubungannya kreativitas dengan urutan kelahiran. Namun, percaya tidak percaya anak pertama akan terbiasa memikirkan segala penyelesaian masalah dalam kehidupannya. Dari situlah muncul kreativitas bagi anak pertama sehingga, jika dibandingkan dengan adik-adiknya .

5. Anak pertama sangat bertanggung jawab dan juga mudah stres

post-22

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa anak pertama memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Salah satu tanggung jawab yang harus diemban anak pertama adalah bahwa mereka harus menjaga adik-adiknya.

Namun, hal ini juga akan membuat anak pertama menjadi rentan mengalami stres jika orang tua terlalu menuntut anak pertama. Mengemban tanggung jawab juga memiliki beban tersendiri bagi anak pertama sehingga hal ini juga bisa membuat anak pertama mudah terkena stres.

sumber : https://ekspektasia.com

Tinggalkan Sebuah Balasan