dparagon.com – Sifat psikopat dapat diketahui melalui 20 ciri-ciri umum. Namun, dibutuhkan pengamatan, wawancara dan penelitian lebih lanjut mengenai seseorang yang memang memiliki psikopat. Jadi, jangan mudah untuk menilai seseorang dari 20 ciri-ciri tersebut ya, karena bisa jadi kamu malah merusak citra orang tersebut. Kamu harus tau bahwa dibutuhkan seorang profesional untuk memberikan diagnosa yang pasti mengenai penyakit mental yang dimiliki. Nah, ini dia 7 diantara 20 ciri-ciri umum yang dimiliki oleh psikopat. Yuk, langsung baca!

psikopat image

1. Psikopat memiliki gangguan kepribadian anti sosial

Dari berbagai sumber, seorang psychopath cenderung memiliki kepribadian anti sosial dan juga merugikan orang lain. Sebenarnya kepribadian anti sosial bisa disembuhkan jika gejala-gejala anti sosial sudah muncul sejak kecil dan ditangani oleh psikolog profesional. Namun ada juga penyakit kepribadian anti sosial bagi anak kecil yang sering disebut dengan “conduct disorder”, namun kriteria dari penyakit ini sedikit samar, sehingga terkadang terjadi diagnosa yang salah.

2. Kurang dalam hal empati dan penyesalan

Mereka memiliki sedikit sekali rasa empati dan penyesalan. Sikap empati sendiri menurut wikipedia merupakan kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain. Misalkan ketika mereka mencuri, mereka tidak akan merasa bersalah karena orang yang dicuri barangnya tidak menjaga barang nya dengan baik, jadi menurut seorang psikopat, mereka layak untuk dicuri barangnya.

3. Menyakiti dan membunuh hewan

Menyakiti dan membunuh hewan adalah salah satu gejala yang dimiliki oleh psikopat. Dari menyakiti ataupun membunuh hewan ini, seorang psikopat tidak akan merasakan penyesalan untuk melanjutkan pembunuhannya kepada manusia.  Bagi mereka, memotong kepala ayam sama saja dengan memotong kepala manusia.

4. Egois

Seorang psikopat selalu hidup menjadi parasit dan mengganggu orang lain. Dengan sikap egois mereka, mereka selalu mengorban kan orang-orang di sekitarnya untuk dijadikan alasan baginya mencapai suatu kesuksesan atau kepuasan tertentu.

5. Tidak peduli

Mereka juga tidak peduli karena psikopat memiliki koneksi yang lemah di antara komponen sistem emosi otak.

6. Melakukan aktivitas kriminal

Melakukan aktivitas kriminal juga merupakan suatu gejala dari “conduct disorder”. Psikopat melakukan hal ini karena tidak adanya sifat penyesalan dan empati di diri mereka, sehingga mereka tidak bisa ikut merasakan apa yang orang lain rasakan. Sekitar 25% psikopat diketahui telah melakukan aktivitas kriminal dan dipenjara. Sebagian lainnya tidak diketahui atas tindakan kriminal nya karena IQ tinggi yang mereka miliki memudahkan bagi mereka menyusun rencana dan melakukan aktivitas kriminal tanpa diketahui.

7. Terlihat baik dan mempesona

Ada beberapa psikopat yang memiliki sikap baik dan mempesona. Mereka menggunakan sikap baik dan pesonanya itu untuk menangkap korban-korbannya. Ted Bundy, seorang psikopat yang pada tahun 1970 an melakukan pembunuhan dan pemerkosaan, dan kemudian tertangkap. Dia memperkosa dan memutilasi perempuan yang berhasil dia jebak dengan sikap baik dan pesonanya. Ted mengaku telah membunuh 30 orang.

Source : listverse.compsychologytoday.com , wikipedia.org , schoopwhoop.com

Tinggalkan Sebuah Balasan