KKN
KKN

Liburan semester adalah sesuatu yang paling ditunggu – tunggu oleh banyak mahasiswa. Namun, bagi Mahasiswa semester tengah, biasanya mereka harus merelakan libur semester mereka untuk mengikuti KKN yang merupakan kepanjangan dari Kuliah, Kerja, Nyata. Kegiatan KKN ini biasanya dilakukan untuk memajukan desa – desa terpencil. Memajukan di sini dalam artian adalah untuk memberikan edukasi kepada warga agar desa yang terpencil tersebut, agar bisa lebih baik lagi, entah dari sisi teknologi, ilmu pengetahuan, ataupun dari segi pemikiran. Untuk waktu KKN ini, berbeda – beda di setiap Universitas, tergantung dari kebijakan Universitas yang bersangkutan. Namun, kebanyakan universitas memberikan waktu sekitar 1 bulan untuk mahasiswanya melaksanakan KKN. Nah, apa sajakah hal – hal yang harus dipersiapkan ketika akan KKN?

1. Survei Lokasi

Survei Lokasi
Survei Lokasi

Sebelum mulai melaksanakan KKN, kamu harus melakukan survei lokasi terlebih dahulu. survei ini di laksanakan untuk mencari tahu permasalahan dan potensi yang ada di desa tempat kamu akan melaksanakan KKN. Misalnya, di sebuah desa merupakan penghasil kayu manis namun, pemanfaatan kayu manis tersebut belum optimal. Nah, kamu bisa saja membantu untuk bagaimana dengan kayu manis tersebut bisa menghasilkan produk yang bernilai ekonomis.

Selain itu, dengan melakukan survei, kamu dan teman-temanmu harus mencari rumah tinggal. Usahakan tempat tinggal antara laki-laki dan perempuan terpisah ya, agar tidak terjadi fitnah. Namun, jika memang kondisi mengharuskan untuk serumah ya kamu dan anggota kelompokmu harus benar-benar menjaga diri dan kepercayaan warga.

Kamu juga harus mencari tahu, tempat laundry di sekitar ada atau tidak, dan biayanya berapa. Lalu, kamu juga harus tahu bagaimana adat kebiasaan masyarakat sekitar. Pada saat survei ini, kamu harus benar – benar tahu bagaimana kondisi desa di tempat kamu akan melaksanakan KKN. Kalau bisa kamu tidak hanya survei di satu dusun saja, tapi ke seluruh dusun di desa tersebut.

2. Program Kerja

Program Kerja
Program Kerja

Nah, pembuatan program kerja atau biasa di singkat proker ini, berdasarkan dari hasil survei yang sudah kamu lakukan dengan kelompokmu. Dari hasil analisis masalah dan potensi desa, kamu bisa menentukan program kerja yang akan kamu jalani. Program kerja bisa berupa pembuatan Teknologi Tepat Guna atau biasa disingkat TTG yang bisa bermanfaat bagi warga. Kamu juga bisa melakukan penyuluhan, pelatihan atau sekedar kajian bersama warga dan anak-anak.

Namun, hal yang harus kamu perhatikan ketika membuat program kerja adalah waktu yang kamu miliki untuk melaksanakan program kerja tersebut. Jangan sampai kamu membuat terlalu banyak program kerja namun waktu yang kamu miliki hanya 1 bulan. Takutnya kamu hanya akan memberi “harapan palsu” bagi warga. Jadi, buatlah program kerja yang rasional dan sesuai dengan waktu dan kemampuanmu.

3. Alat Dokumentasi

Dokumentasi
Dokumentasi

Alat dokumentasi ini penting, untuk melengkapi laporanmu nanti. Jika kamu kesulitan untuk mendokumentasikan kegiatanmu, kamu bisa meminta bantuan pada rekanmu yang sedang tidak bertugas.

4. Terminal Kabel Listrik

Terminal Kabel Listrik
Terminal Kabel Listrik

Terminal kabel listrik atau yang biasa disebut colokan ini, merupakan salah satu hal vital yang wajib dimiliki oleh kelompok. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa mahasiswa tak pernah bisa jauh dari gadget, baik itu Handphone, ataupun Laptop. Maka dari itu colokan ini menjadi sesuatu yang amat sangat penting untuk di bawa oleh kelompokmu.

5. Galon Air

Galon Air
Galon Air

Galon air juga sangat penting. Karena, jika kamu harus membeli air botolan itu akan sangat mahal. Jadi, lebih baik dan lebih murah menggunakan galon. Usahakan satu rumah memiliki 2 buah galon karena jika yang stau habis bisa langsung diisi tidak perlu menunggu lagi.

Jangan lupa sediakan pula gelas atau cangkir untuk minum. Sesuaikan jumlah gelas dengan anggota yang ada dalam rumah, ya.

6. Air Minum Kemasan Gelas

Air Kemasan Gelas
Air Kemasan Gelas

Air minum ini penting untuk kamu sediakan di rumah, agar jika ada pembimbing lapangan yang berkunjung atau kepala desa berkunjung kamu bisa menyuguhkan air minum kemasan gelas ini.

7.  Peralatan Pribadi

Nah, ini benda – benda yang amat sangat pening kamu bawa ketika akan KKN. Peralatan pribadi ini bisa berupa peralatan mandi, peralatan make up kalau perempuan. Namun, sangat disarankan make up yang di bawa yang sewajarnya saja.

Obat-obatan pribadi pun juga tidak boleh lupa kamu bawa. Selain itu, pakaian dan sebagainya bawa seperlunya saja.

Tinggalkan Sebuah Balasan