Mendaki Gunung adalah kebiasaan yang unik dan menyenangkan karena pendakian memerlukan pengorbanan yang begitu besar demi untuk melihat pemandangan alam yang mengagumkan dan indah. Seseorang pendaki biasanya menamakan dirinya sendiri sebagai pecinta alam. Pecinta alam sangat banyak tersebar di berbagai daerah, yang biasanya melakukan pendakian-pendakian di gunung. Akan tetapi sebelum melakukan pendakian harus mempersiapkan beberapa barang-barang yang harus dibawa untuk bekal pendakian. Tidak hanya itu, bekal mental pun harus dipersiapkan. Beberapa hal itu adalah

 

Persiapkan Mental, Fisik, dan Stamina

Mental, Fisik, dan stamina sangat dibutuhkan dalam melakukan pendakian. Hal ini di lakukan untuk menjaga keadaan fisik maupun stamina seseorang saat pendakian tidak akan mudah lemas, capek dan tidak kaget dengan medan pendakian. Mental sangat diperhatikan karena akan menyesuaikan suhu di pegunungan yang sangat dingin.

 

Melakukan Riset Akan Kondisi Gunung

Beberapa orang sangat meremehkan akan kondisi dan rintangan di gunung. Hal ini harus dihindari karena medan di gunung itu tidak dapat dipastikan. Lebih aman lagi kalian harus melakukan riset terlebih dahulu dengan menghubungi pengelola wisata, dengan ini kalian dapat menanyakan kondisi gunung dengan rinci dan jelas.

 

Persiapkan Alat Pendakian

Alat pendakian memudahkan kalian dalam melakukan pendakian. Siapkan alat-alat pendakian yang berstandar sehingga keselamatan dapat terjamin. Hindarilah membawa banyak pakaian, karena hal ini akan membuat tas ransel kalian membuat berat dan cepat membuat punggung pegel-pegel.

 

Ajak Teman Anda Yang Sudah Profesional

Ini menjadi hal sangat penting apabila kalian menjadi pendaki semula, karena ini akan membantu kalian dalam melakukan pendakian. Teman kalian dapat menjadi referensi untuk pendakian kalian. Kalian dapat menanyakan hal-hal yang berkaitan pendakian, dan jangan sampai kalian mendaki dengan diri sendiri dan masih kurang dalam ilmu survival karena hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan kalian.

 

Peka Terhadap Kondisi dan Patuhi Segala Peraturan

Seorang pendaki harus peka terhadap kondisi sekitar. Karena kita dituntut untuk siap dalam medan yang ada di gunung. Kita harus juga patuh dan taat dengan segala peraturan-peraturan yang diterapkan untu menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Saat mendaki gunung, Anda harus benar-benar peka terhadap kondisi alam dan diri sendiri. Jika kondisi cuaca berubah menjadi terlalu ekstrim, Anda sebaiknya berhenti, kembali, atau mencari tempat aman. Jika kondisi tubuh Anda terasa letih, beristirahatlah atau kembali jika masih memungkinkan. Lebih baik Anda batal naik gunung atau batal sampai puncak daripada memaksakan diri dan berpotensi besar membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Tinggalkan Sebuah Balasan