Tidak kalah dari Surakarta, Surabaya juga memiliki bus wisata yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif untuk mengelilingi Kota Surabaya dengan nuansa yang berbeda.

Jika di Surakarta ada bus wisata tingkat yang bernama Werkudara, ternyata Surabaya juga memiliki bus serupa dan diberi nama bus SSCT yang merupakan kepanjangan dari Surabaya Shopping & Culinary Track. Bus SSCT memungkinkan kamu untuk keliling kota dan mengetahui sekilas sejarah tiap sudut yang akan kamu lalui di rute yang telah ditawarkan.

Apakah bus SSCT sama dengan bus Werkudara? Tidak, ternyata berbeda. Apa bedanya sih? Perbedaan yang mencolok dari kedua fisik bustersebut adalah jika Werkudara merupakan bus tingkat, sedangkan bus SSCT lebih menyerupai bus SHT atau Surabaya Heritage Track milik House of Sampoerna.

Namun semua bus wisata tersebut menawarkan sesuatu yang hampir sama, yaitu keliling kota dengan beberapa pilihan rute. Menurut penjelasan di atas, Surabaya memiliki dua bus wisata yang antik, yakni bus SSCT dan bus SHT. Yuk, kita mengenal lebih dekat kedua bus wisata tersebut!

Apa sih sebenarnya bus SSCT dan bus SHT ini?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa bus SSCT merupakan bus Surabaya Shopping & Culinary Track, bus ini disediakan khusus oleh Pemerintah Kota Surabaya untuk wisatawan yang sedang berkunjung ke Surabaya dan ingin berkeliling kota dengan nuansa yang berbeda.

kota Surabaya
Bus Surabaya Shopping Culinary & Track via traveltourismindonesia.com

Bus SSCT ini dikelola oleh Surabaya Tourism Information Center (STIC) yang semula kantornya berada di Balai Pemuda, namun saat ini kantor STIC dipindahkan sementara di belakang Balai Pemuda karena kantor lama sedang dalam masa renovasi.

Sedangkan bus SHT atau Surabaya Heritage Track ini merupakan bus wisata yang dimiliki oleh salah satu museum yang ada di Surabaya, yakni House of Sampoerna. Selain terdapat sebuah museum berisi tentang sejarah dan perkembangan Sampoerna, museum ini terdapat dalam satu gedung dengan ruangan yang berisi puluhan karyawan yang sedang meracik rokok batangan.Sangat unik, bukan?

kota surabaya
Bus Surabaya Heritage Track via insanbaca.wordpress.com

Keluar dari museum kamu pun bisa masuk menjelajahi gallery seni yang berisi pameran seni dan selalu berganti tergantung tema yang diangkat. Lalu pengunjung HoS pun bisa mengikuti short trip gratis yang disediakan oleh pihak HoS.

Bagaimana dengan rute yang ditawarkan oleh masing-masing bus wisata?

Rute yang ditawarkan oleh kedua bus wisata tersebut agak berbeda. Kita bahas soal rute bus SSCT dulu ya, bus SSCT menawarkan rute yang cukup panjang. Beberapa bulan lalu saja, bus ini menawarkan rute keliling Kota Surabaya yang dimulai dari Balai Pemuda – Balai Kota – Museum Surabaya – Masjid Jami’ Peneleh – Rumah HOS Tjokroaminoto – Masjid Kemayoran – Balai Pemuda. Eitss.. hampir lupa, rute tersebut hanya tersedia hanya di hari Selasa saja.

Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu, rute yang mereka tawarkan adalah Balai Pemuda – Balai Kota – Museum Surabaya- Sentra UKM MERR – Taman Bungkul – Masjid Al Falah – Balai Pemuda.

Semua orang bisa mengikuti trip ini, termasuk kamu. Syaratnya adalah cukup memesan kursi supaya bisa ikut keliling kota dengan menumpang bus SSCT dan menyisihkan uang sebesar Rp 7500 untuk tarif sekali jalan.

kota surabaya
suasana di dalam STIC via detik.com

Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa langsung menghubungi STIC yang lokasinya di Jl. Gubernur Suryo 15 Surabaya, atau kamu bisa menghubungi mereka lewat telepon di nomor 031 534-0444.

Bahas bus SSCT sudah, sekarang giliran membahas tentang rute bus SHT. Ada yang berbeda dengan rute Surabaya Heritage Track, karena rutenya selalu berubah, mengikuti tema yang dibuat setiap bulannya.

Misalnya nih, bulan depan adalah bulan November, tema yang diambil saat bulan November tiba adalah semua yang berbau peristiwa Sepuluh November 1945. Biasanya rute yang ditawarkan pada bulan tersebut adalah HoS – Jembatan Merah – Tugu Pahlawan – Hotel Majapahit – HoS.

kota surabaya
reservasi jauh-jauh hari supaya bisa ikut trip ini via annafardiana.files.wordpress.com

Rutenya memang lebih pendek dari rute yang ditawarkan bus SSCT, namun kamu tidak dipungut biaya untuk mengikuti short trip ini. Cukup melakukan reservasi untuk mengikuti program ini dengan menghubungi Tracker Information Center (TIC) melalui nomor telepon 031 539000 . Ingat ya, bus SHT lebih sering beroperasi di akhir pekan saja mulai dari hari Jumat.

Mengingat kapasitas tempat duduk yang tersedia di kedua bus wisata tersebut, maka kamu sarankan untuk memesan jauh-jauh dari supaya tidak kehabisan dan tentunya punya kesempatan untuk berkeliling Kota Surabaya dengan bus antik plus ditemani pemandu yang berpengalaman.

 

Dari ulasan di atas kita jadi tahu bahwa ada satu cara lagi sebagai alternatif menikmati Kota Surabaya. Program short trip ini sangat cocok kamu ikuti dengan mengajak keluarga bahkan teman-teman. Tertarik untuk mencoba? 🙂

 

Tinggalkan Sebuah Balasan