Manusia pada dasarnya sama. Tapi, mengapa ada yang bisa menjadi orang sukses. Sedangkan ada pula orang-orang yang selalu merasakan kesulitan sepanjang hidupnya. Kenapa??

Nah, sejatinya yang membedakan adalah kemampuan mengelola beragam hal dalam hidupnya, termasuk mengatur keuangan pribadi. Orang-orang yang sukses selalu bisa melakukannya dengan baik. Akibatnya mereka bisa menata kehidupan sesuai dengan yang mereka idamkan. Tertarik??

Kali ini admin ingin membagi tips untuk mengatur keuangan pribadi sebenarnya tidak rumit. Ada beberapa prinsip yang dapat dijadikan pegangan teman-teman kala mengatur keuangan pribadi. Langsung saja…

Pertama,

Buat daftar pengeluaran

Langkah pertama teman-teman harus membuat daftar pengeluaran. Daftar pengeluaran sangat penting digunakan untuk  mengontrol pengeluaran teman-teman. Mulailah dengan membagi berbagai jenis pengeluaran yang sering anda gunakan, semisal :

  1. Makan selama 1 bulan = 1.000.000
  2. Biaya sewa kos selama 1 bulan = 750.000
  3. Bensin selama 1 bulan = 400.000
  4. Uang Jajan selama 1 bulan = 1.000.000

dengan seperti itu teman-teman akan lebih muda mengontrol pengeluaran.

 

Kedua,

Buat daftar pemasukan

Selanjutnya, setelah teman-teman membuat daftar pengeluaran,  jangan lupa juga untuk membuat daftar pemasukan. Daftar pemasukan di sini akan memudahkan teman-teman untuk memanage pengeluaran dengan se efisien mungkin agar pengeluaran tidak membengkak.

 

Ketiga,

Biasakan hidup hemat

Hidup hemat menjadi kunci semuanya, ketika teman-teman sudah membuat daftar pengeluaran dan pemasukan semuanya terasa sia-sia jika teman-teman tidak hemat dalam pengeluaran. Berbelanja kebutuhan sehari-hari dalam skala minggu, maka ini akan lebih menghemat pengeluaran teman-teman. Hindari kehidupan glamor yang lebih banyak mengeluarkan uang, seperti nonton sama teman, sering foya-foya dan lain-lain.

 

Keempat,

Barter lebih baik

Barter terkadang lebih menguntungkan untuk teman-teman dibeberapa kasus, semisal teman-teman ingin membeli buku, akan tetapi teman kalian sudah punya buku tersebut. Maka cobalah barter dengan teman kalian dengan barang yang kalian miliki. Hal ini lebih menguntungkan  untuk kalian daripada membeli buku yang asli dengan harga normal.

 

Mungkin itu saja yang bisa admin bagikan kali ini, jangan lupa tunggu info selanjutnya… :’)

Tinggalkan Sebuah Balasan