Apa kamu pernah mendengar tentang Atlantis? Sebuah pulau yang hilang yang sampai saat ini masih belum dapat dipastikan di mana tepatnya lokasi pulau yang hilang ini. Namun, ada beberapa ilmuan yang membuat hipotesis tentang letak dari Atlantis. Ini beberapa tempat yang diduga lokasi Atlantis yang hilang.

kota-atlantis

Atlantis adalah sebuah pulau yang menurut plato memiliki peradaban yang tinggi bahkan plato menyatakan bahwa pulau ini merupakan komunitas yang hampir sempurna. Pada buku Timaeus plato berkisah :

“Di hadapan Selat Mainstay Haigelisi, ada sebuah pulau yang sangat besar, dari sana kalian dapat pergi ke pulau lainnya, di depan pulau-pulau itu adalah seluruhnya daratan yang dikelilingi laut samudera, itu adalah kerajaan Atlantis. Ketika itu Atlantis baru akan melancarkan perang besar dengan Athena, namun di luar dugaan, Atlantis tiba-tiba mengalami gempa bumi dan banjir, tidak sampai sehari semalam, tenggelam sama sekali di dasar laut, negara besar yang melampaui peradaban tinggi, lenyap dalam semalam.

Namun, hingga saat ini terdapat beberapa hipotesis yang menyatakan lokasi dari Atlantis yang hilang. Berikut adalah beberapa tempat yang diduga lokasi Atantis yang hilang :

1. Minoans

Minoan_Palace

Sebuah teori menyebutkan bahwa Atlantis sebenarnya menceritakan tentang kisah Minoans yang sudah tinggal ribuan tahun di Yunani. Namun, saat berada di puncak kekuasaan, pulau ini pun tenggelam akibat terjadinya gempa bumi yang disusul dengan tsunami.

2. Laut Hitam

BlackSea-1.A2003105.1035.250m

Teori ini menyatakan kisah Atlantis yang sebenarnya fiksi itu, terinspirasi dari kisah nyata di sekitar laut Hitam 5600 SM. Saat itu Laut Hitam berukuran setengah lebih besar dari pada sekarang. Hanya saja banjir besar menghancurkan banyak peradaban di sekitar pantai.

3. Israel atau Kanaan

Kanaan-Conservation

Menurut teori ini, Atlantis bukanlah sebuah pulau. Tapi, Atlantis adalah sebuah suku yang terletak di sepanjang tepi timur laut Mediterania.

4. Sardinia

sardinia-40604790-1502812803-ImageGalleryLightboxLarge

Pulau yang terletak di kawasan Italia ini tidak luput di cap sebagai lokasi Atlantis yang hilang.

5. Azores

azores-348234

Tempat ini diperkirakan merupakan lokasi di mana Atlantis berada karena lokasinya yang berada di bawah perairan laut dalam. Beberapa orang mempercayai bahwa Azores adalah puncak gunung dari Atlantis.

6. Sundaland

sundaland

Dikatakan juga bahwa Atlantis berada di Sundaland yang mana Sundaland tersebut berada di Indonesia. Hal ini dikarenakan daratan Indonesia dulunya menyatu, sampai kemudian permukaan laut naik dan menenggelamkan sebagian besar pulau yang kemungkinan terdapat Atlantis di sana.

7. Madeira

madeira1

Pulau Portugis di Atlantik ini diusulkan sebagai lokasi di mana Atlantis berada.

8. Andalusia

andalusia

Tim dari National Geographic menemukan bukti bahwa Atlantis ini berada di barat daya Andalusia.

9. Segitiga Bermuda

segitiga bermuda

Teori ini menyatakan bahwa Segitiga Bermuda telah menelan Atlantis. Para pendukung menunjuk ke apa yang terlihat seperti struktur buatan manusia di lepas pantai Bimini.

10. Kepulauan Canary

canary

Banyak peneliti yang menyebut jika Kepulauan Canary sebenarnya merupakan gugusan pulau di Atlantik.

Sumber : jogja.tribunnews.com

Tinggalkan Sebuah Balasan