Masa hamil adalah masa paling bersejarah bagi seorang ibu dan tentu tidak mudah dilupakan. Pada masa hamil inilah hubungan batin antara ibu dan janin yang ada dalam kandungannya terjalin dengan sangat intensif. Seorang ibu yang mengetahui bahwa dirinya hamil akan sangat memperhatikan kesehatan badannya agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan kepada janinnya. Salah satunya yaitu faktor makanan yang sering dikatakan pisau bermata dua, disatu sisi makanan dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janinnya, namun jika tidak teliti makanan juga bisa menyebabkan hal berbahaya bagi bayi dan juga ibunya. Melalui tips ini, kami memberikan 7 jenis makanan yang sangat diperlukan ibu dan bayinya saat usia kehamilan.

Ikan Salmon

Isu tentang ikan salmon yang tidak baik untuk ibu hamil memang banyak membuat ibu hamil ragu untuk mengkonsumsi ikan salmon. Namun sekarang data tentang itu sudah banyak dibantah. Ikan salmon terbukti bisa menambah kecerdasan bayi sejak dalam kandungan. Ikan salmon juga mengatasi ibu hamil dari kekurangan gizi.

Berikut ini manfaat ikan salmon untuk ibu hamil.

  1. Ikan salmon menjadi sumber asam lemak omega 3 tak jenuh dan DHA yang bisa memperkuat kecerdasan dan fungsi otak. Konsumsi terbaik ikan salmon perlu ditingkatkan saat usia kehamilan masuk ke trimester kedua dan ketiga.
  2. Ikan salmon bisa mengurangi masalah kesehatan jantung pada ibu hamil dan janin.
  3. Ikan salmon juga mencukupi kebutuhan kaliun sehingga bisa membantu ibu hamil dalam mengatasi masalah kesehatan jantung.

Telur

Telur menjadi sumber makanan yang paling mudah didapatkan. Telur juga bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Kandungan nutrisi yang ditemukan pada telur antara lain adalah protein, lemak, mineral dan vitamin yang sangat lengkap. Bagi semua wanita hamil sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi telur setengah matang dan telur mentah. Anda bisa mengkonsumsi telur sepanjang usia kehamilan.

Berikut ini manfaat konsumsi telur untuk ibu hamil dan janin.

  1. Telur mengandung sumber protein yang sangat baik untuk menjaga pertumbuhan janin dan sumber tenaga bagi ibu hamil.
  2. Telur mengandung 12 vitamin dan mineral yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dan otak bayi. Bahkan asam folat pada telur mendukung bayi agar terhindari dari cacat tabung dan syaraf.
  3. Telur membantu ibu hamil agar tidak memiliki kolesterol yang terlalu tinggi. Namun disarankan untuk mengkonsumsi kuning telur dalam jumlah yang terbatas.

Ikan Kod

Ikan kod menjadi suplemen yang sangat baik untuk ibu hamil. Ikan kod yang sudah dikemas menjadi minyak pada umumnya lebih aman dikonsumsi daripada ikan kod yang masih segar. Kandungan terbaik dari minyak ikan kod adalah asam lemak omega 3 tak jenuh yang penting untuk menjaga sistem syaraf dan otak pada bayi.

berikut ini manfaat konsumsi ikan kod selama kehamilan.

  1. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan kod sangat baik untuk menjaga sistem kesehatan mata dan melindungi ibu hamil dari penyakit jantung.
  2. Kandungan nutrisi dalam ikan kod mencegah ibu hamil dari gangguan preklamsia dan makanan untuk mencegah bayi cacat lahir.

Ikan Sarden

Ikan sarden yang telah diolah menjadi makanan kaleng sangat baik untuk ibu hamil. Ikan sarden mengandung asam lemak omega 3 tak jenuh yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol selama kehamilan. Selain itu, ikan sarden mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

Berikut ini manfaat ikan sarden selama kehamilan.

  1. Asam lemak omega 3 dalam ikan sarden sangat baik untuk mendukung pertumbuhan otak dan syaraf pada janin. Selain kandungan asam lemak omega 3 juga sangat baik untuk membantu tubuh mengurangi kolesterol.
  2. Ikan sarden juga mengandung vitamin A, vitamin E dan vitam D yang sangat baik untuk melindung tubuh dari kerusakan sel dan menjaga kesehatan jantung.
  3. Ikan sarden juga mengandung vitamin D dan kalsium yang sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin.
  4. Ikan sarden tidak menganding merkuri sehingga aman dikonsumsi untuk ibu hamil dan janin.

Kedelai

Kedelai bisa menjadi makanan yang sangat bergizi untuk ibu hamil. Kedelai mengandung asupan protein, asam folat dan serat dalam jumlah yang tinggi. Anda bisa mencukupi kebutuhan kedelai dari berbagai jenis makanan seperti tempe, tahu dan susu kedelai.

Berikut ini manfaat mengkonsumsi kedelai selama kehamilan.

  1. Kedelai menjadi sumber zat besi dan folat sehingga sangat baik untuk menjaga produksi sel-sel darah merah dan mencegah cacat pada bayi.
  2. Kedelai juga mengandung asam fitrat sehingga sangat baik untuk mencegah penyerapan tubuh terhadap berbagai jenis logam seperti merkuri, termasuk makanan penguat kandungan.

 

Tinggalkan Sebuah Balasan