Kecanggihan teknologi karena berkembangnya zaman disadari atau tidak secara perlahan sekarang kita mulai menerapkan gaya hidup digital. Hampir semua aspek kehidupan mulai bergeser dengan bantuan digital mulai dari urusan publikasi, membaca buku, belanja, hingga pembayaran kebutuhan sehari – hari.

Tidak hanya orang tertentu saja, saat ini gaya hidup digital sudah mulai diterapkan oleh seluruh lapisan masyarakat tertuma anak muda baik itu pelajar maupun mahasiswa. Terkadang era digital membuat kita terutama anak muda menjadi lebih malas karena semuanya dimudahkan dengan adanya teknologi dan transaksi secara online.

Ini dia bukti kita mulai memasuki era serba digital

  1. Berbagi materi dengan mudah via cloud file storage

Buat kalian yang masih sekolah atau mungkin mahasiswa, pasti kalian mempunyai akun email. Masih sering repot dengan saling kirim email untuk mengerjakan tugas? Saat ini ada fasilitas yang bisa dimanfaatkan, yaitu cloud file storage atau tempat penyimpanan data virtual. Dengan menggunakan fasilitas ini, setiap anggota dapat mengedit dan saling mengomentari data yang sedang dikerjakan secara langsung dan bersamaan.

  1. Promosi Digital

Untuk memasarkan suatu event atau produk agar lebih lebih banyak orang yang tahu maka dibutuhkan media publikasi yang mumpuni seperti media sosial. Dengan menggunakan media sosial , kita akan dipermudah untuk memperluas publikasi. Hal ini terjadi karena didalam media sosial kalian dapat memperoleh lebih banyak audiens yang mengetahui informasi yang ingin kalian sebarkan, selain itu kalian juga dapat menghemat banyak biaya karena tidak perlu lagi mencetak poster dan pamflet.

  1. Mencari Jurnal dengan Mudah

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa pasti membutuhkan banyak referensi pengetahuan. Era digital ini dapat mempermudah kalian untuk mencari referensi baik di dalam maupun diluar negeri yang ada di internet. Hal ini sangat membantu untuk kalian yang sedang mengeejakan skripsi maupun penelitian lainnya agar tidak kehabisan materi.

  1. Aplikasi E-Ticketing

Untuk kalian yang suka berpergian atau datang ke sebuah konser atau event, saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan jasa jual beli tiket secara online atau sering disebut e-ticketing. Hal ini tentu akan menghemat waktu kalian karena tidak harus datang kesuatu tempat dan mengantri lama untuk booking tiket.

  1. Uang tunai diganti dengan e-money

Sekarang tidak perlu lagi membawa dompet tebal atau takut uangnya kecopetan, karena dengan e-money kamu sudahtidak perlu membawa uang cash. E-money sendiri adalah suatu alat tukar barang seperti uang tetapi tidak ada bentuk fisiknya. Biasanya e-money digunakan untuk membeli tiket nonton, membeli pulsa, membayar TOL, atau dapat juga untuk donasi.

Nah ini dia 5 contoh pergeseran di era digital ini, kira – kira 10tahun kedepan akan berubah lagi tidak ya?

 

Sumber : www.life.idntimes.com

Tinggalkan Sebuah Balasan