Saat main ke Surabaya dan memiliki waktu luang selama 12 jam, boleh lho memanfaatkan waktu yang ada untuk jalan-jalan ke Madura.

Letak Madura memang terpisah dengan pulau Jawa, namun jangan salah ya, saat ini akses menuju kesana sudah sangat mudah, mau lewat darat, laut, bahkan udara pun semua bisa. Semenjak jembatan Suramadu diresmikan oleh pemerintah setempat, akses menuju Madura dari Surabaya lewat jalur darat semakin lancar jaya.

Menyeberang ke Madura pun jauh lebih mudah, kamu hanya diwajibkan untuk membayar retribusi dengan tarif tidak lebih dari Rp 5ribu sekali jalan. Kembali ke topik utama nih, jika kamu dolan ke Surabaya dan memiliki waktu luang selama 12 jam untuk singgah sebentar di Madura, destinasi mana saja yang cocok untuk kamu kunjungi?

1. Merasakan gurih dan renyahnya bebek kremes Sinjay dan sambal pencitnya yang khas

keliling madura
bebek kremes via surabayarek.com

Jika kamu jalan-jalan ke Madura, rasanya belum sah jika kamu belum memanjakan lidah sekaligus mengisi perut di rumah makan Bebek Sinjay. Bebek Sinjay ini merupakan salah satu kuliner kondang yang ada di Bangkalan, Madura. Menu andalan di sini adalah bebek kremes dan sambal pencitnya.

Kebayang dong, makan nasi bebek goreng yang ditaburi kremes, daging bebeknya empuk, renyah dan gurih lalu tidak lupa suwiran bebek goreng dicocol ke sambal pencit, kemudian melahapnya dengan sesuap nasi pulen yang hangat. Wihh… enak tenan!

Rumah makan ini letaknya tidak jauh dari Suramadu, lebih tepatnya berada di tepi Jalan Raya Ketengan, Bangkalan dan jaraknya hanya sekitar 20menit saja dari Suramadu.

2. Bukit Jaddih, bekas lokasi penambangan kapur putih yang menyuguhkan pemandangan indah

keliling madura
bukit Jaddih via phinemo.com

Bukit yang terletak di desa Jaddih, Bangkalan ini sebenarnya adalah salah satu bukit di Madura yang dijadikan sebagai lokasi penambangan kapur putih, sisa-sisa penambangan ternyata malah membuat pemandangan yang unik dan indah, akhirnya tempat ini beralih menjadi tempat wisata yang saat ini sudah dibuka untuk umum.

Hanya berjarak kurang lebih 27 km dari Surabaya dan mungkin memakan waktu selama 1-1,5 jam untuk melakukan perjalanan kesana, bukit ini layak kamu masukkan ke dalam list atau daftar objek wisata favorit Madura.

3. Tidak jauh dari Bukit Jaddih, terdapat pemandian unik yang bernama Aeng Guweh Pote

keliling madura
aeng guweh pote via kaskus.co.id

Pemandian yang berbentuk kolam renang ini juga berada di sekitar penambangan batu kapur dan lokasinya pun berada di desa Jaddih, Kabupaten Bangkalan. Apa sih yang unik dari kolam renang ini?

Kolam renang ini dibangun di area bekas penambangan batu kapur, lalu uniknya lagi air yang digunakan untuk mengisi kolam renang merupakan air yang berasal dari sumber mata air yang berada di lokasi tersebut.

Tidak hanya itu, jika dilihat dari kejauhan maka air dari pemandian tersebut berwarna hijau. Apakah airnya berbahaya? Enggak lah… semua aman jika bermain air di tempat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa air ini tidak aman, kok. 🙂

4. Berburu sunset di pantai Siring Kemuning

keliling madura
pantai siring kemuning via surabaya.panduanwisata.id

Sebenarnya Madura memiliki banyak sekali pantai yang menarik, namun pantai yang lumayan bagus dan lokasinya tidak jauh dari Suramadu adalah pantai-pantai yang berada di Bangkalan. Salah satunya ialah pantai Siring Kemuning, pantai ini terletak di Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan.

Apa saja sih yang bisa kamu lakukan di sana? Jika kamu beruntung, kamu dapat menikmati golden sunset di pantai tersebut, karena pantainya menjorok ke barat.

5. Menikmati pemandangan khas pantai sekaligus melihat mercusuar lebih dekat di pantai Sambilangan

keliling madura
mercusuar sambilangan via gerbangkertosusila.com

Mungkin sebagian orang belum tahu mengenai keberadaan salah satu pantai menarik di Madura ini, karena pantai Sambilangan sendiri terletak di daerah yang tergolong masih terpencil. Lokasinya berada sekitar 7 km di sebelah selatan Kota Bangkalan, lebih tepatnya berada di desa Sambilangan, kecamatan Bangkalan.

Selain dapat menikmati suasana pantai, kamu pun bisa meluangkan waktu untuk melihat mercusuar lebih dekat. Jika kamu beruntung kamu dapat memasuki dan menapaki ratusan anak tangga untuk mencapai puncak dari mercusuar. 😀

 

Nah, itu dia 5 tempat yang bisa kamu kunjungi jika kamu memiliki waktu yang relatif singkat, misalnya hanya 12 jam saja. Saat main ke Surabaya lalu jenuh dengan suasana Surabaya yang itu-itu saja, boleh lho menyempatkan diri untuk melipir ke Madura. Apakah kamu tertarik untuk ke Surabaya dan melakukan one day trip ke Madura? Atau ada destinasi favorit lain? Ceritakan di kolom comment ya!

Tinggalkan Sebuah Balasan