Masa kehamilan terbagi menjadi tiga yaitu trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga. Setiap trimester tersebut Ibu hamil akan sangat membutuhkan nutrisi pada trimester pertama ibu membutuhkan banyak sekali kalori hal ini untuk mengatasi rasa mual, trimester kedua kebutuhan nutrisi sangat diperlukan untuk perkembangan janin dan trimester ketiga ibu sangat memerlukan asupan bergizi untuk membantu perkembangan plasenta dan juga jaringan agar proses persalinan berjalan lancar. Semua kebutuhan nutrisi tersebut bisa didapatkan sengan mengkonsumsi buah-buahan. Salah satu cara untuk memenuhi asupan nutrisi ibu hamil yaitu dengan mengkonsumsi jus buah. Mengkonsumsi jus buah tentunya akan memberikan manfaat yang baik baik untuk ibu maupun sang janin. Jus yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil yaitu buah yang mengandung asam folat, kalsium, karbohidrat dan berbagai vitamin. Berikut ini adalah semua informasi jus buah yang baik untuk ibu hamil muda dan tua, diantaranya yaitu sebagai berikut.

Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang sangat kaya akan kandungan asam folat selain itu terdapat berbagai vitamin mulai dari vitamin B, vitamin C dan juga vitamin K. Pada alpukat juga terdapat kandungan serat, zat besi, kolin, dll. Tak heran jika alpukat mempunyai banyak sekali manfaat alpukat untuk ibu hamil  mulai dari melancarkan penceraan ibu hamil, memberikan tambahan energy dan juga melengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda. Sedangkan manfaat untuk janin yaitu membantu tumbuh kembang janin, selain itu dapat mencegah cacat tabung saraf. Untuk itu konsumsilah jus alpukat untuk memenuhi asupan gizi Anda.

Mangga

Jus buah yang baik untuk ibu hamil yang pertama yaitu jus mangga. Pada buah mangga terdapat kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan terdapat kandungan kalori sebanyak 50 kal. manfaat mangga untuk ibu hamil yaitu mendapatkan energy tambahan selain itu vitamin yang ada pada mangga memberikan manfaat membentuk sistem pertahanan tubuh ibu dan juga janin lebih kuat. Manfaat lainnya yaitu dapat membantu proses perkembangan sistem saraf dan juga menyempurnakan fungsi otak. Jika Anda akan membuat jus mangga usahakan untuk tidak menambahkan gula tambahan karena mangga mempunyai rasa yang manis sehingga enak dikonsumsi tanpa menambhkan pemanis buatan.

Pepaya

Jus buah yang baik untuk ibu hamil yang pertama yaitu jus mangga. Pada buah mangga terdapat kandungan vitamin A, vitamin B6. Vitamin C dan terdapat kandungan kalori sebanyak 50 kal. manfaat mangga untuk ibu hamil yaitu mendapatkan energy tambahan. Selain itu vitamin yang ada pada mangga memberikan manfaat membentuk sistem pertahanan tubuh ibu dan juga janin lebih kuat. Manfaat lainnya yaitu dapat membantu proses perkembangan sistem saraf dan juga menyempurnakan fungsi otak. Jika Anda akan membuat jus mangga usahakan untuk tidak menambahkan gula tambahan karena mangga mempunyai rasa yang manis sehingga enak dikonsumsi tanpa menambhkan pemanis buatan.

Jeruk

Jeruk merupakan buah yangs sering kali dikonsumsi ibu hamil saat dirinya merasa mual. Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C selain itu kaya akan serat, asam folat, dll. Manfaat dari jeruk untuk janin yaitu mencegah terjadinya cacat otak dan cacat tulang belakang pada janin, menghambat kerusakan sel. Sedangkan manfaat jeruk untuk ibu hamil yaitu membantu tubuh dalam proses penyerapan zat besi, meningkatkan daya imun tubuh dan juga menghilangkan rasa mual.

Jambu Biji

Jambu merupakan buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Manfaat dari jus jambu biji diantarnaya yaitu mencegah dari berbagai gangguan pencernaan, mengatasi sembelit. Sembelit merupaka gangguan pencernaan yang sering terjadi pada usia kehamilan 4 hingga 6 bulan sehingga dengan mengkonsumsi jus jambu ibu akan terhindar dari sembelit. Untuk itu konsumsilah jus jambu secara rutin.

Buah Naga

Buah naga merupakan buah yang sangat kaya akan serat. Beberapa manfaat yang diberikan dari mengkonsumsi jus buah naga yaitu meningkatkan daya imun tubuh ibu hamil dan melancarkansistem pencernaan. Sedangkan manfaat untuk janin yaitu membantu proses pertumbuhan tulang dan juga memenuhi kebutuhan protein janin selama dalam kandungan. Untuk itu konsumsilah jus buah naga secara rutin 1 kali sehari.

Buah Bit

Buah bit merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Khasiat dari jus buah bit yaitu membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih bugar, memperkuat daya tahan tubuh dan memperkuat tulang ibu hamil. Sedangkan manfaat untuk janin yaitu membantu proses pertumbuhan tulang pada janin. Cara membuat jus buah bit yaitu Anda dapat memadukannya dengan apel, wortel dan jahe. Siapkan 1 ukuran sedang buah bit kemudian tambahkan apel, wortel, 1 ruas jahe dan tambahkan air dingin lalu blender hingga menjadi jus.

Lemon

Jus lemon akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk masa kehamilan trimester pertama. Pada saat trimester pertama ibu hamil sering kali merasakan mual yang tak tertahankan sehingga dengan mengonsumsi jus lemon maka rasa mual tersebut akan teratasi. Selain itu lemon mempunyai manfaat mengatasi sembelit, mencegah terjadinya dehidrasi, mengontrol tekanan darah dan juga menjadi penetral racun dalam tubuh. Akan tetapi konsumsilah jus lemon dalam jumlah yang secukupnya jangan mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebih.

 

Tinggalkan Sebuah Balasan