Kamu sering Ngopi ? Ini Efek Negatif Jika Kamu Terlalu Sering Minum Kopi. Kopi merupakan salah satu minuman yang sudah sangat mendunia. Hampir d seluruh negara di belahan dunia mana pun memiliki ciri khas masing-masing dalam penyajian kopi. Kopi, mengandung senyawa kafein yang menurut para ahli kesehatan senyawa yang menimbulkan rasa pahit ini mengandung psikotonik kuat dan diuretik ringan.

Hal ini akan mengakibatkan tubuh kita terasa lebih segar, bergairah, daya pikir yang lebih cepat, tidak mudah lelah, serta tidak mudah mengantuk. Kandungan kafein juga dipercaya dapat membantu mengobati sakit kepala, karena kandungannya yang dapat mempersempit pembuluh darah ke otak.

 

kopi

Berikut ini adalah beberapa efek negatif, jika kamu terlalu sering ngopi :

1. Detak Jantung Menjadi Lebih Cepat

Jika kamu terlalu banyak ngopi, maka hal ini akan mempercepat proses pemompaan darah oleh jantung. Sehingga, bagi penderita penyakit jantung tidak dianjurkan untuk meminum kopi secara berlebihan.

2. Meningkatkan Kadar Asam Lambung

Terlalu sering meminum kopi dapat meningkatkan kadar asam lambung. Sehingga jika kita terlalu sering ngopi, akan menimbulkan penyakit maag.

3. Melemahkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu efek kafein adalah kafein menyerap kandungan vitamin, mineral dan cairan tubuh. Sehingga hal ini akan menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah.

4. Ngopi Akan Meningkatkan Kadar Trigliserida

Jika kamu terlalu sering meminum kopi, akan menyebabkan kadar trigliserida dan kolesterol meningkat di dalam tubuh. Sehingga, lemak akan menumpuk dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah, dan akan menimbulkan risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Tidak Baik Bagi Ibu Hamil

Kafein dapat menyerang plasenta, sirkulasi darah dan detak jantung di kandungan. Maka dari itu sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk tidak mengonsumsi kopi.

6. Hipertensi

Senyawa dalam kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Sehingga, hal ini bisa mengakibatkan timbulnya penyakit hipertensi.

7. Produksi Urine Meningkat

Kafein dapat meningkatkan aliran darah ke ginjal sehingga dan meningkatkan produksi urine.

8. Risiko Kanker Kandung Kemih dan Ovarium

Menurut Physicians Commitee For Responsible Medicine dalam Healthy Eating for Life to Prevent and Treat Cancer mengungkapkan bahwa kopi dapat memengaruhi DNA dan juga meningkatkan risiko kanker kandung kemih dan ovarium.

9. Merusak Sel Mulut

Meminum kopi yang terlalu panas dapat merusak sel-sel di mulut sehingga memungkinkan timbulnya kanker di daerah tersebut.

10. Endometriosis

Hasil penelitian dari Harvard School of Public Health mengemukakan bahwa wanita yang mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat terjangkit sebuah kelainan yang menyerang sistem reproduksinya yang disebut endometriosis. Di mana si wanita akan mengalami sakit yang luar biasa saat dia menstruasi.

Sumber : halosehat.com

Tinggalkan Sebuah Balasan