dparagon.com – Setiap orang pasti memiliki tingkat kepercayaan diri yang berbeda-beda itu disebabkan kurangnya percaya diri dalam diri sendiri, sehingga sering tidak nyaman dalam melakukan hal apapun. Hal ini termasuk kepercayaan atas kemampuannya menghadapi lingkungan yang semakin menantang dan kepercayaan atas keputusan atau pendapatnya.

Rasa percaya diri adalah persepsi positif yang berasal dari dalam diri sendiri dan memiliki peranan penting saat orang lain memberikan penilaian atas diri kita. Sayangnya, masih banyak cewek yang kurang percaya diri, sehingga mereka tidak dapat memberikan kesan terbaik pada saat bersosialisasi dengan orang lain, baik di lingkungan sekolah, lingkungan kampus, rumah, dan sebagainya.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan munculnya rasa tidak percaya diri dalam diri seorang cewek. Namun, sebenarnya ada cara-cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk memupuk dan membangun rasa percaya diri  tersebut.

Berikut strategi yang dapat membantu kamu untuk membangun rasa percaya diri dan  memberikan kesan maksimal :

1. Persiapan

Selalu persiapkan diri kamu untuk menghadapi berbagai hal dan dihadapan banyak orang. Sangat penting untuk melakukan persiapan yang matang untuk membangun rasa percaya diri, mulai dari penampilan dan berbicara, berlatihlah untuk menyampaikan kalimat-kalimat tersebut di depan cermin atau teman dekatmu.

2. Merubah Cara Berpakaian

Cara kita berpakaian sangat menentukan penilaian orang lain yang berinteraksi dengan kita. Terlihat kurang rapi atau kurang menarik, akan memberi kesan yang kurang percaya diri ketika interaksi yang tejadi antara kita dengan orang lain.

Menggunakan pakaian untuk bisa tampil percaya diri tidak harus dengan menggunakan pakaian yang modis atau bermerek. Kamu dapat melakukan mix and match pakaian yang kamu miliki agar bisa sesuai dengan postur tubuh kamu.

3. Pakailah Makeup yang Ringan

Tidak harus memakai make up yang berlebihan ketika ingin tampil percaya diri. Cukup dengan memberi kesan yang natural pada wajah agar terlihat cantik, kamu hanya perlu berdandan yang sederhana saja.

Jika biasanya kamu menggunakan lipstik yang berwarna nude, gantilah dengan lipstik yang berwarna cerah. Maka bisa memilih lipstik pink yang akan memberikan kesan segar pada wajah.  Apapun make up yang kamu gunakan, satu hal yang pasti, kamu harus percaya diri menggunakannya.

4. Selalu Berpikir Positif

Jika kamu sadar bahwa kamu berpikir negatif, alihkan pikiran kamu untuk selalu berpikir positif. Kamu harus berbicara positif tentang masa depan kamu, dan tentang kemajuan kamu. Setiap hari, mulailah memikirkan beberapa hal positif seperti “aku harus bisa”, “aku dapat meraihya jika mau berusaha”.  Jangan pernah takut menunjukkan kekuatan dan kualitas kamu pada orang lain.

5. Miliki Jaringan Pendukung yang Positif

Dukungan dari orang-orang terdekat kamu dapat membangun percaya diri, mereka akan selalu berusaha membangun kepercayaan dirimu, membuat kamu bahagia dan memberikan kamu nasehat serta memotivasimu.

Di antara orang-orang yang mengisi hidup kamu, pikirkan siapa saja yang benar-benar bisa membuat kamu merasa hebat. Buatlah rencana untuk melewatkan waktu dengan orang-orang yang selalu mednukung dan menyemangati kamu.

6. Kenali Kemampuanmu

Setiap orang memiliki kemampuan dan kelebihan yang mungkin tidak dimiliki orang lain. Karena itu kenali dulu diri kamu supaya kamu dapat menemukan kemampuan dan kekuatan sesungguhnya yang kamu miliki. Jadi carilah apa yang mampu kamu lakukan dengan baik dengan mengekspresikan diri kamu melalui seni, musik, menulis, atau menari.

Memiliki berbagai minat dalam hidup tidak hanya membuat kamu lebih percaya diri, tetapi juga memperbesar peluangmu.

7. Banggalah Kepada Diri Sendiri

Kamu harus bangga pada dirimu sendiri, dengan kepribadian yang kamu miliki seperti rasa humor, kasih sayang, keahlian mendengarkan dan sebagainya. Kamu mungkin tidak menyadari bahwa kepribadian kamu layak dikagumi.

8. Bersabarlah Dengan Diri Sendiri

Terkadang kamu harus mengambil beberapa langkah mundur agar bisa maju. Kepercayaan diri tidak dapat dibentuk hanya dalam semalam. Mungkin kamu pernah mencobal hal baru namun gagal. Selalu belajarlah dari pengalaman itu. Tidak berhasil mencapai tujuan pertama adalah kesempatan untuk lebih memahami diri sendiri. Kepercayaan diri harus dipupuk dan dikembangkan sedikit demi sedikit.

9. Berhentilah Membandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain

Jika kamu ingin membangun kepercayaan diri, fokuskan perhatian pada usaha untuk membuat hidup kamu lebih baik, bukan malah untuk membuat hidup kamu meniru seperti hidup orang lain. Jika kamu ingin membangun rasa percaya diri, kamu harus sadar bahwa selalu ada orang yang lebih cantik, lebih cerdas, dan lebih kaya, daripada kamu, sama seperti selalu ada orang kurang menarik, kurang pintar, dan kurang berada daripada kamu. Itu semua tidak relevan, satu-satunya yang relevan yaitu kepedulian pada tujuan dan mimpi.

10. Belajarlah Untuk Bersyukur

Waktu membuktikan akar dari perasaan ketidaknyamanan dan tidak percaya diri adalah perasaan selalu tidak cukup atas kepemilikan sesuatu. Dengan mengakui dan menghargai apa yang kita miliki, kamu dapat melawan perasaan tidak utuh dan tidak puas. Menemukan kedamaian dalam diri akan membangkitkan percaya diri kamu.

Nah itulah strategi yang buat kamu percaya diri. Jadi kunci utama dalam membangun rasa percaya diri adalah selalu berpikir positif dalam menghadapi situasi apapun dengan kemampuan yang kamu miliki. Selalu bersyukur akan mendukung kepercayaan diri.

Tinggalkan Sebuah Balasan