9 Cara Jitu Supaya Cepat Dapat Kerja, Biar Ngganggur Nggak Kelamaan

dparagon.com – Banyak orang sulit menemukan pekerjaan, bahkan bukan hanya lulusan SLTA saja, tingkat Diploma dan Sarjana pun terkadang sering mengeluh akan sulitnya mencari pekerjaan, terlebih mereka yang ingin mencari kerja sesuai passion dan keinginan di bidang tertentu. Tentu hal ini ironi, karena sebetulnya bukan karena tidak ada lowongan tapi karena cara dan usaha mereka yang kurang efektif dan maksimal, kita tahu sekarang sudah sangat mudah memperoleh informasi lowongan kerja baik media koran maupun internet. Ratusan lowongan kerja di koran, ratusan lowongan kerja event jobfair,  dan ribuan lowongan di situs internet. Bahkan justru para recruiter perusahaan kesulitan mencari kandidat yang ingin di rekrut.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan dan terapkan dalam mencari pekerjaan. Mudah-mudahan bisa membantu mendapatkan pekerjaan dengan cepat.

1. Perluas jaringan relasi pertemanan

Perbanyaklah relasi pertemanan kamu baik online ataupun offline. Jangan sungkan untuk menanyakan info loker ke teman semasa sekolah ataupun kuliah. Dan kamu juga bisa bertanya kepada teman di media sosialmu, aktif di berbagai komunitas pencari kerja baik online maupun offline juga akan membantumu.

2. Manfaatkan media koran dan internet

Kamu bisa mencari informasi lowongan kerja dari media koran di akhir pekan. Kamu juga bisa manfaatkan media internet karena di sana banyak situs penyedia info lowongan kerja.

3. Kirim lamaran kerja online

Manfaatkan media internet untuk mengirim CVmu secara online. Berikut beberapa situs loker online, seperti Jobstreet, jobsdb, jobs.id, dan lain-lain. Dengan begitu akan lebih efisien dan praktis, kamu bisa menghemat uang, tenaga dan waktu.

4. Kirim CV via e-mail

Tentu sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem rekruitmen via e-mail, kamu bisa mengirim lamaran kamu melalui e-mail ke ratusan alamat email perusahaan. Kamu cukup mencari alamat e-mail perusahaan di Google atau menanyakan langsung alamat e-mail dengan menelfon perusahaan.

5. Kirim surat lamaran lewat pos

Ketika kamu mendapat info loker terbaru dan akurat, kirimlah surat lamaran kerjamu melalui jasa pos dan jangan lupa untuk mengecheck di website pos Indonesia apakah lamaran kerjamu sudah terkirim atau belum.

6. Datang ke perusahaan atau ngebolang

Ya, ini adalah cara mencari pekerjaan dengan datang langsung ke perusahaan-perusahaa­n untuk menanyakan langsung info loker. Tapi ingat, jangan sampai lupa membawa surat lamaran kerja, karena bisa jadi hari itu juga perusahaan membutuhkan karyawan baru, jadi kamu bisa langsung memasukkan lamaran jika sesuai kualifikasi perusahaan.

7. Mengikuti event jobfair

Ikutilah event jobfair, di sana kamu akan temukan ratusan lowongan kerja dari puluhan perusahaan. Event jobfair selalu ada setiap bulan, dan sangat potensial untuk bisa bekerja secepatnya karena kamu bisa menaruh langsung lamaran kerja sesuai kualifikasi dan kebutuhan perusahaan.

8. Mendaftar ke BKK sekolah kejuruan

Banyak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sudah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan dalam memberikan informasi kerja kepada siswa dan alumni. Dengan mendaftar ke BKK kamu bisa mengikuti jadwal seleksi rekruitmen yang sudah ditentukan.

9. Berdoa dan ikhtiar

Setelah berusaha dengan maksimal kamu juga harus berdoa dan ikhtiar. Karena keinginan dan harapan kamu akan terwujud manakala Allah mengabulkan doa dan ikhtiarmu. Demikian beberapa tips cara cepat dan efektif mendapatkan pekerjaan, semoga bisa membantu sahabat sehingga bisa segera mendapat pekerjaan.

Tinggalkan Sebuah Balasan